Souvenir yang ramah lingkungan adalah pilihan yang tepat untuk menghadirkan kesan yang berkesan bagi penerima. Souvenir ini tidak hanya menunjukkan rasa terima kasih, tetapi juga kepedulian terhadap lingkungan. Namun, untuk membuat souvenir ini semakin menarik, diperlukan juga kemasan yang cocok untuk produk souvenir terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. 

Kemasan yang cocok untuk produk souvenir yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan harus memiliki beberapa kriteria, seperti: mudah didaur ulang, tidak berbahaya bagi lingkungan, dan sesuai dengan konsep souvenir. Selain itu, kemasan juga harus mampu melindungi souvenir dari kerusakan atau kontaminasi. 

Kemasan yang Cocok Untuk Produk Souvenir Terbuat dari Bahan yang Ramah Lingkungan

Berikut adalah deretan kemasan yang cocok untuk produk souvenir terbuat dari bahan yang ramah lingkungan untuk menjaga dan menambah nilai estetika sebuah souvenir.   

1.     Reusable Bag

Reusable bag adalah tas yang bisa dipakai berkali-kali dan terbuat dari bahan awet dan ramah lingkungan, seperti: kanvas, katun organik, atau bahan antibakteri. Tas ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran, seperti: tote bag, drawstring bag, atau backpack (ransel). Tas ini juga berguna untuk membawa barang sehari-hari, baik untuk berbelanja, bekerja, olahraga, maupun untuk bepergian.   

2.     Daun Pisang

Daun pisang adalah bahan kemasan makanan atau souvenir yang sudah lama dipakai di Indonesia. Daun pisang memberikan aroma khas dan mampu melindungi isi barang atau makanan di dalamnya dari udara serta menjaga kelembabannya. Selain itu, daun pisang juga mudah terurai, estetik, dan kaya akan nilai budaya. 

3.     Paper Box

Kemasan paper box berwarna cokelat terbuat dari kardus berkualitas tinggi yang ramah lingkungan. Kemasan ini memberikan kesan klasik pada produk yang dikemasnya. Paper box cocok untuk mengemas kue-kue dan peralatan kosmetik.   

4.     Kardus Bergelombang 

Kardus bergelombang adalah kemasan yang terdiri dari tiga lapisan kertas, yaitu liner dalam, corrugated, dan liner luar. Lapisan corrugated memberikan kekuatan dan fleksibilitas, sehingga kardus ini dapat menahan beban yang berat. Selain itu, kardus ini juga ramah lingkungan, karena dapat didaur ulang dan dipakai kembali. Menariknya lagi, kardus ini juga fleksibel, karena dapat dibuat sesuai bentuk dan ukuran produk, sehingga menghemat bahan dan biaya.  

5.     Bambu

Bambu adalah bahan kemasan produk yang ramah lingkungan, kuat, tahan lama, dan mudah didaur ulang. Bambu juga mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Bahan ini bersifat fleksibel, unik, dan alami, sehingga dapat menambah nilai jual produk. Selain itu, bambu juga mudah didaur ulang. 

6.     Pouch dari Kain Katun Organik 

Pouch adalah kemasan yang cocok untuk produk yang berukuran kecil sampai sedang, seperti: aksesori, peralatan kosmetik, atau makanan kecil. Pouch yang terbuat dari kain katun organik tentu awet dan ramah lingkungan. Selain itu, pouch juga bisa dipakai ulang dan mudah di bawa dengan mudah ke mana pun.  

Berbagai kemasan yang cocok untuk produk souvenir terbuat dari bahan yang ramah lingkungan di atas dapat digunakan untuk mengemas souvenir dengan menarik dan tetap melestarikan lingkungan.

SOUVIA