Souvenir yang dibuat oleh perajin di daerah Jawa Tengah adalah benda yang cukup unik dan menarik. Pasalnya, di daerah tersebut ada banyak bahan souvenir yang bernilai seni tinggi dan dibuat dengan cara tradisional.  

Jawa Tengah memang terkenal sebagai salah satu provinsi yang mempunyai berbagai macam kerajinan. Tidak hanya di kancal lokal, tetapi kerajinan tersebut telah menjadi souvenir yang telah menembus pasar internasional.  

Rekomendasi Souvenir yang Dibuat oleh Perajin di Daerah Jawa Tengah 

Souvenir yang dibuat oleh perajin di daerah Jawa Tengah adalah kenang-kenangan yang tidak boleh dilupakan ketika mengunjunginya. Berikut adalah berbagai rekomendasi souvenir yang dibuat oleh perajin di Jawa Tengah.  

1. Batik 

Batik menjadi salah satu souvenir yang menarik di daerah Jawa Tengah. Banyak daerah yang menjadi sentra kerajinan batik, seperti: Pekalongan, Solo, Jepara, Rembang, dan Temanggung. Selain menjadi warisan leluhur, keindahan pada corak batik biasanya memiliki makna dan nilai filosofi tersendiri. 

Selain itu, setiap daerah di Jawa Tengah juga memiliki karakter yang khas, sehingga membedakannya dengan daerah lainnya. Misalnya batik Pekalongan yang identik dengan warna cerah pesisir. Berbeda dengan batik Solo yang menonjol dengan warna kecokelatan dengan tujuh motif, seperti: Sidomukti, parang, kawung, dan satrio manah. 

2. Ukiran Kayu 

Souvenir yang berasal dari ukiran kayu sering dijumpai di daerah Jepara. Sejak dulu, daerah ini memang terkenal dengan ukiran kayunya.

Ukiran kayu di Jepara dalam catatan sejarah sudah ada sejak masa Pemerintahan Ratu Kalinyamat (1521-1546). Salah satu bukti otentiknya adalah Masjid Mantingan yang banyak dipenuhi oleh ukiran kayu.  

3. Anyaman dari Eceng Gondok 

Saat berkunjung ke Semarang, ada banyak souvenir indah dan cantik yang terbuat dari eceng gondok. Tumbuhan ini merupakan jenis gulma air yang mudah tumbuh di perairan, seperti: danau, waduk, dan empang. 

Jika dibiarkan tumbuh secara liar, maka eceng gondok dapat mengganggu ekosistem air. Namun, jika sudah bertemu dengan tangan-tangan kreatif, eceng gondok justru dapat bernilai ekonomis. Eceng gondok dapat disulap menjadi sandal, tas, tempat tisu, topi, tempat sampah, dan berbagai benda bermanfaat lainnya.  

4. Kerajinan dari Batok Kelapa

Di beberapa daerah, batok kelapa hanya menjadi sampah atau sebagai bahan arang. Namun, lain halnya dengan di Cilacap. Para pegiat industri kreatif dapat menyulap batok kelapa menjadi hiasan yang menawan. 

Berbekal dengan kreativitas dan inovasi, batok kelapa dapat menjadi barang bernilai ekonomis dan memiliki nilai guna yang tinggi. Misalnya untuk peralatan dapur dan penghias ruangan.  

5. Kerajinan dari Kain Etnik 

Kain etnik merupakan kain khas dari berbagai macam suku dan etnis di Indonesia. Jika berkunjung ke Solo, maka banyak kerajinan seperti tas dan dompet yang terbuat dari kain etnik dengan motif yang unik. Tentu barang-barang ini dapat menjadi rekomendasi souvenir yang tepat saat Anda berkunjung ke daerah ini. 

Souvenir yang dibuat oleh perajin di daerah Jawa Tengah adalah kelima benda di atas. Silakan pilih dan bawa pulang yang paling bermanfaat dan berkesan untuk teman dan keluarga Anda.  

SOUVIA