Pernikahan adalah peristiwa sakral sekali seumur hidup. Ada banyak hal yang melekat dalam perayaan momen pernikahan ini, termasuk souvenir. Bagi calon pasangan pengantin, perlu diketahui apa itu souvenir pernikahan untuk menjadi hal yang perlu dipersiapkan sebelum hari bahagia. 

Dikutip dari Jurnal Pariwisata Parama, Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, and Accessibility, Potensi Pengembangan Souvenir di Sulawesi Tengah, Edy Semara Putra (2021, 17), souvenir merupakan buah hasil kerajinan tangan dari bahan-bahan di sekitar yang dapat menghasilkan nilai jual.   

Apa itu Souvenir Pernikahan?

Souvenir dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti kenang-kenangan atau pemberian istimewa. Lantas, apa itu souvenir pernikahan? Souvenir dalam pernikahan adalah kado kecil istimewa yang diberikan kepada semua tamu yang hadir dalam sebuah acara pernikahan.

Pada umumnya, souvenir pernikahan berbentuk kecil dan berupa barang serbaguna yang tidak akan habis dimakan. Souvenir dapat berupa bibit kecil, peralatan makan, gelas, dan lain sebagainya. 

Makna Souvenir Pernikahan

Diambil dari pengertiannya, souvenir pernikahan memiliki makna mendalam sesuai acara pernikahan yang merupakan peristiwa bersejarah bagi perjalanan cinta pasangan mempelai. Souvenir pernikahan menjadi sebuah simbol hari kebahagiaan sepasang kekasih yang melangsungkan ikatan pernikahan.  

Souvenir pernikahan juga menjadi bukti kecil yang dimiliki oleh semua hadirin yang menghadiri dan menyaksikan pernikahan. Selain itu, souvenir pernikahan juga bermakna sebagai ucapan terima kasih berkat cinta, doa, dan restu dari tamu yang datang untuk pasangan pengantin.

Fungsi Souvenir Pernikahan

Setelah memahami pengertian dan makna souvenir pernikahan, berikut adalah fungsi dari souvenir pernikahan. 

1. Pengikat Hubungan

Di dalam acara pernikahan, souvenir berfungsi untuk mengikat hubungan yang sehat antara pasangan pengantin dengan tamu yang hadir. Tamu akan mengingat momen pernikahan mereka dari souvenir yang diterima pada saat menghadiri acara pernikahan.

2. Tanda Terima Kasih

Dalam acara pernikahan, pasangan pengantin dapat mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam atas kehadiran setiap tamu lewat pemberian souvenir yang berkesan. Maka dari itu, souvenir pernikahan umumnya dikustomisasi dengan nama atau insial kedua mempelai, tanggal pernikahan, dan ilustrasi keduanya.  

Jenis-Jenis Souvenir dalam Pernikahan

Terdapat berbagai jenis souvenir pernikahan yang bisa dijumpai di masyarakat di pasaran, antara lain:  

1. Barang-Barang Praktis

Souvenir pernikahan kebanyakan berbentuk barang yang praktis dan bisa digunakan dalam keseharian. Barang ini bisa berupa botol minum, alat memasak, alat makan, dan gelas estetik yang memuat elemen pernikahan. 

2. Kerajinan Tangan (Handmade) 

Tak sedikit pasangan pengantin yang memilih benda hasil kerajinan tangan atau handmade sebagai souvenir pernikahan. Benda ini bisa terbuat dari berbagai macam bahan, sePerti: kain flanel, benang wol, manik-manik, dan lain-lain.  

3. Buku dan Alat Tulis

Jenis souvenir pernikahan yang selanjutnya adalah buku dan alat tulis. Dalam hal ini, tamu akan mendapatkan souvenir berupa buku catatan kecil atau sedang beserta pulpen atau pensil yang bisa digunakan untuk keperluan mencatat berbagai hal penting dalam kehidupan sehari-hari. 

4. Biji Tanaman  

Souvenir selanjutnya adalah bibit tanaman. Souvenir unik ini sangat menyenangkan bagi para pencinta tumbuhan. Contohnya: biji bunga matahari yang dikeringkan dan dikemas dalam kantung kecil yang cantik.    

5. Tanaman

Jenis tanaman yang paling umum dijadikan souvenir adalah kaktus dan sukulen. Selain mudah ditanam dalam berbagai media, bentuknya pun lucu dan unik, sehingga sangat cocok untuk mengenang hari pernikahan yang bersejarah.

Demikian penjelasan lengkap tentang apa itu souvenir pernikahan. Bagi pasangan yang hendak membuat pesta hari pernikahan, bisa mulai menentukan souvenirnya dari sekarang. 

SOUVIA