Salah satu hal yang paling berkesan dalam perjalanan akademik adalah interaksi dengan dosen. Dosen tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga bimbingan, motivasi, dan dukungan bagi mahasiswa. Oleh karena itu, memberikan souvenir yang bagus bagi dosen sebagai tanda terima kasih dan penghargaan adalah hal yang sangat bermakna.

Souvenir yang bagus bagi dosen tidak harus mahal atau mewah. Namun, yang terpenting adalah sesuai dengan selera, kebutuhan, dan minat dosen tersebut. Selain itu, souvenir ini juga harus memiliki nilai guna, estetika, dan kualitas yang baik. 

Untuk membantu mahasiswa dalam menentukan souvenir yang bagus bagi dosen, artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi souvenir yang bisa dipilih. Souvenir-souvenir ini memiliki kualitas yang baik, harga yang terjangkau, dan desain yang menarik. Souvenir-souvenir ini juga bisa menjadi kenang-kenangan yang berharga bagi dosen tersebut. 

Souvenir yang Bagus untuk Dosen  

Berikut adalah 10 souvenir yang bagus untuk dosen sebagai kenang-kenangan yang dapat diberikan kepada dosen pembimbing, dosen wali, ataupun dosen favorit saat baru lulus:  

  1. Buku agenda dengan sampul yang dikustomisasi dengan nama dosen itu, pesan, atau kata-kata bijak yang ingin disampaikan kepada dosen tersebut.
  2. Buket bunga yang cantik ditambah kertas yang bertuliskan pesan dan kesan selama masih berada di bawah bimbingan dosen tersebut disertai ucapan terima kasih.
  3. Presentation remote yang dapat membantu dosen tersebut selama melakukan presentasi saat mengajar. 
  4. Sepaket makanan dengan kotak yang unik beserta ucapan, kata-kata terima kasih, atau kesan dan pesan yang bermakna.  
  5. Jam tangan yang dibungkus seperti kado disertai kertas yang berisikan pesan dan kata-kata penyemangat untuk dosen tersebut. 
  6. Pulpen yang berkualitas dengan ukiran nama atau ucapan terima kasih untuk dosen tersebut. Pulpen ini dapat digunakan untuk menulis atau menandatangani dokumen penting.   
  7. Tumbler atau mug yang dicetak dengan foto atau logo universitas, jurusan, atau fakultas tempat dosen tersebut mengajar. Souvenir ini dapat berguna untuk menyimpan minuman hangat maupun dingin saat dosen sedang bekerja atau bersantai.
  8. Karya seni personal, seperti lukisan atau ilustrasi yang berkaitan dengan bidang studi atau minat dosen tersebut. Karya seni ini dapat menunjukkan bakat dan kreativitas sekaligus menghargai minat dari dosen tersebut.  
  9. Pohon bonsai atau tanaman kecil yang dapat diletakkan di meja kerja atau ruang tamu dosen tersebut. Souvenir yang satu ini dapat memberikan kesan alami dan segar serta melambangkan pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan.    
  10. Kain batik atau pakaian batik yang cocok dengan gaya dosen tersebut. Bungkus menggunakan kotak spesial dan lengkapi dengan kertas yang berisikan kesan dan pesan mendalam.  

Itulah deretan souvenir yang bagus untuk dosen yang telah berjasa dalam mengajar dan membimbing mahasiswa/i. Souvenir di atas bisa diberikan ketika lulus sidang, saat selesai merevisi tugas akhir, atau saat wisuda. Dengan begitu, mahasiswa/i dapat menjalin hubungan yang baik dengan sang dosen.   

SOUVIA