Souvenir merupakan kerajinan tangan yang biasanya dijadikan hadiah atau kenang-kenangan pada acara tertentu, termasuk pernikahan. Contoh souvenir pernikahan yang bermanfaat bisa menjadi pertimbangan utama calon pengantin ketika memilih kenang-kenangan untuk momen bahagia keduanya.  

Dikutip dari buku Kreasi Souvenir Pernikahan, Darum Santi (2014:28), souvenir menjadi bentuk atau tanda terima kasih kepada tamu undangan. Sebagai contoh, pada acara pernikahan, pengantin memberikan souvenir kepada tamu undangan yang telah berkenan hadir dan turut mendoakan kebaikan kedua mempelai.

Sebelum membahas contoh souvenir pernikahan, penting untuk diketahui aspek apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli souvenir. Salah satunya adalah kualitas dan manfaat souvenir. Calon pengantin perlu memastikan bahwa souvenirnya bermanfaat dan sesuai anggaran yang dimiliki.  

Contoh Souvenir Pernikahan yang Bermanfaat

Souvenir menjadi hal yang cukup esensial dalam sebuah acara pernikahan. Terdapat beragam pilihan souvenir yang bisa dipilih. Berikut adalah beberapa contoh souvenir pernikahan yang bermanfaat dan memberikan kesan mendalam bagi tamu undangan. 

1. Handuk

Souvenir ini cukup unik dan bermanfaat karena dibutuhkan setiap orang. Handuk kecil dengan ilustrasi kedua mempelai atau ikon cinta bisa dijadikan sebagai bingkisan untuk para tamu undangan yang menarik, khususnya apabila dibungkus dengan plastik transparan dan diikat dengan pita lucu.

2. Centong Kayu Unik

Contoh souvenir lainnya yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari adalah centong. Terdapat berbagai macam bentuk yang bisa dipilih, di antaranya adalah centong polos, centong daun, dan centong sekaligus garpu. Souvenir ini dapat ditambahkan ukiran nama kedua mempelai untuk menciptakan kesan yang personal.  

3. Gelas Estetik

Contoh souvenir pernikahan berikutnya yang juga bermanfaat adalah gelas. Benda ini merupakan kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang saat hendak minum air. Gelas dengan desain estetik dapat dijadikan souvenir yang indah dan bermanfaat untuk para tamu undangan di acara pernikahan.

4. Dompet Kartu

Barang kecil ini dapat membantu untuk menyimpan kartu penting. Beberapa acara pernikahan belakangan ini mulai menjadikannya sebagai souvenir.  

5. Bibit Tanaman

Belakangan ini beredar sebuah tren untuk menjadikan bibit tanaman sebagai souvenir pernikahan. Selain unik, pada kenyataannya bibit tanaman dapat bermanfaat untuk tamu undangan, karena bisa memberi kesegaran di rumah. Harganya yang terjangkau juga menjadikannya pilihan yang tepat untuk para calon mempelai. 

6. Kipas 

Tidak jarang tamu yang hadir di suatu acara pernikahan merasa kepanasan, terutama jika acaranya diadakan di tempat terbuka (outdoor party). Memberikan souvenir berupa kipas merupakan solusi nyata dari pengantin untuk tamu undangan. Dengan begitu, para tamu akan tetap merasa nyaman.   

7. Tas Belanja

Belakangan ini pengurangan penggunaan plastik marak dikampanyekan, salah satunya kantong plastik saat berbelanja. Maka dari itu, tas belanja menjadi incaran banyak orang beberapa waktu terakhir, sehingga dapat dipilih sebagai souvenir yang bermanfaat di acara pernikahan.

Deretan contoh souvenir pernikahan yang bermanfaat di atas dapat menjadi pilihan yang menarik bagi calon pengantin. Tentu setiap mempelai ingin memberikan kenang-kenangan terbaik bagi para tamu undangannya. Rekomendasi di atas dapat membantu untuk memilih benda-benda yang unik sekaligus bermanfaat.

SOUVIA