Dalam setiap acara, kurang lengkap rasanya jika tidak memberikan souvenir. Souvenir umumnya berupa barang. Namun, bagaimana jika makanan yang dijadikan souvenir? Hal ini tentu unik dan berkesan. Tenang saja, ada banyak jenis jajan yang cocok untuk souvenir dan bisa didapatkan dengan mudah.  

Souvenir sendiri merupakan sesuatu yang bisa dijadikan kenangan atau pengingat akan suatu memori dalam berbagai kondisi. Selain memberikan souvenir berupa barang, makanan atau minuman yang bisa menjadi alternatif untuk souvenir pernikahan. 

Selain tak biasa, tentunya souvenir berupa makanan tidak akan menumpuk menjadi barang yang tidak dipakai di rumah.  

Kumpulan Jenis Jajan yang Cocok untuk Souvenir Acara 

Berikut adalah beberapa jenis jajan yang cocok untuk souvenir acara, baik acara formal maupun acara informal. 

1. Cokelat 

Cokelat adalah salah satu jajanan yang disukai banyak orang. Rasanya yang manis (kecuali dark chocolate) dan tampilannya yang cantik tentu cocok untuk dijadikan souvenir.   

2. Kue Kering 

Kue kering merupakan salah satu makanan ringan yang juga dapat dipertimbangkan sebagai souvenir. Contohnya adalah cookies dengan rasa cokelat atau matcha, nastar keju, kastengel, dan putri salju. 

3. Popcorn

Popcorn adalah salah satu jenis camilan yang banyak diminati untuk dijadikan sebagai teman bersantai atau menonton film. Hadir dengan berbagai varian rasa, mulai asin hingga manis, popcorn tentu bisa dipertimbangkan sebagai salah satu souvenir.  

4. Permen

Selain camilan di atas, permen juga merupakan salah satu jajanan yang dapat dijadikan souvenir. Cukup dengan memoles kemasan permen dengan dekorasi lucu, seperti pita atau hiasan lainnya, tampilan permen tentu sangat cocok untuk dijadikan souvenir dalam acara.  

5. Selai

Selai adalah pelengkap makanan dengan rasa manis, yang umumnya berasal dari buah dan campuran gula. Selai bisa terlihat cantik jika diletakkan di dalam stoples kecil dan ditambahkan pita atau atribut lainnya. Jadi, tak perlu ragu untuk memberikan selai sebagai souvenir pernikahan.  

6. Macaroon

Macaroon atau yang dalam bahasa Indonesia, makarun merupakan salah satu jajanan manis kekinian dengan warna pastel yang cantik. Selain bentuknya yang menarik, rasa manis dari macaroons juga menjadi favorit banyak orang, sehingga cocok untuk dijadikan souvenir yang unik. 

7. Noodle Cup

Noodle cup atau mi instan dalam gelas adalah souvenir yang sangat berguna, karena lezat dan bisa dibawa dengan mudah untuk makan saat bepergian. Agar lebih menarik, bungkus noodle cup dalam plastik yang cukup tebal dengan teks nama pengantin serta tanggal pernikahannya. 

Itu tadi ide jajan yang cocok untuk souvenir, khususnya jika ingin memberikan souvenir yang unik dan berbeda. Kunci agar souvenir terlihat menarik terletak pada pengemasannya. Apabila tampilan luarnya tampak bagus, maka tentu souvenir tersebut akan terlihat unik dan menarik.

SOUVIA