bahan tas yang kuat

6 Bahan Tas yang Kuat dan Berkualitas Tinggi

Posted on

Seiring perkembangan zaman, tas bukan hanya digunakan untuk menyimpan berbagai barang saat bepergian, tetapi juga untuk menunjang penampilan. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan tas yang kuat agar tetap tampak bagus dan bebas dari kelupas dalam waktu lama. 

Menggunakan tas dengan bahan yang kuat juga dapat menghemat pengeluaran karena Anda tidak perlu terlalu sering membeli tas baru. Dengan begitu, Anda hanya perlu menyimpan dengan benar agar mampu bertahan lama. 

Bahan Tas yang Kuat 

Berikut adalah deretan bahan tas yang kuat dan berkualitas untuk dipertimbangkan. 

1. Kanvas

Kanvas merupakan bahan tas yang kuat, tebal, dan awet, sehingga sering digunakan untuk membuat tote bag dan tas selempang. Selain itu, tas berbahan kanvas juga tampak lebih trendy dan harganya pun terjangkau. 

2. Oxford Cloth

Bahan ini merupakan perpaduan dari teteron dan katun, sehingga termasuk salah satu jenis kain drill. Namun, kain ini terbuat dari benang yang lebih tipis daripada jenis kain drill lainnya. Meski begitu, bahan ini memiliki kualitas yang baik, sehingga termasuk bahan tas yang awet. 

Bahan oxford cloth sering digunakan untuk membuat tas karena:

  • Tekstur kainnya rata agar tampak lebih lembut dan rapi. 
  • Permukaannya halus. 
  • Kuat karena dipintal dengan teknik khusus.  
  • Tidak terlalu tebal, sehingga ringan saat dijinjing.   

3. Nylon 

Serat nylon halus dan tidak bisa menyerap air, sehingga bisa lebih cepat kering jika terkena air. Selain itu, bahan ini juga mamppu menahan kotoran dan bakteri, sehingga tidak mudah rusak. Berikut adalah ciri khas bahan nylon:  

  • Kuat, elastis, dan ringan. 
  • Cepat kering saat terkena air. 
  • Mudah dicuci.  
  • Antiair dan tahan panas. 
  • Bentuknya tidak mudah sobek maupun berubah. 
  • Tahan terhadap kutu, jamur, dan serangga.  

4. Dolby 

Dolby adalah sejenis bahan polyester dengan kualitas yang paling tinggi, sehingga sering digunakan untuk membuat tas olahraga. Ukuran pori-porinya yang besar dan sifatnya yang tahan air membuat bahan ini tidak mudah kusut dan tidak mudah koyak. Selain itu, bahan ini juga mengandung satin, sehingga warnanya lebih mengilap.   

5. Cordura  

Cordura merupakan bahan baku tas yang premium, sehingga harganya cukup mahal. Namun, kualitas yang ditawarkan setara dengan harganya. Seratnya yang kuat dan sifatnya yang tidak mudah lecet membuatnya sering digunakan untuk membuat koper dan tas militer. Bahan cordura memiliki tekstur bintik-bintik dan kuat untuk menahan rembesan air.   

6. Denim 

Selain untuk celana dan jaket, bahan denim juga sering digunakan untuk membuat aneka jenis tas, seperti tote bag, selempang, dan ransel. Bahan ini memberikan kesan kasual dan youthful. Bahan denim juga memiliki daya tahan yang kuat, sehingga setara dengan harganya.    

Demikian berbagai bahan tas yang kuat dan berkualitas. Jika Anda menginginkan tas yang kuat dan tahan lama, pilihlah tas yang terbuat dari bahan-bahan di atas.