Manajemen waktu adalah cara terbaik dalam mengelola waktu agar aktivitas yang dilakukan dapat terlaksana dan terselesaikan dengan efisien. Orang yang dapat memanfaatkan dan mengelola waktu dengan baik akan tumbuh menjadi seseorang yang sukses dalam menyeimbangkan kehidupannya.  

Manajemen waktu yang baik dapat menghindarkan seseorang dari tingkat stress yang tinggi. Selain itu dapat membuat individu lebih produktif, mencapai tujuannya lebih cepat, dan dapat menentukan skala prioritas dari aktivitas-aktivitas yang dimilikinya.

Manajemen Waktu Adalah Kemampuan Penting 

Manajemen waktu adalah soft skill penting yang harus dimiliki oleh setiap individu dan perlu dikembangkan terus-menerus. Dengan manajemen waktu yang terarah, seseorang dapat bekerja lebih cerdas, menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, dan mencapai tujuan sesuai dengan waktu yang diharapkan.

Waktu atau yang disebut juga masa merupakan bagian dasar dari alam semesta yang meliputi rangkaian proses, perbuatan atau keadaan. Waktu yang sudah terlewat tidak dapat terulang kembali, sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin.  

Definisi Manajemen Waktu

Manajemen memiliki arti sendiri yang berasal dari kata to manage yang artinya adalah untuk mengatur atau mengelola. Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh hasil dalam mencapai tujuan tertentu dengan menggerakkan orang lain. 

Sementara waktu memiliki definisi sebagai sebuah rangkaian proses yang berlangsung atau keadaaan tertentu dalam hitungan detik, menit dan jam.

Beberapa ahli seperti Atkison dikutip dari artikel ilmiah “Hubungan Manajemen Waktu Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Satu Tap Desa Rantau Panjang Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir”, Nahrawi, (2018:19) menyatakan definisi dari manajemen waktu adalah keterampilan yang erat kaitannya dengan segala bentuk upaya dan tindakan seseorang yang dilakukan terencana agar orang tersebut dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam melakukan kegiatan apa pun.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa manajemen waktu merupakan kemampuan seseorang dalam mengatur strategi dan menentukan skala prioritas waktu seefisien mungkin dalam melakukan aktivitas hariannya.

Cara Menerapkan Manajemen Waktu dengan Baik

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menerapkan manajemen waktu dengan baik. 

  1. Golongkan Kegiatan sesuai Skala Prioritas

Buatlah skala prioritas mulai dari kegiatan yang paling mendesak, penting, atau tenggat waktu yang paling dekat hingga yang paling tidak mendesak. Membuat daftar skala prioritas memudahkan seseorang dalam menyelesaikan tugasnya secara efisien.

  1. Buat Batasan Waktu

Buatlah batasan waktu dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan. Dengan menetapkan durasi tersebut, maka tidak akan ada kegiatan yang terganggu. Jadi, buatlah batasan yang sesuai dengan kemampuan diri. 

  1. Fokus

Fokus menjadi hal yang penting ketika ingin menerapkan manajemen waktu dengan baik. Jangan sampai terganggu atau terdistraksi oleh hal lain yang mengganggu kegiatan yang telah disusun, seperti: bermain game atau bermalas-malasan.  

  1. Disiplin

Manajemen waktu harus diterapkan dengan disiplin. Awalnya mungkin memang tidak mudah, tetapi jika sudah terbiasa, maka akan menampilkan hasil yang memuaskan. Niatkan dalam hati untuk menjadi lebih baik.

  1. Berani Mengambil Risiko dan Bertanggung jawab

Dalam mengembangkan kemampuan manajemen waktu pasti ada beberapa hal yang harus dikorbankan, seperti mengurangi waktu bermain game favorit atau kumpul bersama teman. Dengan berani mengambil risiko dan bertanggung jawab, maka orang tersebut akan terlatih dalam mengambil keputusan dan menerima konsekuensinya.Kesimpulannya, manajemen waktu adalah soft skill yang wajib dimiliki agar dapat menjadi pribadi yang lebih bijak dan tidak menyia-nyiakan waktu. Teruslah belajar untuk dapat mengembangkan kemampuan tersebut.

SOUVIA