Souvenir menjadi salah satu perhatian pasangan yang akan menggelar pesta pernikahan. Meskipun bukan sesuatu yang wajib, tetapi tidak lengkap rasanya apabila tidak ada souvenir yang dibagikan di acara pernikahan. Selain sebagai kenangan, souvenir nikah yang bermanfaat juga menjadi bentuk ucapan terima kasih kepada tamu yang telah hadir.  

Agar dapat memberikan kesan kepada tamu undangan yang datang dan souvenir yang diberikan tidak terbuang sia-sia, ada baiknya untuk memilih souvenir yang bermanfaat.  

Souvenir Nikah yang Bermanfaat bagi Tamu Undangan

Tidak hanya menarik, ada baiknya souvenir juga memiliki nilai dan fungsi bagi para tamu undangan. Berikut adalah beberapa pilihan souvenir nikah yang bermanfaat. 

1. Lanyard

Lanyard atau yang juga dikenal dengan tali ID Card, umumnya digunakan untuk meletakan ID Card dan menggantungkan tali tersebut pada leher. Memberikan lanyard kepada tamu undangan tentu akan sangat bermanfaat, khususnya bagi mereka yang bekerja. 

Selain sebagai identitas diri, lanyard juga memberikan kesan profesional. Tak hanya untuk meletakkan ID Card, lanyard juga berfungsi untuk meletakkan kartu uang elektronik, sehingga sangat penting untuk mereka yang sering bepergian.   

2. Tas Belanja

Tas belanja atau tote bag adalah ide souvenir pernikahan yang juga akan berkesan dan bermanfaat bagi tamu undangan. Namun, pastikan menggunakan bahan yang juga ramah lingkungan dan dapat didaur ulang, misalnya bahan yang terbuat dari kain goni. 

3. Lilin Aromaterapi 

Ide souvenir selanjutnya adalah lilin aromaterapi. Selain unik, souvenir ini juga akan memberikan kesan manis kepada tamu undangan. Aroma yang dihasilkan dari lilin akan memberikan rasa yang nyaman dan berguna untuk mengharumkan ruangan.

4. Payung

Payung merupakan barang yang penting, karena sangat bermanfaat pada musim hujan. Agar lebih cantik, souvenir ini bisa dikustomisasi dengan ilustrasi, nama, dan tanggal pernikahan pengantin.    

5. Botol Minum

Dalam usaha menjaga lingkungan dan mengurangi penggunaan sampah botol plastik, penggunaan botol minum atau tumbler menjadi kebutuhan bahkan gaya hidup saat ini. Oleh karena itu, memberikan souvenir botol minum merupakan ide yang menarik sekaligus bermanfaat. 

6. Sajadah Kecil

Bagi umat Islam, salah satu souvenir yang juga berguna adalah sajadah kecil. Selain bermanfaat untuk digunakan saat perjalanan, hadiah ini tentunya bisa menjadi pertimbangan karena harganya yang cukup terjangkau. 

7. Sandal Rumah

Sandal rumah bisa menjadi salah satu ide souvenir pernikahan yang bermanfaat dan tentunya berkesan. Ada beragam jenis dan model sandal rumah, mulai dari yang simpel sampai sandal rumah dengan bulu-bulu yang lucu. Silakan pilih dan sesuaikan dengan anggaran yang ada.  

Itu dia rekomendasi souvenir nikah yang bermanfaat dan memberikan kesan baik bagi tamu undangan yang datang. Pastikan juga untuk memilih souvenir nikah yang sesuai dengan anggaran yang ada, sehingga tidak memberatkan.  

SOUVIA