Master of Ceremony (MC) memegang peranan penting dalam suatu acara. MC tidak hanya bertugas membawa acara, tetapi juga mengatur alur acara dan menjaga komunikasi antara panitia, narasumber, dan audiens. Ketika suatu acara selesai, MC dianjurkan untuk menyampaikan kata-kata penutup MC formal. 

Menggunakan kata penutup merupakan cara yang paling disarankan untuk menutup acara yang telah selesai. Tanpa adanya penutup, audiens dan panitia akan kebingungan karena acara tiba-tiba dibubarkan. Karena itulah, sebelum mengakhiri acara, seorang MC harus memandu audiens, narasumber, dan panitia untuk menuju ke bagian penutup.

7 Contoh Teks Penutup MC Formal

Teks penutup harus terdiri dari kalimat yang sesuai dengan konteks acara dan meninggalkan kesan yang baik kepada audiens. Contoh teks penutup acara formal yang bisa dibawakan MC adalah sebagai berikut.

1. Kata Penutup Akad Pernikahan

Kami ucapkan terima kasih untuk kehadiran semua tamu undangan. Kami harap acara ini menjadi momen tak terlupakan bagi kami dan seluruh tamu yang hadir. Selamat menikmati sisa acara dan sampai jumpa lagi di resepsi.

2. Kata Penutup Acara Amal

Terima kasih untuk kedatangan semua tamu dalam acara ini. Semoga acara ini bisa terus berlanjut di masa yang akan datang dan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat. Tak lupa kami ucapkan terima kasih untuk dukungannya.

3. Kata Penutup Acara Seminar

Atas kedatangannya, kami ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya. Kami harap acara ini bisa memberikan manfaat bagi semua peserta yang hadir dan dapat menjadi momentum yang menginspirasi kita semua untuk terus belajar. 

4. Kata Penutup Acara Konferensi

Untuk kehadiran seluruh peserta, kami ucapkan terima kasih. Kami harap acara konferensi kali ini bisa memberikan semangat yang baru bagi kita semua. Semoga acara ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi kita untuk terus berinovasi ke depannya. 

5. Kata Penutup Acara Pameran

Kami ucapkan terima kasih untuk semua pengunjung yang sudah berkenan datang di acara pameran kali ini. Selamat menikmati acara pameran kali ini dan sampai jumpa lagi di acara selanjutnya. 

6. Kata Penutup Acara Konser

Terima kasih untuk kehadiran para penonton sekalian. Semoga acara ini bisa memberi kesenangan dan hiburan bagi kalian. Harap tetap berada di tempatnya dan menunggu arahan usher untuk keluar.   

7. Kata Penutup Acara Reuni

Atas kehadiran teman-teman sekalian, kami ucapkan banyak-banyak terima kasih. Semoga acara ini menjadi momen yang tak terlupakan bagi teman-teman lama sekalian. Selamat bersukacita dan sampai jumpa di reuni selanjutnya.

Contoh teks penutup MC formal ini bisa disesuaikan dengan kondisi dan suasana acara. Oleh sebab itu, tidak ada patokan untuk mengucapkan kalimat penutup, sebab tutur katanya sangat kondisional. Fungsi dari kalimat penutup sendiri adalah untuk menutup acara yang telah selesai dan akan berakhir.

SOUVIA