Apa itu webinar menjadi salah satu pertanyaan yang muncul di kalangan orang yang baru pertama kali mendengar istilah tersebut. Istilah ini memang sering dibicarakan setelah banyak kegiatan mulai dilakukan secara online dengan bantuan internet, salah satunya webinar. 

Berbagai kegiatan yang dilakukan secara online ini merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Seiring kemajuan teknologi, berbagai kegiatan, salah satunya webinar, bisa dilakukan secara online. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menyampaikan berbagai informasi. 

Apa Itu Webinar? Ini Penjelasan Lengkapnya 

Untuk menjawab pertanyaan apa itu webinar, maka penting untuk mengetahui pengertian dari istilah tersebut terlebih dahulu. Webinar merupakan akronim dari kata web dan seminar, sehingga ketika digabungkan, menjadi webinar.  

Arti dari kata web menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring (KBBI Daring) adalah sistem untuk mengakses dokumen dalam komputer yang dihubungkan melalui internet. Sementara arti kata seminar adalah pertemuan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli, seperti: guru besar, pakar, dan sebagainya.

Dari arti dua kata tersebut, dapat disimpulkan bahwa webinar adalah seminar yang dilakukan secara online. Dengan demikian, para peserta maupun pengisi seminar tidak perlu datang langsung ke suatu tempat untuk menghadirinya, melainkan bisa hadir dari mana saja selama ada akses internet.    

Biasanya webinar diadakan oleh suatu organisasi untuk membahas suatu permasalahan atau topik. Pada webinar ini turut hadir pembicara yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan topik yang akan dibahas.  

Kehadiran webinar ini tentu memudahkan masyarakat untuk mengikuti berbagai seminar secara online tanpa perlu pergi jauh ke suatu tempat. Cukup dengan mengikuti seminar melalui perangkat yang dapat terhubung dengan internet seperti laptop atau ponsel pintar, maka para peserta bisa mengikuti seminar dengan mudah.

Cara Kerja Webinar 

Setelah mengetahui definisi dari webinar, maka cara kerja dari webinar ini juga tidak kalah penting untuk diketahui. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, webinar merupakan seminar yang dilakukan secara online. Jadi, cara kerjanya juga dilakukan secara online, mulai dari pendaftaran hingga pengadaannya.  

Umumnya webinar dilakukan melalui aplikasi konferensi video, seperti Zoom atau Google Meet. Melalui layanan konferensi video tersebut, para peserta seminar dapat melihat pembicara menyampaikan materi dan membaca materi secara langsung melalui dokumen atau tautan yang diberikan.

Seperti seminar pada umumnya, webinar juga diadakan secara terjadwal. Demi kelancaran webinar, panitia akan menentukan susunan acara sesuai waktu yang disepakati. Dengan demikian, para peserta seminar dapat hadir secara online sesuai waktu yang telah ditentukan.

Umumnya, pada kegiatan webinar juga terdapat moderator yang membantu pembicara dalam menyampaikan materi. Tersedia juga sesi tanya jawab dan diskusi, sehingga peserta bisa bertanya kepada pembicara dan komunikasi dua arah pun dapat terjalin. 

Itu dia jawaban dan penjelasan dari pertanyaan apa itu webinar yang bisa menambah wawasan mengenai teknologi yang kian berkembang. Dengan kemudahan teknologi, berbagai kegiatan tetap bisa dilakukan dengan lebih praktis, termasuk webinar.

SOUVIA