Tumbler adalah wadah untuk menyimpan air minum yang kini kerap digunakan banyak orang di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Tips memilih tumbler yang aman tentu menjadi hal penting untuk diperhatikan mengingat penggunaannya dalam jangka waktu yang lama.  

Tumbler banyak dipilih untuk menggantikan botol biasa karena kemasannya yang menarik. Selain itu, masifnya gerakan “Save the World” dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan bahaya sampah plastik menjadikan tumbler sebagai pilihan dalam menemani aktivitas sehari-hari. 

Tips Memilih Tumbler

Penggunaan tumbler sebagai tempat air minum dan cenderung digunakan selama 24 jam tentu menuntut pengguna untuk lebih memilihnya secara tepat demi keamanan dan kesehatan tubuh. Berikut adalah tips memilih tumbler yang aman dan berkualitas. 

1. Memilih Bahan Dasar Tumbler

Tak hanya memilih dari kemasan yang eye-catching, pemilihan tumbler hendaknya mengutamakan bahan dasar atau material pembuatannya. Hal ini tentu akan berpengaruh dalam proses penggunaan dan perawatannya.   

Misalnya, tumbler dengan material stainless steel tentu akan cenderung lebih tahan lama dan awet dibandingkan dengan tumbler berbahan dasar plastik. Material ini tiidak berpori, sehingga tidak bisa dimasuki kuman dan bakteri. Selain itu, boleh atau tidaknya memasukkan air panas secara langsung pada tumbler juga perlu diperhatikan agar tumbler yang dimiliki bisa bertahan lama.  

2. Perhatikan Label BPA Free

Sebelum nemilih tumbler, hendaknya perhatikan terlebih dahulu ada atau tidaknya label BPA Free (bebas BPA) yang biasanya dicantumkan di bagian bawah produk. BPA sendiri merupakan bahan kimia yang sering terdapat pada kemasan makanan dan minuman. Penggunaan BPA dalam jangka panjang akan berdampak buruk bagi kesahatan karena dapat menyebabkan penyakit kanker.  

3. Pilih Ukuran sesuai Kebutuhan

Tumbler hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pengguna dengan aktivitas yang padat di luar ruangan tentu membutuhkan model yang praktis dengan volume air yang lebih banyak.  

4. Pastikan Double Lock

Tumbler yang berkualitas juga dilihat dari double lock atau karet di bagian penutup. Benda ini bertujuan untuk mencegah cairan di dalam wadah tumpah atau merembes keluar. Sungguh sangat disayangkan, bukan jika membawa tumbler, tetapi berakhir bocor?  

5. Perhatikan Daya Tumbler

Daya di sini berarti kemampuan tumbler dalam menyimpan minuman. Hal yang utama adalah ketahanan tumbler dalam menjaga suhu air. Kemampuan ini bergantung pada material dasar yang disebutkan pada poin pertama. Pastikan untuk memilih tumbler yang sesuai dengan keinginan, termasuk apakah bisa menjaga suhu air panas atau dingin dalam jangka waktu lama.  

Itulah tadi tips memilih tumbler yang aman dan berkualitas. Tentu setiap orang memiliki selera yang berbeda, tetapi deretan poin di atas bisa digunakan untuk mempertimbangkan dalam proses pemilihan agar berdampak positif dalam kesehatan dan efektivitas sehari-hari. 

SOUVIA