Hingga saat ini Jakarta masih menjadi ibu kota Indonesia. Tak heran banyak orang yang ingin mengunjungi kota ini saat liburan. Sebelum pulang ke daerah asal, para wisatawan perlu membawa pulang oleh-oleh Jakarta untuk orang-orang tersayang.  

Berdasarkan buku Makanan Khas Betawi, T. Erwin (2008:2), Jakarta sejak dahulu menjadi tempat meleburnya berbagai elemen kebudayaan, seperti Belanda, Tionghoa, Portugis, Arab, Melayu, dan India. Hal itu menjadikan suku Betawi menjadi lebih unik dan memiliki berbagai macam corak budaya.    

7 Rekomendasi Oleh-Oleh Jakarta   

Keberagaman budaya Betawi dapat dilihat dari uniknya oleh-oleh di Jakarta yang merupakan hasil perpaduan aneka budaya. Berikut adalah deretan rekomendasi oleh-oleh Jakarta.    

1. Dodol Betawi

Dodol Betawi adalah buah tangan yang wajib dibawa pulang. Dodol Betawi memiliki keunikan rasa dan tekstur kenyal yang berbeda dengan dodol dari daerah lain di Indonesia. Proses pembuatannya yang membutuhkan waktu dan kesabaran membuatnya menjadi oleh-oleh yang unik. 

2. Batik Betawi

Batik Betawi adalah kain batik khas Jakarta yang memiliki motif dan corak khusus. Motifnya sering menggambarkan budaya Betawi dan memiliki keunikan tersendiri. Oleh karena itu, batik Betawi bisa menjadi oleh-oleh yang indah dan bernilai seni tinggi.

3. Bir Pletok

Dilihat dari namanya, mungkin sebagian orang tidak percaya bahwa minum khas Betawi ini halal. Sebenarnya bir pletok tidak mengandung alkohol dan terbuat dari campuran rempah-rempah, jahe, serai, kayu manis, cengkeh, dan gula kelapa. 

Bir pletok tidak hanya merupakan minuman penyegar, tetapi juga dianggap memiliki nilai tradisional dan kesehatan, karena dapat menghangatkan tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Nama pletok sendiri datang dari bunyi pletok yang berasal dari es batu saat dimasukkan ke dalam gelas yang berisi minuman khas Betawi ini.    

4. Wayang Kulit Betawi

Terakhir adalah wayang kulit Betawi. Seperti yang diketahui, wayang kulit merupakan bentuk kekayaan budaya Indonesia dan setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri. Wayang kulit Betawi memiliki karakter dan cerita yang berbeda, sehingga dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang unik dan kultural. 

5. Roti Buaya 

Sesuai namanya, roti buaya berbentuk seperti buaya dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil sampai besar. Roti buaya dapat diisi keju, selai cokelat, atau selai buah-buahan. Roti ini melambangkan keandalan dan kesetiaan.

6. Kaus Khas Jakarta 

Kaus dengan berbagai ilustrasi khas Jakarta banyak dijual di berbagai tempat wisata. Ilustrasi yang ada di kaus itu biasanya ilustrasi ondel-ondel, Monas, atau elang bondol. 

7. Miniatur Monas 

Monumen Nasional (Monas) adalah monumen khas DKI Jakarta, sehingga banyak yang menjajakan miniatur Monas yang bisa dibawa pulang sebagai pajangan di rumah. 

Itulah berbagai oleh-oleh Jakarta yang menarik untuk dibawa pulang bagi orang-orang terkasih di rumah. Silakan pilih yang sesuai dengan preferensi masing-masing.

SOUVIA