Pernahkah muncul pertanyaan dalam benak Anda tentang apa makna dari souvenir pernikahan yang sebenarnya? Tanpa adanya souvenir, maka acara resepsi pernikahan akan kurang berkesan. 

Di dalam KBBI, souvenir atau bentuk bakunya suvenir sendiri adalah tanda mata atau kenang-kenangan. Kata souvenir lebih sering dipakai karena adanya pengaruh dari maraknya penggunaan bahasa Inggris. 

Apa Makna dari Souvenir Pernikahan?

Souvenir pernikahan merupakan kenang-kenangan yang menggambarkan kebahagiaan dan harapan pasangan pengantin. Apa makna dari souvenir pernikahan akan terjawab melalui empat hal berikut ini. 

1. Makna Cinta 

Cinta dan kasih sayang pasangan pengantin yang mekar bisa disimbolkan dalam bentuk souvenir yang diterima tamu undangan.

Souvenir dalam pernikahan menunjukkan bahwa pasangan pengantin ingin berbagi cinta dan kasih sayang mereka kepada para tamu undangan yang telah menyaksikan dan mendukung pernikahan mereka. 

2. Makna Rasa Syukur 

Souvenir pernikahan menunjukkan bahwa pasangan pengantin merasa bersyukur dan berterima kasih kepada para tamu undangan yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk hadir di acara pernikahan mereka. 

3. Makna Penghormatan 

Souvenir dalam pernikahan adalah bentuk penghargaan dan penghormatan pasangan pengantin. Souvenir dalam pernikahan menunjukkan bahwa pasangan pengantin menghargai dan menghormati para tamu undangan yang telah memberikan doa, dukungan, dan nasihat untuk pernikahan mereka. 

4. Makna Hubungan Baik 

Souvenir dalam pernikahan adalah cara mempererat hubungan baik pasangan pengantin dengan para sahabat mereka. 

Souvenir dalam pernikahan menunjukkan bahwa pasangan pengantin ingin menjalin hubungan persahabatan yang baik dan harmonis dengan para tamu undangan yang mungkin merupakan keluarga, sahabat, dan rekan kerja mereka.  

Tips Memilih Souvenir di Pernikahan Anda 

Memilih souvenir pernikahan yang tepat tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh pasangan pengantin sebelum memutuskan souvenir pernikahan yang akan diberikan. Berikut adalah beberapa tips memilih souvenir pernikahan.  

1. Tentukan Tema Pernikahan 

Tema pernikahan akan membantu Anda menentukan souvenir pernikahan yang sesuai dengan konsep dan suasana pernikahan. 

Misalnya, jika Anda mengadakan pernikahan dengan tema vintage, maka Anda bisa memilih souvenir pernikahan yang berbentuk barang-barang antik atau klasik. 

2. Tentukan Budget  

Budget Anda akan menentukan jumlah dan kualitas souvenir pernikahan yang bisa dibeli atau dibuat. Anda bisa mencari souvenir pernikahan yang unik dan murah dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan. 

3. Tentukan Jumlah Tamu Undangan  

Jumlah tamu undangan akan menentukan jumlah souvenir pernikahan yang harus Anda siapkan. Anda bisa memperkirakan jumlah tamu undangan  dengan mengirimkan undangan pernikahan sebelumnya. Untuk berjaga-jaga, Anda juga bisa menyiapkan souvenir pernikahan cadangan.   

4. Tentukan Ukuran dan Bentuk Souvenir Pernikahan  

Ukuran dan bentuk souvenir pernikahan akan menentukan kemudahan dan kenyamanan dalam menyimpan dan membagikan souvenir pernikahan. 

Anda bisa memilih souvenir pernikahan yang berukuran kecil dan ringan agar mudah dibawa dan disimpan. Pastikan juga untuk memilih souvenir pernikahan yang tidak mudah rusak.

Itulah penjelasan mengenai apa makna dari souvenir pernikahan sekaligus tips memilihnya. Selamat menyiapkan souvenir pernikahan yang bermakna untuk acara spesial Anda! 

SOUVIA