Bagi seseorang yang belum pernah menjadi pembawa acara pengajian majelis taklim, mungkin hal tersebut tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan, seperti bagaimana menyusun teks yang tepat untuk membawakan acara pengajian. Selain itu, adanya pembawa acara sangatlah penting, tak terkecuali pada acara pengajian. 

Majelis taklim sendiri berasal dari bahasa arab, yaitu majlis dan ta’lim. Majlis dapat diartikan sebagai tempat duduk atau tempat sidang, sedangkan ta’lim dapat diartikan sebagai pengajaran. Jadi, majelis taklim merupakan tempat yang digunakan untuk melaksanakan pengajaran agama islam.

Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Majelis Taklim 

Berikut adalah beberapa contoh teks pembawa acara pengajian majelis taklim yang dapat dijadikan sebagai referensi. 

Contoh 1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Selamat sore para hadirin yang saya cintai, mari bersama-sama kita awali acara ini dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Kita akan bersama-sama merenungkan keindahan ayat-ayat suci Al-Qur’an pada pengajian rutin kita hari ini.

Izinkan saya untuk dua jam ke depan menjadi pembawa acara dalam acara yang penuh keberkahan dan kebahagiaan ini. Mari kita awali dengan pembacaan Surat Al-Fatihah dan surat pendek yang akan dipimpin oleh Ustad (Nama).

Setelah membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, mari kita dengarkan tausiyah singkat yang akan memberikan kita wawasan yang lebih tentang agama. Mari kita sambut Ustad (Nama) yang akan memberikan tausiyah dengan tema (Tema Tausiyah). *Ustad memberikan tausiyah singkat*

Terima kasih Ustad (Nama) atau tausiyah yang sangat menyejukkan hati. Semoga kita semua senantiasa dapat mengambil hikmah dan manfaat darinya. 

Selanjutnya yaitu sesi diskusi, inilah waktu yang tepat bagi kita untuk saling berbagi pemikiran, pengalaman dan topik yang telah kita bahas. *sesi tanya jawab*

Alhamdulillah kita semua telah sampai di penghujung acara, sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada Ustad (Nama) yang telah membimbing kita pada hari ini. Jangan lupa untuk selalu hadir pada pertemuan pengajian selanjutnya. Alhamdulillahhirobbil alamin, akhir kata wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh 2 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil alamin, wa bihinastain wa ala umuuridunya waddin wash solatu was salamu ala asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ala alihi wa ash habihi ajmain, amma badu.

Kepada yang terhormat Ustad (Nama), ketua pimpinan Majlis Taklim, dewan pengurus masjid, serta hadirin yang saya hormati.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt, berkat rahmat dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul dan hadir pada acar pengajian rutin kali ini dalam keadaan sehat.

Tak lupa juga kita panjatkan salawat serta salam pada Nabi besar kita Muhammad saw yang telah memperjuangkan islam dengan penuh pengorbanan. 

Izinkan saya kali ini untuk menjadi pembawa acara dan membacakan susunan acara pada pengajian rutin hari ini yaitu:

Pembukaan

Pembacaan Al-Quran

Sambutan pemimpin jamaah 

Pengajian yang akan dipimpin oleh Ustad (Nama)

Pengumuman

Penutup dan Doa

Demikianlah susunan acara pengajian pada malam hari ini. Sebelum dimulai mari kita buka acara ini dengan basmalah. Bismillahirahmanirrahim.

Pembacaan Al-Quran akan dibawakan oleh Ustad (Nama), kepadanya dipersilahkan.

Selanjutnya sambutan dari pemimpin jamaah, yang akan disampaikan oleh yang terhormat Bapak/Ibu (Nama), kepadanya dipersilahkan.

Selanjutnya yaitu acara inti ceramah dan pengajian yang akan dipimpin oleh Ustad (Nama), kepadanya dipersilahkan.

Kepada Ustad (Nama) kami sampaikan terima kasih atas nasihat yang diberikan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Selanjutnya yaitu pengumuman yang akan disampaikan oleh sekretaris Majelis Talim.

Akhirnya kita telah sampai pada ujung acara, penyampaian doa akan dibawakan langsung oleh Ustad (Nama), sebelum dimulai saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf jika ada salah kata. Kepada ustad dipersilahkan memimpin doa.

Akhirul kalam, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikianlah contoh teks pembawa acara pengajian majelis taklim yang mudah dihafalkan sebagai referensi. Teks tersebut dapat disesuaikan dengan waktu, bentuk kegiatan, dan tema acara masing-masing. 

SOUVIA