Jogja atau Yogyakarta, tidak hanya terkenal dengan keindahan budayanya tetapi juga oleh-oleh khas Jogja yang terkenal unik dan lezat. Sebenarnya tidak hanya makanan, terdapat pula oleh-oleh berupa benda yang bermanfaat dari Jogja.  

Oleh-oleh Jogja adalah salah satu poin penting yang harus dibawa pulang oleh wisatawan yang berkunjung ke kota istimewa ini. Pasalnya, Jogja menawarkan berbagai oleh-oleh yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.  

Oleh-Oleh Khas Jogja yang Tidak Boleh Dilewatkan 

Jika berkunjung ke Yogyakarta tidak sah rasanya jika tidak memenuhi koper dengan oleh-oleh. Berikut adalah deretan oleh-oleh khas Jogja yang bisa dijadikan sebagai referensi.  

1. Bakpia Pathok

Bakpia pathok adalah oleh-oleh yang terkenal dari Jogja. Dengan berbagai varian rasa seperti kacang hijau, cokelat, keju, dan lainnya, bakpia pathok bisa ditemukan di berbagai tempat yang menjual oleh-oleh di Jogja. Harga satu kotak cukup bervariasi tergantung jenis isiannya. Daya tahannya sekitar 2 minggu.   

2. Salak Pondoh 

Salak pondoh banyak tumbuh di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat yang tepat untuk membeli buah ini adalah di Agrowisata Turi, di mana para wisatawan bisa langsung memetik dari pohon salak itu sendiri. Buah ini bisa bertahan selama 12 hari di luar ruang atau 32 hari di dalam kulkas.  

3. Keripik Tempe

Keripik tempe adalah camilan khas Jogja yang terbuat dari tempe yang dipotong tipis dan digoreng. Harga keripik tempe bervariasi tergantung pada kemasan dan produsennya. Keripik tempe banyak di jual di berbagai toko oleh-oleh Jogja dan bisa bertahan cukup lama, yakni 1 bulan.  

Keripik tempe yang terkenal enak dan gurih adalah Keripik Tempe Mbok Sador yang terletak. Harganya cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp10.000.  

4. Yangko

Yangko adalah kue kenyal yang menyerupai mochi dan terbuat dari adonan tepung ketan yang dibungkus menggunakan tepung gula. Kue ini berbentuk kecil dan diisi campuran gula dan kacang yang dihaluskan. Yangko umumnya bisa bertahan maksimal 5 hari.  

5. Batik

Selain makanan, kain dan pakaian batik adalah salah satu oleh-oleh yang cukup fenomenal di Jogja. Jogja terkenal dengan  motif batiknya yang indah. Pilihlah oleh-oleh berupa kain batik handmade dengan berbagai desain dan warna, karena lebih unik. 

Harga kain atau pakaian batik juga bervariasi tergantung pada kualitas kain dan proses pembuatannya. Tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan untuk mendapatkan kain batik asli Jogja adalah kampung batik yang terletak di Imogiri, Bantul.   

Oleh-oleh khas Jogja di atas bisa dijadikan pilihan ketika berkunjung ke kota istimewa ini. Pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas produk sebelum membeli oleh-oleh di tempat-tempat yang berbeda. Saat hendak membeli oleh-oleh berupa makanan, pastikan tanggal kedaluwarsanya kepada sang penjual. Selamat berbelanja dan menikmati keindahan Jogja!  

SOUVIA