Memberikan souvenir yang murah dan bermanfaat untuk tamu undangan pada acara pernikahan merupakan salah satu tradisi yang bertujuan sebagai tanda terima kasih atas kehadiran mereka. 

Dengan memberikan souvenir, para tamu dapat mengingat momen bahagia kedua mempelai. Selain itu, para tamu juga bisa menggunakannya saat dibutuhkan.       

6 Souvenir yang Murah dan Bermanfaat

Memberikan souvenir tidak harus berupa barang mahal dan mewah, cukup yang murah dan bermanfaat tetapi memiliki kesan manis dan bisa membuat para tamu senang saat menerimanya. Berikut adalah beberapa rekomendasi souvenir yang murah dan bermanfaat untuk acara pernikahan: 

1. Aksesoris Hijab

Ada banyak aksesoris hijab yang bisa diberikan untuk para tamu undangan, contohnya: bros bermotif bunga, jarum pentul, dan lainnya. Harga aksesoris hijab ini pun cukup murah, yakni dimulai dari harga Rp5.000 per buah, sehingga tidak menguras kantong.   

Souvenir ini akan sangat bermanfaat untuk para tamu undangan yang memakai hijab dan memberikan kesan yang baik. 

2. Tote Bag atau Tas Kecil

Souvenir ini akan sangat bermanfaat karena sering digunakan untuk kebutuhan setiap hari, biasanya juga digunakan sebagai tas belanja. 

Harga tote bag ini, tidak terlalu menguras kantong, yakni sekitar Rp10.000 per buah. Tote bag ini bisa dikustomisasi dengan inisial atau nama kedua mempelai.  

3. Pouch atau Dompet Kecil 

Souvenir berupa pouch atau dompet kecil ini akan sangat bermanfaat, karena bisa untuk menyimpan berbagai macam barang, mulai dari uang, alat kosmetik, hingga aneka peralatan untuk travelling. Harga satuannya juga terjangkau, yakni mulai dari Rp5.000. 

4. Peralatan Dapur

Peralatan dapur merupakan salah satu souvenir yang disukai para ibu. Ada banyak peralatan dapur yang bisa dijadikan souvenir untuk para tamu undangan saat menghadiri acara pernikahan, contohnya: sendok, talenan estetik, garpu, sendok nasi, mug, dan masih banyak lagi. 

Harga satuannya mulai dari Rp15.000. Ada juga yang menyediakan seperangkat peralatan dapur yang mencakup berbagai alat di atas.  

5. Kipas Kayu

Kipas kayu adalah salah satu souvenir pernikahan tradisional yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Kipas kayu ini hadir dalam berbagai ukuran dan desain yang bisa disesuaikan dengan keinginan. 

Souvenir ini sangat cocok untuk resepsi pernikahan dengan nuansa tradisional. Harganya juga sangat ramah kantong, yakni mulai dari Rp5.000. 

6. Gantungan Kunci yang Unik

Ada banyak gantungan kunci yang unik, seperti: gantungan kunci berbentuk hewan, bunga, dan karakter kartun. Souvenir ini juga bisa dikustomisasi dengan nama atau ilustrasi pengantin. 

Selain sebagai hiasan, gantungan kunci juga memudahkan pemiliknya untuk menemukan kunci dengan cepat, karena tampilannya yang mencolok. Harganya pun terjangkau, yakni mulai dari Rp1.500. 

Demikianlah berbagai rekomendasi souvenir yang murah dan bermanfaat untuk acara pernikahan. Pilihan souvenir pernikahan yang unik untuk meninggalkan kesan yang unik menyenangkan bagi tamu undangan.

SOUVIA