Pilihan souvenir untuk kenang-kenangan suatu hajatan semakin beragam. Dalam memilih souvenir, penyelenggara acara tentu ingin souvenir yang unik dan bermanfaat. Salah satu pilihannya jatuh kepada souvenir islami yang bermanfaat untuk mengingatkan para tamu untuk beribadah.  

Dikutip dari Buku Inspirasi Souvenir, Putri Untasnia, Safni Yeti, Monica Harijati, Ratu Sri Hastutie (2010:9), souvenir dapat berupa berbagai macam benda. Jika hajatan mengusung tema Islami, maka souvenir dapat dibubuhkan dengan nilai-nilai syar’i. 

Keberadaan souvenir dalam acara hajatan dapat menjadi bentuk kebaikan dan menjadi ungkapan perasaan bahagia atas kehadiran tamu undangan. Jadi, penting untuk memilih souvenir yang berkualitas.   

Rekomendasi Souvenir Islami yang Bermanfaat

Souvenir dapat dipilih dengan memperhatikan berbagai aspek, salah satunya adalah manfaatnya. Berikut adalah beberapa rekomendasi souvenir islami yang bermanfaat bagi para tamu undangan:

1. Tasbih

Tasbih cukup sering digunakan sebagai souvenir untuk suatu hajatan. Souvenir ini banyak ditemukan pada acara tahlilan, doa bersama, haji dan umroh, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk digunakan sebagai souvenir pernikahan.

Souvenir berupa tasbih ini dapat dipilih karena harganya cukup terjangkau dan bisa dipakai untuk beribadah di mana saja dengan daya tahan yang cukup lama.  

2. Buku Al-Ma’tsurat

Souvenir islami yang bermanfaat lainnya adalah buku Al-Ma’tsurat. Ini menjadi salah satu souvenir yang banyak dicari banyak calon pengantin. Al-Ma’tsurat sendiri merupakan doa zikir pagi dan sore yang dapat dijadikan amalan harian sebagaimana sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad saw.  

3. Kalender Salat

Kalendar salat dapat menjadi souvenir yang bermanfaat karena mudah dibawa ke mana-mana. Selain itu, souvenir ini juga dapat digunakan untuk pengingat waktu salat bagi seorang muslim. 

4. Buku Doa Harian

Buku doa harian juga dapat dipilih sebagai souvenir Islami yang bermanfaat. Buku ini cocok untuk dijadikan souvenir bertema Islami, karena berisi berbagai doa penting yang harus diamalkan oleh seorang muslim. Selain itu, buku doa ini juga dapat dijadikan sarana pembelajaran bagi anak-anak.

5. Sajadah dan Mukenah Travelling

Bagi seorang muslim, diwajibkan untuk melaksanakan salat, khususnya salat lima waktu. Salah satu kebutuhan saat bepergian atau travelling adalah perlengkapan salat. Saat ini terdapat sajadah dan mukenah yang ramah untuk para traveller. Dua benda ini dapat dipilih sebagai souvenir yang bermanfaat. 

Sajadah dan mukenah yang mudah dilipat akan mudah untuk dibawa ke mana-mana, sehingga memberikan fleksibelitas yang menyenangkan. Souvenir ini mungkin belum banyak dipilih, tetapi sebenarnya merupakan pilihan yang tepat sebagai kenang-kenangan yang mewah sekaligus bermanfaat.

Deretan souvenir Islami yang bermanfaat di atas dapat dipilih sesuai dengan preferensi dan keputusan kedua calon pengantin. Setiap pilihan di atas memiliki keunikan dan manfaat yang dapat membantu para tamu untuk ingat akan ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan.  

SOUVIA