Pada zaman sekarang souvenir pernikahan merupakan hal yang tak terpisahkan dari sebuah acara resepsi pernikahan. Keberadaannya menjadi bukti nyata kebahagiaan abadi dalam pernikahan. Agar lebih berkesan, terapkan cara membuat souvenir pernikahan yang unik. 

Dikutip dari Jurnal Paradigma, Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Saran Informatika Vol. XX No. 2, Aplikasi Sistem Penjualan Souvenir Pernikahan Berbasis Online, Adika May Sari, (2018, 71), souvenir menjadi kebutuhan utama bagi pasangan yang akan menikah pada zaman sekarang. 

Souvenir pernikahan pun beragam, bisa berbentuk gelas, piring, atau tempat lilin cantik serta dapat dikustomisasi sesuai keinginan calon pengantin.

Cara Membuat Souvenir Pernikahan yang Unik

Untuk mewujudkan souvenir pernikahan impian, ada beberapa cara membuat souvenir pernikahan yang unik. Hal ini bisa menjadi inspirasi untuk melengkapi persiapan momentum acara pernikahan.

Souvenir yang unik akan menciptakan kesan istimewa bagi semua tamu yang hadir di acara pernikahan. Berikut adalah beberapa ide kreatif tersebut:

1. Menggunakan Perangkat Do it Yourself (D.I.Y)

Cara ini sangat menarik bagi pasangan yang memiliki kreativitas untuk berkarya dan membuat souvenir pernikahan sendiri dengan cara handmade

Membuat souvenir pernikahan secara mandiri bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Contohnya: kreasi dari kain perca, kain flanel, manik-manik, benang wol, pita, dan lain-lain.

2. Menggunakan Bahan Alami 

Berbagai daerah di Indonesia memiliki suvenir khas yang beragam. Suvenir lokal dapat terbuat dari bahan-bahan yang tersedia dari alam atau bahan hasil daur ulang. Contohnya: kayu, anyaman bambu, rotan, hasil tenun, kain songket, kain etnik, dan lain-lain.

3. Memanfaatkan Bahan Hasil Daur Ulang

Cara kreatif selanjutnya untuk membuat souvenir pernikahan menjadi unik adalah memanfaatkan bahan-bahan hasil daur ulang. Bahan tersebut bisa dikumpulkan dari plastik bekas, botol minuman, karton hampers, kardus, dan lain-lain.

4. Menggunakan Peti Hantaran Makanan Mini

Souvenir pernikahan selanjutnya yang tak kalah unik adalah peti hantaran mini yang memuat mini snack favorit pasangan pengantin. Ingatlah untuk membubuhkan pita dan ucapan terimakasih untuk melengkapi peti mini ini agar semakin berkesan dan menarik. 

5. Peralatan Perawatan Pribadi

Ide selanjutnya adalah seperangkat peralatan perawatan pribadi yang di dalamnya berisi alat perawatan tubuh. Contohnya alat perawatan ini di antaranya: pemotong kuku, gunting kecil, pembersih telinga, pencabut bulu, dan lain-lain. Selain unik, souvenir ini juga kaya manfaat. 

6. Miniatur 

Miniatur juga bisa dijadikan souvenir pernikahan. Contohnya ukiran nama dari kayu yang dibentuk menjadi gantungan kunci, kapstok, dan lain-lain. 

7. Notebook

Notebook alias buku catatan kecil juga menarik untuk dijadikan souvenir pernikahan. Buku ini sangat bermanfaat untuk para tamu yang suka mencatat berbagai hal.  

8. Tanaman Mini 

Ide kreatif selanjutnya adalah tanaman mini. Biasanya tanaman yang dapat dikreasikan adalah jenis kaktus dan sukulen yang mini. Akan lebih cantik, letakkan di dalam pot dan hiasi dengan nama pasangan pengantin serta tanggal pernikahan. 

9. Snack Unik

Cara membuat souvenir pernikahan yang unik selanjutnya adalah mengumpulkan snack unik. Buat buket mini yang berisi snack dan permen yang jarang dijumpai. Kemudian tambahkan label yang menggambarkan pasangan pengantin.

10. Kustomisasi Barang-Barang Keseharian

Cara selanjutnya adalah membuat barang-barang yang biasa digunakan sehari-hari dengan kustomisasi yang menarik. Contohnya pouch, lanyard, dan card holder. Tambahkan unsur yang memuat tema pernikahan pasangan pengantin.

Berbagai ide kreatif di atas merupakan cara membuat souvenir pernikahan yang unik agar bisa melengkapi kebahagiaan pasangan pengantin. Selain itu, souvenir yang unik juga membantu para tamu untuk selalu mengenang momen kebahagiaan pernikahan tersebut.  

SOUVIA