Bagaimana Anda menangani pekerjaan di masa harus bekerja dari rumah ini? Masih produktif atau sudah banyak “terganggu”?

Selama masa pandemi ini, sebagian tim kami mulai bekerja dari rumah. Mengubah rutinitas bekerja dari kantor dan dari rumah tidaklah mudah. Butuh banyak penyesuaian disana-sini. Bagaimana cerita bekerja dari rumah versi Anda?

Bekerja dari rumah membutuhkan kerja sama dengan penghuni rumah lainnya. Misalnya saja di tengah rapat jarak jauh / meeting online ada suara ibu memanggil minta tolong agar jemuran diangkat, bahkan mengingatkan untuk mandi. Belum lagi kalau sudah berkeluarga dan ada anak yang sekolahnya juga sedang dipindahkan ke rumah masing-masing. Banyak sekali distraksi.

Selain itu, dari dalam diri juga perlu ada komitmen lebih untuk tetap menjalankan tugas dan tanggung jawab pekerjaan. Lalu, agar tidak terjadi chaos, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan untuk tetap jadi produktif meskipun bekerja dari rumah?

  1. Tetap bangun pagi
    Ingat, kita bukan sedang liburan. Jadi tetap bangun pagi, lakukan rutinitas sebagaimana hari kerja biasa. Pagi ini saya masih memasak sepagi biasanya seakan memasak untuk bekal ke kantor. Termasuk mandi pagi.
  2. Dress up
    Membangun suasana hati yang enak untuk bekerja bisa dimulai dengan mengganti piyama dengan baju rumah yang lain yang nyaman. Atau bahkan jika kamu ingin tetap berpakaian rapi seperti setiap kali mau pergi kantor pun tak masalah. Tak lupa tetap pakai skincare dan sedikit make up mungkin bisa membuat suasana hatimu lebih siap untuk bekerja meskipun dari rumah.
  3. Bangun suasana kerja
    Bangun dari kasur adalah kuncinya. Tetap di kasur hanya akan membuat Anda merasa malas dan serasa liburan. Sebisa mungkin, duduk tegak di kursi dan menghadap ke meja. Jika suasana kerja Anda berarti meja yang bersih, ada secangkir kopi pada pukul 10.00, tidak masalah, lakukan saja. Selain itu Anda juga dapat menambah produktifitas dengan memastikan bahwa barang-barang yang Anda gunakan saat di rumah dapat menunjang pekerjaan Anda. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini bersama SOUVIA, karena saat ini SOUVIA sudah menyediakan barang yang sekiranya dapat membantu Work From Home Anda. Tentunya bisa di branding logo perusahaan jika Anda mencari untuk kebutuhan karyawan Anda.

4. Bagaimana jika anak juga di rumah?

Bersamaan dengan sebagian karyawan yang bekerja dari rumah, anak-anak juga libur dari sekolah. Cerita beberapa rekan kerja yang sudah berkeluarga, katanya susah sekali bekerja dari rumah apalagi jika anak sekolah dari rumah. Anak yang biasanya ditinggal kerja seharian, ketika melihat kedua orang tuanya ada di rumah jadi tidak mau lepas. Mulai dari mengajak main, hingga harus menjadi guru dadakan. Di kondisi ini, bisa minta pasangan untuk bergantian menjaga buah hati. Atau jika memiliki support system yang lain seperti pengasuh, atau kakek-nenek juga bisa minta tolong ketika perlu fokus. Tetap sediakan aktivitas dengan buku dan mainan untuk mereka. Ketika mereka sibuk, tentu sebagai orang tua, itulah saat yang tepat untuk bekerja. Kalau bisa, biarkan mereka kelelahan hingga butuh tidur siang. Jangan lupa, berikan pengertian mengapa ayah, ibu dan ananda berada di rumah bersama-sama saat ini. Tentunya dengan bahasa yang mudah mereka pahami. Agar anak-anak juga memiliki kewaspadaan dan bisa menjaga dirinya.

  1. Tetap sehat
    Serepot apa pun, sempatkan memasak makanan sehat yang sederhana. Di masa seperti sekarang inilah, kita sangat harus menjaga imun tubuh. Sayur dan buah jangan sampai absen dari menu harian kita. Selain itu, kurangi juga makanan tidak sehat.
  2. Jangan lupa, cek kesehatan mental
    Bekerja di rumah, keluar rumah dibatasi dan tidak boleh berkumpul bisa jadi sulit bagi sebagian orang. Merasa terkurung, terisolasi hingga kesepian mungkin dirasakan. Tetap terhubung dengan teman-teman melalui panggilan video bisa menjadi solusi. Mumpung banyak waktu bersama keluarga, manfaatkan baik-baik untuk ngobrol atau melakukan kegiatan bersama.

Bisa bekerja dari rumah adalah privilege, mari gunakan untuk membantu mereka yang tidak mendapatkan hak istimewa yang sama. Setidaknya, dengan tetap #dirumahaja, kita sama-sama turut andil dalam menekan angka kasus baru yang saat ini sedang terjadi. Stay safe, keep healthy!

SOUVIA adalah penyedia souvenir & seminar kit #terpercaya no. 1 di Indonesia. Kami memiliki 3 website utama sebagai media pemasaran kami yaitu: souvia.co.id, paketseminar.com, dan tasgoodiebag.com. Kami telah menjadi market leader dalam penyediaan souvenir dan seminar kit secara online di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi).

Untuk Informasi, konsultasi dan pemesanan, Silahkan hubungi  sales kami di bawah ini:

SOUVIA