Kata penutup dalam sebuah acara merupakan bagian penting untuk menyimpulkan kegiatan atau pembahasan dalam acara tersebut. Seorang MC (Master of Ceremony) harus mempunyai kemampuan untuk membuat penutupan MC yang baik agar acara ditutup dengan kesan yang menyenangkan.

Dikutip dari fkip.um-surabaya.ac.id, MC adalah pembawa acara yang tugasnya memandu acara atau kegiatan dengan profesional sekaligus menghibur. Seorang MC harus mampu menarik perhatian audiens dan terhubung dengan acara yang berlangsung.  

Contoh Teks Penutupan MC

Penyusunan kata yang sempurna dan menarik akan memberikan kesan yang mendalam bagi audiens. Berikut adalah beberapa referensi teks penutupan MC berbagai acara yang dapat menjadi pilihan.

  1. Penutup MC Pesantren Kilat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Hadirin yang berbahagia, alhamdulillah wa syukurillah…

Kita telah menyelesaikan Pesantren Kilat di Ramadan tahun ini secara bersama dengan penuh keberkahan. Saya selaku MC pada acara ini, mewakili panitia menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat, sehingga acara berjalan dengan lancar. 

Semoga apa yang kita dapatkan pada acara Pesantren Kilat ini akan membawa kebaikan dan balasan dari Allah Swt. Sebelum ditutup, marilah luangkan waktu untuk berdoa sejenak yang akan dipimpin oleh Bapak/Ibu/Saudara/i (Nama pemimpin doa), kepadanya dipersilakan. 

Akhir kata, mohon maaf jika ada banyak kekurangan, wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

  1. Penutup MC Acara Makan Malam 

Tak terasa malam yang elegan dan penuh kasih ini akan segera menghampiri akhirnya. Terima kasih bagi para tamu undangan yang telah hadir dan membuat acara semakin berwarna. Selamat kepada para pemenang yang telah memenangkan undian dan juga kepada seluruh panitia yang telah meluangkan waktunya untuk menyelenggarakan acara ini dengan baik. Marilah simpan momen bahagia yang berkesan ini dan berharap akan dipertemukan kembali di acara serupa. Saya (Nama MC), mengucapkan sampai jumpa dan selamat malam.

  1. Penutup MC Acara Pernikahan

Pada momen yang hangat dan penuh kebahagiaan ini, mari kita akhiri perayaan ini dengan hati yang gembira. Terima kasih kepada kedua mempelai pengantin, keluarga, dan tamu hadirin yang sudah datang. Semoga kehidupan setelah pernikahan ini akan membawa berkah bagi semuanya. Sampai jumpa di momen-momen bahagia lainnya. Akhir kata, saya (Nama MC), mengucapkan terima kasih dan selamat malam. 

  1. Penutup MC Acara Class Meeting

Alhamdulillah… Kita telah sampai di penghujung acara class meeting kali ini yang telah berlangsung dengan lancar. Terima kasih kepada semua panitia dan semua yang telah berpartisipasi penuh pada rangkaian acara. Mari tutup acara ini dengan doa yang dipimpin oleh (Nama pemimpin doa), kepadanya dipersilakan.

Dengan demikian acara class meeting resmi ditutup. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  1. Penutup MC Acara Seminar

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pembicara, peserta yang hadir, dan juga panitia yang menyelenggarakan acara ini atas dedikasinya. Semoga apa yang dihasilkan pada diskusi kali ini akan memberikan wawasan yang luas dan perubahan positif. Mari jalankan ini dalam kehidupan dan tindakan sehari-hari. Akhir kata, saya (Nama MC), mengucapkan sampai jumpa di acara-acara selanjutnya.

Demikianlah contoh teks penutupan MC untuk berbagai acara yang dapat dijadikan referensi. Pilihlah kata-kata yang berkesan agar dapat menyimpulkan keseluruhan acara dengan anggun. 

SOUVIA