Webinar adalah aktivitas pertemuan secara online yang dilakukan untuk bertukar informasi dan ilmu, baik di bidang akademis maupun bisnis. Kegiatan webinar bisa diikuti oleh siapa saja dan dari berbagai lokasi baik nasional maupun internasional, asalkan memiliki jaringan internet.

Maka dari itu, sejak awal pandemi, banyak lembaga pendidikan (formal maupun nonformal) dan bahkan berbagai perusahaan yang mengadakan webinar. Tujuannya pun bervariasi, mulai dari menyebarkan informasi penting, hingga mengadakan berbagai jenis pelatihan.  

Webinar adalah Bentuk Seminar 

Webinar adalah singkatan dari kata web dan seminar. Mengutip Buku Ajar Dasar-Dasar MICE, Zaitun, M.Mpar, Muhammad Ramli, M.Pd., webinar merupakan salah satu jenis virtual event yang tepat untuk memberikan informasi dan edukasi terkait bisnis maupun industri yang dijalankan.  

Menurut Mansyur dan Purnamasari dalam Harmoni Lintas Mazhab, webinar ialah suatu seminar, atau workshop yang dilakukan secara online melalui media internet dan dapat dihadiri banyak orang yang berada di lokasi yang berbeda-beda. 

Sedangkan menurut, Syarifatul Izza (2019), teknologi webinar memiliki banyak manfaat di bidang pembelajaran online, yakni memungkinkan untuk komunikasi secara real time dan mencakup jarak jauh untuk menjangkau audiens potensial, dan memungkinkan untuk mengarsipkan informasi berbasis web untuk digunakan. 

Umumnya, dalam acara webinar, ada satu moderator yang bertugas untuk memandu jalannya webinar, pembicara, dan peserta yang telah mendaftar. Pembicara akan mempresentasikan materi yang sudah disiapkan, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. 

Fungsi Webinar

Dikutip buku Teknis Seminar Online Pada Masa Pandemik Evidance Base yang diterbitkan oleh Arjasa Pratama, fungsi webinar adalah sebagai berikut:

1. Wadah untuk Mengumpulkan Leads

Fungsi pertama adalah mendapatkan leads, yakni orang-orang yang tertarik dengan webinar tersebut dan ke depannya memiliki potensi untuk melakukan pembelian suatu produk atau jasa dari penyelenggara webinar atau salah satu sponsor.  

2. Media Promosi Barang atau Jasa yang Efektif

Fungsi selanjutnya adalah menampilkan informasi kampanye produk maupun jasa. Namun, moderator dan pembicara harus tetap memastikan untuk memberikan materi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan penonton. 

3. Memperkenalkan Keunggulan Bisnis

Fungsi yang ketiga adalah untuk menonjolkan kelebihan dari suatu produk dan/atau jasa. Dengan begitu, para peserta akan lebih memahami setiap informasi dan kegunaan dari produk dan jasa yang dipresentasikan.   

4. Wadah Penampung Feedback atau Umpan Balik

Fungsi terakhir, webinar dapat menjadi wadah untuk menampung berbagai feedback alias umpan balik dari para peserta. Untuk mendapatkan umpan balik, penyelenggara webinar harus menyediakan online form agar para peserta bisa menyampaikan testimoni secara langsung demi kemajuan dari webinar yang berikutnya.   

Kesimpulannya, webinar adalah seminar yang diadakan secara online. Hal ini sangat membantu para peserta yang ingin mengikuti suatu seminar, tetapi terkendala dari segi jarak. 

SOUVIA