Dunia pendidikan berkaitan erat dengan forum-forum ilmiah. Salah satu forum ilmiah yang kerap diadakan adalah seminar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian seminar adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas dan membicarakan sebuah masalah di bawah bimbingan seseorang yang ahli. 

Para ahli yang memiliki kemampuan untuk menjelaskan dan memandu arah pembahasan mengenai topik masalah ini adalah dosen, guru besar, pakar, peneliti, dan tokoh publik. Dalam suatu penyelenggaraan seminar, dibutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang permasalahan yang akan dibahas untuk memandu dan menjelaskan topik terkait. 

Seminar Adalah Acara Penting 

Seminar adalah sebuah acara presentasi yang mengundang seorang ahli untuk menjelaskan topik pembicaraan sesuai tema yang dibahas. Dalam seminar, akan ada begitu banyak orang yang hadir, mulai dari peserta, moderator, hingga pembawa acara. Tujuan diselenggarakannya seminar adalah sebagai berikut. 

1. Memberikan Kesimpulan dan Solusi

Dalam seminar pasti akan dibahas sebuah topik mengenai suatu permasalahan. Nantinya permasalahan ini akan dibahas dan dijelaskan oleh seseorang yang ahli dan mahir di dalam bidang tersebut. Di dalam pembahasan ini pasti akan ada kesimpulan atau solusi yang bisa diperoleh peserta yang mengikuti seminar. 

2. Memberikan Pengetahuan dan Pemahaman

Tujuan pengadaan seminar adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta yang hadir. Pada umumnya, kebanyakan peserta yang mengikuti seminar merupakan orang-orang yang memiliki ketertarikan pada suatu permasalahan yang sesuai dengan tema yang akan dibahas dalam seminar. 

Oleh sebab itu, mereka hadir di dalam seminar untuk mencari ilmu dan pengetahuan yang lebih dalam mengenai topik yang akan dibahas. Di sinilah seminar memegang peran untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta melalui penjelasan yang diberikan oleh ahlinya. 

3. Menyampaikan Keinginan dan Gagasan

Seminar adalah salah satu cara untuk menyampaikan keinginan dan gagasan kepada para peserta untuk mendapatkan informasi lebih mengenai suatu topik tertentu. Informasi ini nantinya dapat disebarluaskan kepada khalayak umum yang lebih luas. Melalui seminar, ahli dapat menyampaikan keinginan dan gagasannya kepada para seminaris. 

4. Memperkenalkan Pengetahuan Baru

Selain memberikan pengetahuan, diadakannya seminar juga memiliki tujuan untuk memperkenalkan pengetahuan yang baru. Umumnya, seminar diadakan untuk memperkenalkan suatu temuan atau pengetahuan yang belum ada sebelumnya. 

Penyelenggaraan seminar menjadi sebuah cara untuk mengenalkan temuan atau pengetahuan tersebut kepada khalayak umum. Hingga saat ini, seminar masih menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan suatu temuan atau pengetahuan baru kepada para seminaris.

5. Cara Bersosialisasi di Forum Resmi

Diadakannya seminar bisa menjadi salah satu cara untuk bersosialisasi di forum resmi. Seminar diadakan dengan melibatkan banyak orang di dalamnya, sehingga dalam suatu forum resmi ini akan terjalin komunikasi. Komunikasi yang baik akan menjadi jalan baru untuk memperluas dan bersosialisasi dengan para anggota seminar yang lain.

Itulah berbagai tujuan dari diadakannya seminar. Seminar sendiri dapat diartikan sebagai suatu ajang untuk bertemu dan menambah wawasan mengenai suatu topik permasalahan. Fungsi seminar adalah sebagai tempat atau cara untuk mencari informasi mengenai suatu masalah tertentu.  

SOUVIA