Setelah lelah bekerja di bawah tekanan, para karyawan perlu menyegarkan pikiran dengan tetap menjaga hubungan baik antara sesama karyawan. Caranya adalah dengan mengadakan outing kantor.   

Outing kantor merupakan aktivitas liburan bersama para karyawan dari suatu perusahaan. Namun, lebih dari sekadar liburan, outing bisa meningkatkan kerja sama dan menjaga relasi antarkaryawan, sehingga bisa membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif.  

Kegiatan ini dapat dilaksanakan untuk seluruh karyawan dari suatu perusahaan maupun untuk masing-masing tim.    

Ide Outing Kantor 

Outing kantor merupakan momen yang ditunggu banyak karyawan. Jika ini pertama kalinya Anda berencana mengadakan outing kantor, simak ide outing berikut ini. 

1. Camping dan Outbound  

Alam terbuka, terlebih pegunungan menawarkan suasana yang sejuk dan nyaman. Suasana ini bisa membantu setiap peserta outing menyegarkan pikiran dan mempererat hubungan antarpeserta. 

Selain itu, kegiatan camping dan outbound juga membutuhkan kerja sama tim yang kompak. Hal ini tentu dapat meningkatkan kemampuan kerja sama para peserta. 

2. Bermain di Escape Room 

Escape room adalah aktivitas penuh cerita misteri dan teka-teki yang seru untuk dipecahkan. Di dalam ruangan ini, para peserta harus bekerja sama untuk mencari petunjuk demi menyelesaikan teka-teki dan mencari jalan keluar dari ruangan tersebut. 

Kegiatan outing ini mengasah kecerdasan, ketelitian, dan kerja sama tim dengan cara yang unik dan menghibur. Contoh escape room yang bisa dikunjungi di Jakarta adalah Pandora Experience.  

3. Staycation 

Staycation merupakan gabungan dari kata stay (menginap) dan vacation (liburan). Jadi, artinya adalah menikmati libur dengan menginap di penginapan yang nyaman. 

Ide outing ini sangat tepat untuk tim yang didominasi para karyawan yang sudah berumur atau memiliki kondisi fisik khusus. Dengan melaksanakan staycation di suatu villa yang nyaman, para peserta tidak akan merasa kelelahan, melainkan bisa menenangkan diri. 

Agar lebih seru, ajak para peserta untuk bermain aneka game sederhana dan menikmati aneka makanan yang lezat.  

4. Eksplorasi Kawasan Ekowisata 

Kini banyak kawasan ekowisata dengan tempat yang menarik dan pemandangan yang eksotis. Kawasan ini cocok untuk dijadikan tempat team building. Para peserta juga bisa turut serta dalam bercocok tanam. 

Selain itu, para peserta juga bisa melepas penat dengan menikmati pemandangan yang indah. Ingatlah untuk mengabadikan momen ini dengan membuat video singkat dan mengambil banyak foto. 

5. Trekking  

Jika semua peserta outing tergolong masih muda (di bawah 30 tahun), maka Anda bisa mengadakan acara trekking di gunung dengan medan yang tidak terlalu sulit. Contohnya: Gunung Papandayan dan Gunung Putri. 

6. Bermain di Taman Hiburan 

Terakhir, Anda juga bisa mengajak tim untuk bermain di taman hiburan, seperti Dunia Fantasi (Dufan). Tak hanya bermain di berbagai wahana menarik, Anda juga bisa merancang game di mana para peserta harus menyelesaikan misi tertentu sambil bermain. 

Itulah berbagai ide outing kantor yang bisa dijadikan pertimbangan bagi tim Anda. Rencanakan konsep dan susun acara outing dengan cermat agar tidak ada yang terlewat dan semua peserta pun bisa menikmatinya. 

SOUVIA