Bagi anak-anak, merayakan ulang tahun menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Selain kue dan dekorasi yang menarik, souvenir ulang tahun anak yang bermanfaat perlu disiapkan orang tua secara matang agar acara jadi lebih berkesan. 

Jika salah dalam memilih souvenir, maka risikonya barang akan menjadi mubazir dan pesta itu tidak akan menarik untuk dikenang. Souvenir merupakan tanda terima kasih anak kepada teman-teman anak, karena telah datang dan turut berbahagia merayakan pesta ulang tahunnya.  

Souvenir Ulang Tahun Anak yang Bermanfaat dan Lucu 

Ketika memilih souvenir ulang tahun anak yang bermanfaat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti: motif yang menarik, tidak berbahaya untuk anak-anak, berkualitas, dan daya tahan. Berikut adalah rekomendasi souvenir yang bisa dipilih selain makanan ringan.   

  1. Tas Kecil 

Tas kecil dapat menjadi souvenir ulang tahun yang sangat bermanfaat. Tas kecil ini dapat digunakan untuk menyimpan snack, kotak bekal, hingga digunakan untuk pergi les.  

  1. Buku Gambar dan Alat Mewarnai

Anak-anak cenderung suka menggambar dan mewarnai. Pilihlah buku gambar yang sudah menyediakan layout gambar, sehingga anak-anak hanya perlu menyesuaikan gambar dan mewarnainya. Anak-anak pastinya akan menyukai souvenir tersebut. 

  1. Celengan

Mengajarkan anak untuk menabung sejak dini adalah cara terbaik untuk mengenalkan literasi keuangan kepada anak. Dengan menabung, anak akan mengerti bahwa tidak mudah untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Maka dari itu, celengan merupakan ide souvenir ulang tahun yang menarik.  

  1. Puzzle

Bermain puzzle dapat melatih daya motorik halus, problem solving, ketekunan, kesabaran dan masih banyak lagi hal lainnya. Untuk itu, puzzle dapat menjadi ide souvenir selanjutnya yang bermanfaat untuk anak-anak.   

  1. Tas Berisi Alat Tulis

Tas berisi alat tulis seperti buku dan pensil menjadi souvenir unik yang akan terkenang oleh anak. Pilihlah tas lucu dengan berbagai karakter dan warna yang menggemaskan.

  1. Kotak Bekal

Kotak bekal akan menjadi souvenir ulang tahun anak yang sangat bermanfaat dan pastinya terpakai. Variasi kotak bekal yang banyak akan membuat anak semakin senang menghabiskan bekal makanannya di sekolah.   

  1. Tumbler  

Selain kotak bekal, tumbler juga menjadi pilihan yang tepat sebagai souvenir ulang tahun anak. Membawa minum ke sekolah akan membiasakan anak untuk minum air putih lebih banyak. Pilihlah tumbler yang dapat menahan panas atau dingin dengan gambar kartun.  

  1. Lego

Souvenir ulang tahun anak yang bermanfaat selanjutnya adalah lego. Lego dikenal dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. Jadi, anak-anak tentu akan senang jika mendapatkan souvenir berupa permainan lego. 

  1. Selimut

Selimut yang lucu dapat menjadi alternatif souvenir yang bermanfaat bagi anak. Barang ini akan digunakan setiap malam dan menjadi kenang-kenangan yang berkesan.

  1.  Tempat Pensil

Tempat pensil merupakan pilihan yang tepat sebagai souvenir ulang tahun anak. Pilihlah model yang netral dan tak lekang waktu, seperti tempat pensil bergambar kartun buah-buahan. 

  1.  Handuk Mini Berkarakter

Handuk mini dengan berbagai karakter kartun yang lucu dapat menyenangkan teman-teman si anak. Orang tua dapat menambahkan bordir nama di handuk itu sebagai pengingat akan momen ulang tahun anaknya.  

  1.  Ember Berisi Set Play Dough

Play dough merupakan mainan yang digemari banyak anak. Dengan mainan ini, anak dapat berimajinasi dan menciptakan sesuatu. Tak perlu dibungkus cantik, souvenir ini dapat dimasukkan ke dalam wadah kecil seperti kaleng, yang menjadikannya unik. 

  1.  Buku Dongeng Anak

Buku dongeng anak yang mengisahkan binatang, cerita rakyat, dan sebagainya dapat menyemangati anak-anak untuk membaca. Membaca buku dongeng akan melatih kepekaan anak akan indra penglihatan dan pendengaran. Dengan demikian, anak-anak bisa memahami berbagai nilai moral dari dongeng tersebut.

  1.  Gelas Bergambar Kartun

Gelas dengan gambar kartun sangat bermanfaat dan dapat dipakai dalam keseharian. Untuk menjadi kenangan yang menarik, gelas ini bisa juga ditambahkan nama dan tanggal lahir anak yang berulang tahun. 

  1.  DIY Kit

Terakhir, yang dapat dijadikan sebagai souvenir ulang tahun anak adalah DIY kit (Do It by Yourself kit). Souvenir ini dapat merangsang kreativitas dan menumbuhkan ketekunan anak. DIY kit dapat berbentuk seperangkat prakarya yang bisa menjadi peralatan masak, makan, vas, dan lain sebagainya. Orang tua dapat menyesuaikan dengan konsep ulang tahun si anak.Itulah beberapa souvenir ulang tahun anak yang bermanfaat dan dapat dijadikan inspirasi agar ulang tahun anak berkesan dan terkenang dengan baik oleh teman-temannya.    

SOUVIA