Manajemen waktu adalah suatu keahlian dalam melakukan kontrol terhadap waktu pada batas tertentu untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Dengan kata lain, manajemen waktu adalah kemampuan untuk menggunakan waktu seoptimal mungkin. Keahlian untuk mengatur waktu ini dibutuhkan untuk mencapai target dari seluruh tugas yang sedang dikerjakan. 

Pada dasarnya, waktu tidak bisa diatur, yang ada hanyalah manusia yang mengatur dirinya sendiri agar bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya. Mengelola waktu sebenarnya bukan perkara yang mudah, sehingga membutuhkan proses yang lama. Namun, tidak perlu khawatir, sebab ada sejumlah tips yang bisa dilakukan agar dapat mengatur waktu dengan baik.   

Tips Manajemen Waktu yang Efektif

Manajemen waktu dibutuhkan agar manusia bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu. Tanpa adanya kemampuan tersebut, maka seseorang akan kewalahan membagi waktunya untuk mengerjakan hal-hal yang harus diselesaikan tepat waktu. Agar bisa mengatur waktu dengan efisien, ikuti sejumlah tips ini. 

  1. Buat To-Do List

Jika bingung hendak melakukan kegiatan apa, maka ada baiknya membuat to-do list. To-do list adalah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Daftar pekerjaan ini dapat membantu siapa pun yang kurang bisa mengatur waktu. Dengan begitu, maka tidak perlu bingung lagi menentukan prioritas pekerjaan. 

  1. Selesaikan Pekerjaan sesuai Prioritas

Selesaikan pekerjaan sesuai urutan prioritas. Kerjakan terlebih dahulu kegiatan yang lebih penting dan urgen, baru kemudian menyelesaikan pekerjaan yang tidak urgen dan tidak terlalu penting. Menyelesaikan pekerjaan sesuai tingkat kepentingan dapat membantu dalam mengatur waktu. Metode ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah terselesaikan. 

  1. Tentukan Batas Waktu untuk Penyelesaian Tugas

Menentukan batas waktu untuk menyelesaikan setiap tugas dapat membantu pikiran untuk menjadi lebih fokus dan disiplin. Dengan menetapkan batasan waktu, maka setiap tugas dapat terselesaikan dengan cepat dan sesuai tenggat waktu. Hal ini membantu agar tugas selesai tanpa harus mengulur-ulur waktu. 

  1. Tambahkan Waktu Istirahat

Bekerja terlalu lama tanpa istirahat dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah dan kurang fokus. Jika ingin mengatur waktu dengan baik, maka ada baiknya untuk menambahkan waktu istirahat. Tubuh juga perlu mendapatkan waktu istirahat agar bisa kembali segar untuk menyelesaikan setiap tugas yang ada. 

  1. Menghindari Multitasking

Sebagian orang mungkin berpikir jika melakukan multitasking, maka pekerjaan akan mudah terselesaikan. Namun, kenyataannya, multitasking hanya akan menurunkan produktivitas sebanyak 40 persen. Jadi jika ingin dapat mengatur waktu dengan baik, sangat disarankan untuk menyelesaikan pekerjaan satu per satu secara berurutan.  

  1. Pakai Tools Manajemen Waktu

Ada begitu banyak tools dan aplikasi yang bisa dipakai untuk membantu mengatur waktu. Beberapa di antaranya adalah: Trello and Notion, Time Planner, Any Do and Todoist, serta Google Calendar. Seluruh alat dan aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat rencana dan sebagai pengingat untuk melakukannya. 

Jadi, itulah informasi mengenai tips melakukan manajemen waktu secara efisien. Manajemen waktu adalah keahlian yang harus dimiliki oleh setiap orang. Tanpa bisa mengatur waktu dengan baik, maka seseorang akan kewalahan dalam menjalan aktivitas sehari-harinya. 

SOUVIA