Bali merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Selain karena keindahan alam, kekayaan budaya, dan keramahan masyarakatnya, terdapat pula banyak oleh-oleh khas Bali yang menarik sebagai kenang-kenangan akan pulau tersebut.  

Ada banyak oleh-oleh menarik di Pulau Dewata yang bisa dibawa pulang untuk keluarga tercinta, mulai dari makanan lezat hingga benda yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Oleh-Oleh Khas Bali

Inilah deretan oleh-oleh khas Bali yang wajib dibawa pulang sebagai kenang-kenangan untuk keluarga di rumah maupun para teman baik. 

1. Pie Susu Bali

Pie susu merupakan salah satu primadona makanan khas Bali yang wajib berada dalam keranjang belanja. Kue berbahan dasar tepung dan margarin ini memiliki rasa yang lezat dengan isian fla susu yang nikmat. Kue ini sangat cocok untuk dijadikan camilan saat bersantai ria. 

2. Kacang Disco

Berbagai olahan kacang memang selalu menggoda. Dengan perpaduan rasa yang gurih dan pedas, camilan yang satu ini sukses membuat banyak orang ketagihan.  

Kacang disco sendiri berbahan dasar kacang tanah yang sudah dikupas dan kemudian disangrai. Sesudah dicampur dengan adonan tepung dan bumbu, kacang ini digoreng hingga berwarna kecokelatan. Kacang lalu dicampur dengan potongan daun jeruk dan dikemas dalam plastik atau pouch

3. Baju Barong

Barong merupakan salah satu tarian tradisional dari ragam pertunjukan seni di Pulau Dewata. Saat berkunjung, wisatawan bisa menemukan penjual baju Barong ini dengan mudah, baik di pusat oleh-oleh maupun pasar tradisional. 

4. Udeng

Pemandangan pria mengenakan ikat kepala atau bisa juga disebut udeng tentu akan menjadi hal yang kerap ditemui di Bali. Pria Hindu mengenakan udeng di kepala dengan beragam letak dan ikatan yang mengandung makna tersendiri. 

Pengunjung dapat membeli udeng sebagai oleh-oleh dengan beragam motif dan corak. Tentunya ini juga bisa memberikan kesan khas karena merupakan salah satu ciri busana dari pria Hindu di Bali. 

5. Tas Berbahan Rotan

Rotan memang bisa disulap menjadi aneka kerajinan, salah satunya tas yang cantik. Di Bali, pengunjung akan banyak menjumpai ragam bentuk tas rotan dengan berbagai macam ukuran dan warna. Bentuknya yang estetik cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi ibu atau istri tercinta. 

6. Joger

Joger memang sudah tak asing lagi di telinga wisatawan. Seperti halnya di Jogja, Joger Bali menyajikan beragam oleh-oleh menarik dengan segudang kata-kata yang khas. Keunikan inilah yang  menjadi daya tarik tersendiri dan membuat Joger tak bisa absen dari deretan oleh-oleh Bali untuk dibawa pulang. 

Deretan oleh-oleh khas Bali di atas dapat menjadi referensi menarik untuk menentukan buah tangan yang tepat bagi keluarga di rumah. Tak hanya makanan, buah tangan berupa barang bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa terus disimpan maupun digunakan. 

Foto by Pexel

SOUVIA