Cendera mata untuk perpisahan sekolah yang diberikan kepada guru maupun teman sekelas bisa menjadi kenangan-kenangan bahagia sekaligus mengharukan. Cendera mata diberikan oleh siswa/i yang telah lulus dari kelas 6, 9, dan 12. 

Mengutip buku Cerita Guru di Atas Garis, Agam Situmorang, dkk. (2020), momen perpisahan sekolah biasanya diisi dengan saling bersalaman antara guru dan murid pada akhir acara. Selain itu, para orang tua atau murid kerap kali memberikan cendera mata kepada guru sebagai kenang-kenangan.  

12 Cendera Mata untuk Perpisahan Sekolah yang Berkesan dan Bermanfaat 

Berikut adalah deretan cendera mata untuk perpisahan sekolah yang dapat diberikan kepada guru atau teman sekelas:  

1. Kerajinan Mosaik

Ide pertama adalah kerajinan mosaik, yang cukup umum diajarkan di sekolah. Buatlah karya seni mosaik dengan foto guru dan siswa untuk menghasilkan cendera mata yang unik dan estetik. 

2. Bantal dengan Ilustrasi Bersama

Ide cendera mata untuk perpisahan kedua adalah bantal dengan ilustrasi para murid dan guru. Souvenir ini dapat memberikan kesan dan tentunya membantu guru yang menerimanya untuk tidur dengan nyenyak usai lelah mengajar dan memeriksa tugas para muridnya. 

3. Kotak Alat Tulis 

Ide selanjutnya adalah kotak alat tulis yang dikustomisasi, seperti kotak alat tulis berbahan kayu berukuran sedang yang dapat diletakkan di meja guru. Kemudian, bagian luarnya bisa diukir dengan nama guru serta tahun ajaran dan tutup kotak bagian dalam, bisa ditambahkan ucapan terima kasih.  

4. Lampion Unik

Lampion yang terbuat dari keramik atau serat yang didesain secara unik untuk guru dapat menciptakan suasana hangat dan indah di ruangan ketika menikmati waktu santai.  

5. Seperangkat Alat Tulis dengan Inisial Guru

Seperangkat alat tulis yang dipersonalisasi dengan inisial guru dapat memberikan sentuhan eksklusif. Selain itu, ide cendera mata untuk perpisahan sekolah ini memiliki manfaat dan berkesan, karena pastinya akan digunakan sang guru saat mengajar.  

6. Bingkai Kolase Kreatif

Bingkai kolase dengan gabungan foto, catatan, dan karya seni siswa merupakan ungkapan terima kasih. Cendera mata ini bukan hanya kreatif, tetapi juga penuh dengan kenangan yang berharga.  

7. Liontin 

Ide selanjutnya adalah liontin yang dikustomisasi. Souvenir ini dapat ditemukan di berbagai e-commerce dan didesain dengan nama sang guru. 

8. Jaket Varsity dengan Logo Sekolah

Jaket varsity dengan logo sekolah yang elegan sebagai simbol kebanggaan alumni. Jaket varsity ini bisa dibuat untuk satu kelas, agar lebih unik dengan mencantumkan identitas kelas juga. 

9. Kotak Musik   

Kotak musik bisa dikustomisasi dengan lagu kenangan siswa yang bisa dimainkan secara manual. Ide cendera mata ini juga bisa ditemukan di berbagai e-commerce.   

10. Gantungan Kunci 3D

Gantungan kunci bisa dicetak 3D dengan ilustrasi guru dan ucapan terima kasih untuk guru tersebut.   

11. Tote Bag Kanvas  

Tote bag berbahan kanvas bisa didesain dengan unik agar mencerminkan keberagaman para murid. Singkatnya, tote bag tersebut juga bisa dihiasi dengan hasil sablon foto guru dan para murid. 

12. Hadiah Simpel Lainnya

Selain hadiah kustomisasi seperti di atas, ada beberapa hadiah simpel untuk guru, tetapi tetap bermanfaat, di antaranya botol tumbler, satu set kotak bekal, sepatu, dompet, dan tas kantor. 

Itulah 12 ide cendera mata untuk perpisahan sekolah yang berkesan dan bermanfaat. Pilihlah salah satu cendera mata di atas untuk diberikan kepada guru terkasih. 

SOUVIA