Teks MC pembukaan acara merupakan contoh tulisan yang berisikan kata-kata untuk membuka suatu acara yang bisa dibaca oleh seorang MC (master of ceremony). Dalam sebuah acara, seorang MC bertugas untuk memberikan sapaan dan kalimat pembuka untuk mengawali suatu acara. Tanpa adanya teks pembukaan acara, maka suatu acara tidak akan bisa dimulai. 

Jenis teks untuk pembukaan acara tidak sama satu dengan yang lainnya. Teks pembukaan acara bisa bervariasi tergantung pada jenis acara yang diselenggarakan. Teks pembukaan acara sendiri ada yang bersifat formal dan nonformal. Teks pembukaan dalam acara formal tentu berbeda dengan acara nonformal. 

Contoh Teks MC Pembukaan Acara

Ketika memandu suatu acara, seorang MC pasti membutuhkan teks pembukaan. Teks MC pembukaan acara ini perlu diucapkan untuk membuka dan mengawali suatu acara. Sebelum acara memasuki bagian inti, seorang MC perlu mengucapkan kalimat pembuka dan sapaan untuk memandu dan menambah semangat para hadirin. Berikut adalah contoh teks untuk pembukaan acara. 

  1. Mengawalinya dengan Doa Bersama

Suatu teks pembukaan acara bisa diawali dengan membaca doa bersama. Setelah mengucapkan salam dan sapaan, seorang MC bisa memandu para hadirin untuk mengucapkan doa bersama. 

Berikut adalah contoh dari teksnya: “Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua. Selamat datang di Seminar Peluang Bisnis Digital kali ini. Mari kita mulai acara hari ini dengan membaca doa bersama. Kami memohon restu dan kehadiran dari Allah Swt. pada setiap langkah kami.”  

  1. Mengungkapkan Maksud Acara

Teks pembukaan acara bisa disertai dengan ungkapan langsung mengenai maksud acara. Setelah seorang MC mengucapkan salam dan sapaan kepada hadirin, kalimat selanjutnya bisa diikuti dengan menyatakan maksud dari penyelenggaraan acara.

Teksnya adalah sebagai berikut: “Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh. Selamat pagi untuk semuanya. Saya ucapkan terima kasih untuk kehadirannya karena kita dapat berkumpul di sini untuk merayakan keberhasilan dan perjalanan yang sudah dilalui oleh para siswa. Ini adalah momen penuh haru karena kita harus mengucapkan selamat tinggal kepada mereka.”  

  1. Menanyakan Kabar 

Selain mengawali acara dengan salam, seorang MC bisa membuka suatu acara dengan menggunakan sapaan. Setelah mengucapkan sapaan kepada para hadirin, seorang MC bisa menanyakan bagaimana kabar mereka. Tentunya teks pembukaan acara ini dilakukan untuk acara semiformal.  

Berikut adalah contoh teksnya: “Halo, selamat siang semuanya. Terima kasih untuk kedatangannya di acara kali ini. Apa kabar? Hari ini, kita berkumpul untuk memulai acara halal bi halal dan reuni SMAN 40 Banyuwangi.” 

  1. Menyatakan Perasaan Bangga

Seorang MC bisa menyatakan perasaan bangga dan rasa terhormatnya karena telah diundang ke suatu acara. Setelah mengucapkan sapaan kepada hadirin, seorang MC bisa mengawali kalimat pembuka dengan mengungkapkan perasaan dirinya. 

Berikut adalah contoh teksnya: “Para tamu undangan yang terhormat, sahabat, dan pendukung acara, selamat datang di acara perpisahan sekolah kali ini. Hari ini menandai momen penting mengenai kelulusan siswa di sekolah kami tercinta. Saya sangat bangga bisa berdiri di depan Anda sebagai MC untuk membimbing Anda melalui acara yang berkesan ini.”   

Empat contoh teks MC pembukaan acara di atas bisa digunakan oleh seorang MC sebagai referensi untuk membuka suatu acara. Namun, ingatlah unutk menyesuaikan tes tersebut dengan bentuk acara (formal, semiformal, atau nonformal).  

SOUVIA