Memilih souvenir yang bagus untuk pernikahan merupakan hal yang penting bagi para calon pengantin. Hal tersebut karena souvenir tidak hanya menjadi tanda terima kasih kepada tamu undangan yang telah hadir. Namun, juga sebagai bentuk kenang-kenangan kepada mereka. 

Souvenir atau suvenir, dikutip dari KBBI daring berarti sebuah tanda mata atau kenang-kenangan. Souvenir dapat menjadi pengingat terhadap suatu momen atau kejadian penting seperti pernikahan.

Untuk memberikan pengalaman yang berkesan kepada tamu undangan, tentu saja calon pengantin perlu memilih souvenir yang bagus. Jangan sampai membuat mereka kecewa karena souvenir yang diberikan jauh dari kata pantas.   

Tips Memilih Souvenir yang Bagus untuk Pernikahan 

Souvenir yang bagus dapat membuat momen pernikahan lebih berkesan. Berikut adalah 5 tips memilih souvenir yang bagus untuk pernikahan.  

1. Sesuaikan dengan Anggaran 

Langkah pertama adalah menentukan dana yang bisa dianggarkan untuk souvenir. Hal ini penting untuk membantu Anda memilih jenis souvenir yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. 

Jangan sampai Anda memilih souvenir yang mahal dan melebihi anggaran, sehingga mengganggu anggaran lainnya.  

2. Pertimbangkan Kegunaan 

Pilihlah souvenir yang memiliki kegunaan dan bermanfaat bagi para tamu. Souvenir yang bermanfaat tidak hanya disimpan di rak dan akan sering dipakai. Contohnya: alat makan, handuk kecil, tote bag, atau tanaman hias.

Oleh karena itu, mempertimbangkan segi kebermanfaatan souvenir menjadi hal yang penting. Tentu dengan tetap memperhatikan anggaran yang dimiliki. 

3. Pilih Souvenir yang Unik dan Berkesan 

Souvenir pernikahan yang unik dan berkesan akan lebih diingat oleh para tamu. Anda dapat memilih souvenir dengan desain yang menarik atau souvenir yang berkaitan erat dengan tema pernikahan Anda. 

4. Perhatikan Kualitas 

Pastikan souvenir yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik. Souvenir yang berkualitas buruk tentu akan memberikan kesan yang buruk bagi para tamu.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset terhadap penyedia jasa souvenir. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan negosiasi apakah bisa mendapatkan souvenir yang berkualitas dengan anggaran yang dimiliki. 

5. Minta Saran dan Rekomendasi

Jangan ragu untuk meminta saran dan rekomendasi dari keluarga, teman, atau wedding organizer. Mereka mungkin memiliki ide-ide yang bagus untuk souvenir pernikahan Anda.

Pengalaman orang lain tentu menjadi pelajaran berharga, baik ketika memilih jenis souvenir, penyedia layanan, dan apa saja yang terkait dengan acara pernikahan. 

6. Sesuaikan dengan Jumlah Tamu 

Pastikan jumlah tamu yang diundang lewat RSVP. Dengan begitu, Anda bisa memesan jumlah souvenir yang tepat. Namun, untuk berjaga-jaga, tambahkan souvenir cadangan sebanyak 10%. 

Demikian deretan tips memilih souvenir yang bagus untuk pernikahan. Selain itu, perhatikan juga terkait berapa banyak tamu undangan, waktu pemesanan dan lakukan cek ulang sebelum melakukan pembayaran.

SOUVIA