Menyelenggarakan pernikahan merupakan momen spesial yang penuh dengan persiapan. Salah satu detail yang tak boleh terlewatkan adalah memilih souvenir pernikahan yang murah dan bermanfaat bagi para tamu. Souvenir tak hanya sebagai tanda terima kasih atas kehadiran tamu, tetapi juga menjadi pengingat momen bahagia pernikahan.  

Namun, memilih souvenir yang tepat bisa menjadi sebuah tantangan. Di tengah banyaknya pilihan, tak jarang souvenir pernikahan hanya berakhir sebagai pajangan yang terlupakan. Ditambah lagi, budget pernikahan yang terbatas menjadi pertimbangan penting. 

10 Ide Souvenir Pernikahan yang Murah dan Bermanfaat

Berikut adalah ide souvenir pernikahan murah dan bermanfaat untuk meninggalkan kenangan manis dan tak terlupakan bagi para tamu undangan. 

1. Perlengkapan Dapur

Perlengkapan dapur seperti sendok garpu, botol minum, set pisau, atau tatakan gelas merupakan souvenir yang bermanfaat dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pilihlah desain yang menarik dan sesuai dengan tema pernikahan. 

2. Perlengkapan Rumah Tangga

Diffuser, atau tempat lilin dapat menjadi souvenir yang praktis dan bermanfaat. Para tamu akan selalu teringat momen pernikahan Anda saat menggunakan souvenir ini. 

3. Aksesoris

Aksesoris seperti dompet kartu, scarf, atau bandana merupakan souvenir yang stylish dan dapat digunakan dalam berbagai aktivitas. Pilihlah bahan yang berkualitas dan desain yang unik dapat memberikan kesan yang berkesan.  

4. Makanan dan Minuman

Madu, selai, biji kopi, satu set kantong teh, atau kue kering dapat menjadi pilihan souvenir yang lezat dan disukai banyak orang. Kemaslah dengan cantik dan tambahkan label personal untuk mempercantik souvenir.  

5. Tanaman

Sukulen, kaktus, bibit tanaman, atau terrarium merupakan souvenir yang unik dan ramah lingkungan. Souvenir ini akan mengingatkan para tamu untuk selalu menjaga kelestarian alam. 

6. Alat Tulis 

Pulpen, mini notebook, atau sticky notes dengan desain unik dan personal dapat menjadi souvenir yang bermanfaat bagi para tamu.  

7. Stoples 

Stoples tentu bermanfaat untuk menyimpan berbagai hal, seperti cookies, permen, dan lain sebagainya. Saat memberikan souvenir berupa stoples, isi dengan sejumlah permen agar tidak kosong. Setelah menghabiskan permen-permen itu di rumah, maka tamu bisa mengganti isinya dengan yang lain.  

8. Mini Tripod

Mini tripod merupakan souvenir yang sangat berguna bagi tamu undangan yang suka berwisata sendirian, karena bisa dipakai untuk mengambil foto atau video dirinya sendiri. Selain itu, souvenir ini juga berguna untuk para content creator.   

9. Tote Bag Kain 

Souvenir tote bag kain dengan desain menarik dan ramah lingkungan dapat digunakan berulang kali oleh para tamu saat berbelanja.   

10. Kipas Angin Kecil  

Kipas angin kecil atau biasa dikenal dengan nama mini fan sangat bermanfaat bagi tamu undangan yang sering bepergian dan berada di luar ruangan. Pembelian kipas angin kecil umumnya disertai kabel USB untuk melakukan pengisian daya.  

Itulah 10 ide souvenir pernikahan murah dan bermanfaat. Souvenir yang murah ini bukan berarti murahan, melainkan terjangkau dan tetap berkualitas. Ide-ide kreatif di atas dapat dijadikan pertimbangan untuk inspirasi souvenir yang berkesan dan bermanfaat dengan anggaran yang terbatas.   

SOUVIA