Setiap pertemuan pasti diakhiri dengan perpisahan. Begitu juga di sekolah, setiap tahunnya pasti akan ada perpisahan. Saat lulus dari kelas 6, 9, dan 12 banyak murid yang ingin memberikan souvenir yang berguna untuk sekolah.  

Memberikan souvenir sebagai kenang-kenangan untuk sekolah bisa diartikan sebagai tanda terima kasih kepada para guru karena telah mengajarkan dan memberikan ilmunya dengan tulus dan tanpa lelah.   

5 Souvenir yang Berguna 

Ada banyak rekomendasi souvenir yang berguna untuk kenangan saat perpisahan sekolah. Souvenir yang diberikan tidak perlu mahal dan mewah. Cukup berikan yang berguna untuk sekolah saja. Itu sudah memberikan kesan yang sangat mendalam. Berikut adalah berbagai contoh souvenir yang berguna untuk sekolah:

1. Taplak Meja

Memberikan taplak meja sebagai souvenir untuk sekolah akan membuat para guru terus teringat akan para murid yang memberikannya. Setiap meja yang ada di ruang guru maupun kelas membutuhkan taplak meja. Oleh karena itu, taplak meja menjadi souvenir yang sangat berguna. Disarankan untuk memberikan taplak meja yang seragam untuk semua kelas agar semuanya merasa diperlakukan dengan setara. 

2. Jam Dinding

Jam dinding harus ada di setiap ruangan yang ada di sekolah, seperti: ruang guru, ruang kelas, laboratorium, ruang komputer, dan di aula. 

Jam dinding memang memiliki fungsi yang sangat penting di sekolah, yakni membantu agar para guru dan para murid bisa melihat durasi waktu secara saksama guna menghindari durasi pembelajaran yang terlalu panjang maupun terlalu singkat.

3. Peralatan Kebersihan

Walaupun sekolah sudah menyediakan peralatan kebersihan tersendiri, tetapi tidak ada salahnya untuk memberikan peralatan kebersihan saat perpisahan sekolah. 

Peralatan kebersihan ini akan sangat berguna untuk adik kelas agar mereka lebih menyadari pentingnya kebersihan yang ada di lingkungan sekolah. Selain itu, apabila ada peralatan sekolah yang rusak, maka souvenir ini bisa dipakai. 

4. Buku Pelajaran

Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu. Maka dari itu, tak heran jika setiap sekolah menyediakan fasilitas perpustakaan dengan banyak buku yang bisa dipinjam oleh para siswa.  

Saat sedang bersekolah, siswa pasti memiliki banyak buku pelajaran yang bisa diwariskan untuk adik kelas. Daripada buku pelajaran tersebut menjadi rusak di rumah, sebaiknya berikan ke sekolah untuk menambah koleksi buku pelajaran di perpustakaan agar bisa digunakan adik kelas selanjutnya.  

5. Alat Tulis 

Kegiatan belajar dan mengajar tidak akan lepas dari alat tulis. Saat belajar, seorang pelajar pasti membutuhkan spidol, penghapus, penggaris, pulpen, dan lain sebagainya. 

Ide ini bisa menjadi opsi yang tepat saat tidak memiliki anggaran yang banyak, tetapi ingin memberikan souvenir yang berguna saat perpisahan sekolah. 

Itulah beberapa rekomendasi souvenir yang berguna sebagai kenangan saat perpisahan sekolah. Pilihlah souvenir yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dan anggaran para siswa.

SOUVIA