Souvenir menjadi salah satu pelengkap dalam setiap momen pernikahan. Namun, jika anggaran sedang terbatas, maka Anda perlu mengetahui rekomendasi souvenir pernikahan yang bermanfaat berikut sebagai alternatif tanpa mengurangi kesakralan momen pernikahan nanti.  

Pernikahan merupakan momen penting dalam kehidupan yang tidak mudah dilupakan.Supaya momen ini lebih berkesan, souvenir pernikahan menjadi salah satu pilihan yang wajib dipertimbangkan oleh calon pengantin. 

Ada banyak pilihan souvenir yang dapat digunakan dalam pernikahan. Mempertimbangkan manfaat souvenir yang dipilih menjadi salah satu aspek penting yang tidak boleh dilupakan. Manfaat dari souvenir dapat membuat setiap tamu undangan mengingat momen pernikahan Anda setiap menggunakan souvenir tersebut.    

Rekomendasi Souvenir Pernikahan yang Bermanfaat 

Berikut adalah rekomendasi souvenir pernikahan yang bermanfaat tanpa banyak menguras kantong dan ramah kantong. 

1. Sabun Cair 

Ide souvenir ini selain ramah kantong, juga mudah didapatkan. Souvenir ini akan terlihat mewah dengan tambahan label nama yang unik di bungkus souvenir. Terlebih wangi sabun yang harum membuat tamu undangan akan berpikir dua kali jika ingin membuang atau menyimpannya saja. 

2. Losion Antinyamuk 

Jika Anda mencari souvenir yang antimainstream untuk pernikahan di luar ruangan, maka losion antinyamuk adalah pilihan yang tepat, karena dapat melindungi tubuh para tamu dari gangguan nyamuk. Harganya pun cukup terjangkau.  

3. Benih Tanaman

Ide souvenir ini terlihat menggelitik. Namun, bibit tanaman memiliki manfaat yang berkelanjutan bagi orang yang suka berkebun.  

Bibit tanaman, seperti: cabai, tomat, terong, dan berbagai sayuran lainnya dapat menjadi alternatif dari souvenir ini. Namun, perhatikan desain kemasan dan kualitas dari bibit tanaman supaya tidak menimbulkan kekecewaan nantinya.  

4. Paket Sedotan Besi  

Paket sedotan besi sangat bermanfaat bagi tamu yang sering membeli minuman di luar rumah. Paket ini umumnya memuat 3 jenis sedotan, mulai dari yang paling kecil hingga paling besar beserta sikat pembersihnya. 

5. Gelas 

Gelas masih menjadi favorit yang sering dijadikan sebagai souvenir pernikahan. Segi kebermanfaatannya pun tak perlu diragukan lagi.

Banyak pilihan gelas yang dapat dijadikan sebagai inspirasi souvenir. Misalnya gelas enamel, sejenis cangkir klasik yang terbuat dari seng.Anda dapat memilih berbagai pilihan gelas yang ada sesuai dengan anggaran yang dimiliki. 

6. Handuk Kecil

Rekomendasi souvenir selanjutnya adalah handuk kecil. Anda dapat mengustomisasinya dengan karakter yang unik. Akan tetapi, jika Anda ingin yang lebih praktis, maka Anda dapat mengikatnya dengan plastik transparan agar terlihat lebih mewah, tetapi tetap ramah kantong. 

7. Centong Kayu 

Terlihat klasik, centong kayu sangat bermanfaat bagi kehidupan rumah tangga. Anda dapat memilih centong kayu dengan berbagai model dan ukuran yang menarik untuk dijadikan sebagai souvenir.  Supaya terlihat lebih estetik, Anda dapat menambahkan ukiran nama pengantin dan mengemasnya dengan kemasan yang menarik.

Itulah 7 rekomendasi souvenir pernikahan yang bermanfaat dan ramah kantong. Pilihlah yang sesuai anggaran dan preferensi mayoritas tamu.  

SOUVIA