Souvenir biasanya dibungkus menggunakan kain berbahan halus agar terlihat lebih menarik. Bagi yang baru pertama kali membungkus souvenir, mungkin memiliki pertanyaan bahan halus yang digunakan untuk kantong bungkus souvenir adalah apa. 

Souvenir sendiri kerap dibungkus menggunakan kantong khusus agar lebih rapi. Hal ini bermaksud untuk menambah keindahan dan estetika dari souvenir tersebut, sehingga bisa membuat penerimanya jadi lebih senang.

Walau kerap dibungkus menggunakan kantong tambahan, ada banyak jenis bahan kantong yang digunakan untuk membungkus souvenir. Mulai dari kantong yang berbahan kertas, plastik, mika, hingga kain. Setiap bahan kantong tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Bahan Halus yang Digunakan untuk Kantong Bungkus Souvenir 

Bagi yang akan membagikan souvenir dan membungkusnya agar lebih rapi, maka penting untuk tahu bahan yang digunakan untuk membungkusnya. Biasanya bahan kantong yang digunakan adalah bahan yang halus. Lantas, apa bahan halus yang digunakan untuk kantong bungkus souvenir?

Nama bahan halus yang digunakan untuk kantong bungkus souvenir adalah kain yang bernama kain tile. Kain ini memiliki tekstur halus dan kerap digunakan untuk membungkus souvenir yang ada di berbagai acara.

Kain tile sendiri merupakan kain lembut yang memiliki lubang rapat seperti jaring. Umumnya, kain tile ini akan dijahit membentuk kantung untuk dijadikan bungkus souvenir. Agar lebih menarik lagi, kain ini bisa dipadukan dengan pita hias yang berwarna senada. 

Kantong yang terbuat dari kain tile cocok untuk produk yang tebal dan keras. Hal ini dikarenakan tekstur kain tile dapat melembutkan sisi keras dari produk yang ada di dalam kantong. 

Cara Membuat Kain Tile Menjadi Bungkus Souvenir 

Untuk bisa menjadikan kain tile sebagai kantong bungkus souvenir, lakukan langkah-langkah di bawah ini. 

Siapkan bahan berikut:

  • Kain tile, 
  • Pita,
  • Meteran kain atau penggaris, 
  • Gunting khusus kain,
  • Peniti,
  • Alat jahit atau mesin jahit. 

Cara membuatnya:

  1. Siapkan kain tile yang akan dijadikan kantong. Sesuaikan kain tile tersebut dengan ukuran kantong yang diinginkan. Umumnya kantong untuk souvenir berukuran 22 cm x 30 cm.
  2. Jahit keliling kain tile tersebut hingga menyerupai bentuk kantong. 
  3. Apabila bagian badan kantong sudah selesai dijahit, maka buat selongsong serut dengan melipat sisa kain bagian atas untuk membentuk lubang dan jahit bagian tersebut.
  4. Pastikan sisi selongsong lainnya tidak ikut terjahit agar pita yang akan dijadikan serutan bisa masuk.
  5. Setelah selesai, potong pita untuk dijadikan tali serut dan masukkan ke selongsong kantong yang telah dibuat. Untuk mempermudah pemasangannya, gunakan peniti di ujung pita untuk memasukkan pita ke dalam selongsong.
  6. Anda juga bisa menambahkan pita di bagian depan kantong sebagai hiasan tambahan.
  7. Selesai, kantong souvenir dari kain tile telah berhasil dibuat.

Membuat kantong souvenir dari bahan kain tile ini bisa dilakukan menggunakan mesin jahit maupun dijahit dengan tangan. Namun, jika ingin lebih mudah, maka Anda bisa membelinya di toko souvenir maupun online marketplace. Tersedia berbagai jenis kantong souvenir yang bisa dipilih sesuai keinginan. 

Kesimpulannya, bahan halus yang digunakan untuk kantong bungkus souvenir adalah kain tile. Lakukan langkah-langkah di atas untuk membuat kain tersebut menjadi kantong bungkus souvenir

SOUVIA