Souvenir sudah sering ditemukan dalam berbagai acara. Namun, pernahkan terpikir apa itu souvenir? Biasanya souvenir dapat berupa barang yang diberikan saat seseorang mengunjungi sebuah tempat atau acara spesial.

Souvenir dapat mencerminkan atau mendukung sebuah acara baik bagi individu, lembaga, tempat tertentu, maupun perusahaan. Berikut ini akan dijelaskan pengertian dari souvenir, jenis dan kegunaannya. 

Apa Itu Souvenir?

Apa itu souvenir? Dikutip dari artikel ilmiah Perancangan Suvenir Pelepasan Wisuda Berciri khas Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta, S Prasetyo Wibowo (2016:1), souvenir berasal dari kata Prancis yang memiliki arti ‘untuk mengenang’. Kata ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris yang berarti pengingat akan sebuah objek tertentu.

Objek yang dimaksud dapat berupa tempat, peristiwa, acara, maupun orang tertentu. Souvenir dapat membuat seseorang mengenang objek itu kembali. 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) daring, souvenir atau dalam bahasa Indonesianya suvenir adalah tanda mata atau kenang-kenangan. Dalam sebuah acara, keberadaan souvenir dinilai sangat penting.  

Ketika sebuah lembaga menyelenggarakan acara, memberikan souvenir kepada tamu undangan merupakan hal penting sebagai media promosi dan kenang-kenangan karena sudah menghadiri acara tersebut.

Pada mulanya souvenir adalah hasil kerajinan tangan dari kreativitas para pengrajin yang mampu menghasilkan barang-barang yang tidak menarik menjadi produk yang berguna bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata.

Namun, seiring perkembangan zaman, souvenir tidak hanya berperan sebagai kerajinan tangan dari tempat tertentu saja, melainkan juga menjadi cendera mata untuk berbagai acara spesial, termasuk pernikahan dan ulang tahun. 

Jenis-Jenis Souvenir

Setelah mengetahui pengertian souvenir, berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis souvenir berdasarkan dari tujuan pemberian souvenir tersebut. 

  1. Souvenir Pernikahan

Ketika melangsungkan pesta pernikahan, biasanya pengantin akan memberikan hadiah berupa souvenir pernikahan yang berkesan kepada para tamu sebagai ungkapan terima kasih atas kedatangannya. Souvenir pernikahan dapat berupa pouch kecil, tas belanja, dompet, gelas, kipas tangan, kain, dan lain sebagainya. 

  1. Souvenir Wisuda

Souvenir wisuda dapat diberikan kepada teman sebagai hadiah dan tanda kelulusan yang berkesan. Perguruan tinggi atau sekolah juga dapat memberikannya kepada para pelajarnya sebagai bentuk apresiasi karena telah menyelesaikan studi dengan baik. Souvenir ini dapat berupa piagam, plakat, maupun cendera mata khusus dengan lambang universitas atau sekolah. 

  1. Souvenir Ulang Tahun

Souvenir ulang tahun dibuat ketika seseorang merayakan ulang tahun sebagai tanda terima kasih kepada tamu yang telah ikut merayakan dan memeriahkan hari bahagianya. Biasanya souvenir ini dapat berupa tas karakter, tumbler, payung lipat, mug, alat lukis, kotak makan, dan lain sebagainya.  

  1. Souvenir Perusahaan

Souvenir perusahaan diberikan untuk menumbuhkan semangat karyawan pada suatu perusahaan. Biasanya beberapa perusahaan menyediakan corporate hampers bagi karyawan baru atau saat ada event. Souvenir ini dapat berupa payung, tas kerja, tas laptop, dan notebook yang berlambangkan logo perusahaan.    

Kegunaan Souvenir

Souvenir memiliki kegunaan yang penting dalam berbagai kondisi, berikut adalah beberapa kegunaan souvenir

  1. Sebagai Bentuk Ucapan Terima Kasih

Souvenir memiliki kegunaan sebagai bentuk ucapan terima kasih baik bagi perorangan maupun perusahaan. Hal ini dimaksudkan untuk mempererat hubungan yang lebih baik. 

  1. Sebagai Kenang-Kenangan

Souvenir menjadi kenang-kenangan bagi setiap tamu yang hadir pada acara-acara tertentu. Tujuannya adalah agar peristiwa menarik itu dapat selalu diingat.   

  1. Sebagai Media Pengenalan Produk Perusahaan

Produk menjadi bagian yang penting dalam sebuah perusahaan. Menjadikan produk perusahaan sebagai souvenir dapat mempromosikan produk dan membuat calon pembeli mengingat produk tersebut.  

  1. Sebagai Bentuk Apresiasi  

Souvenir juga memiliki kegunaan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan baik kepada siswa berprestasi, karyawan terbaik, apresiasi kelulusan kuliah, dan lain sebagainya.  Setelah mengetahui apa itu souvenir, jenis, dan kegunaannya, ternyata di sisi lain souvenir juga dapat menjadi media promosi yang menarik dan efektif bagi banyak kegiatan. Souvenir dapat menciptakan kedekatan secara personal antara pemberi maupun penerima, karena bisa menciptakan momen tak terlupakan. 

SOUVIA