Pernikahan merupakan momen sakral dan bahagia. Tentu saja pasangan yang menikah ingin membagikan kebahagiaannya dengan orang-orang terkasih. Souvenir pernikahan yang berguna menjadi salah satu cara untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada para tamu undangan yang telah hadir dan turut memeriahkan acara. 

Namun, tak jarang souvenir pernikahan berakhir tergeletak tak terpakai. Oleh karena itu, pengantin perlu memilih souvenir pernikahan yang berguna. Selain meninggalkan kenangan manis, souvenir yang bermanfaat juga akan diingat dan digunakan para tamu.  

Souvenir Pernikahan yang Berguna 

Berikut adalah beberapa ide souvenir pernikahan yang berguna untuk para tamu undangan.  

1. Peralatan Dapur

Peralatan dapur seperti sendok dan garpu, spatula, atau talenan dapat menjadi pilihan souvenir yang bermanfaat. Pilihlah desain yang menarik dan unik agar souvenir ini tidak hanya berguna, tetapi juga enak untuk dipandang. 

2. Botol Minum   

Botol minum bisa dipakai untuk menyimpan banyak air saat sedang bepergian. Jadi, souvenir ini tentu sangat berguna bagi banyak orang.  

3. Perlengkapan Rumah Tangga

Souvenir seperti handuk kecil, sabun aromaterapi, atau diffuser bisa menjadi pilihan yang bermanfaat bagi para tamu. Pilihlah aroma yang menyegarkan dan tahan lama untuk memberikan kesan yang menyenangkan. 

4. Dompet

Terdapat 2 jenis dompet, yaitu dompet uang dan dompet kartu. Dompet uang berbentuk lebih besar dan panjang daripada dompet kartu. Silakan pilih salah satu jenis souvenir yang sesuai preferensi.   

5. Kartu Uang Elektronik 

Kartu uang elektronik sangat bermanfaat baik bagi pengendara mobil maupun pengguna transportasi umum, karena digunakan untuk membayar tarif tol dan kendaraan umum. 

Tips Memilih Souvenir Pernikahan yang Berguna

Simak berbagai tips berikut untuk memilih souvenir pernikahan yang berguna.  

1. Pertimbangkan Kebutuhan dan Kesukaan Tamu

Pikirkan kebutuhan dan kesukaan mayoritas tamu undangan. Souvenir yang sesuai kesukaan mereka akan lebih dihargai dan digunakan. 

Contohnya, souvenir alat makan untuk keluarga, handuk kecil untuk tamu yang sering bepergian, atau bibit tanaman untuk pencinta alam.  

2. Pilih Kualitas Terbaik

Meskipun anggaran terbatas, tetapi tetaplah pilih souvenir dengan kualitas terbaik agar bisa bertahan lama. Souvenir yang berkualitas baik akan meninggalkan kesan yang positif di mata para tamu.  

3. Buat Kemasan yang Menarik dan Personal

Kemasan yang menarik dan personal akan menambah nilai souvenir. Jadi, tambahkan nama atau inisial pengantin, tanggal pernikahan, dan (jika muat) ilustrasi kedua mempelai.  

4. Pilih Souvenir Unik dan Berkesan

Tak perlu ragu untuk memilih souvenir yang unik dan berkesan, karena akan lebih diingat para tamu. Contohnya, souvenir DIY, produk handmade lokal, atau souvenir dengan manfaat edukasi. Tamu yang memiliki anak akan menyukai souvenir yang edukatif. 

5. Pilih Souvenir yang Ramah Lingkungan

Di era modern ini, banyak orang yang mulai peduli terhadap lingkungan. Souvenir ramah lingkungan, seperti: benih tanaman, tote bag kain, atau sedotan bambu bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Demikianlah beberapa ide souvenir pernikahan yang berguna untuk meninggalkan kenangan manis dan positif bagi para tamu. Pilihlah yang sesuai anggaran, kebutuhan, dan kesukaan mayoritas tamu agar pernikahan semakin berkesan. 

SOUVIA