Bulan Ramadan akan tiba sebentar lagi. Selain persiapan makanan menjelang datangnya bulan puasa, masyarakat juga memiliki tradisi saling memberikan bingkisan / hampers sebelum bulan Ramadan. 

Sudahkah Anda mempersiapkan Hampers Ramadan terbaik Anda? Mari kita simak beberapa tips mempersiapkan Hampers Ramadan terbaik, agar sampai di tangan penerima dengan sempurna!

1. Tentukan jenis hampers

aneka kue kering untuk hampers Ramadan

Hal paling pertama dalam menyiapkan hampers terbaikmu adalah dengan menentukan jenis atau isi hampers. Jenis hampers akan menentukan pula wadah yang akan digunakan untuk menata isi hampers, cara penataan atau pembungkusan, serta waktu dalam perjalanan. Hampers makanan segar dengan makanan kaleng atau kering tentu memiliki batas waktu dalam perjalanan yang berbeda. Begitu pula dengan jenis hampers yang disesuaikan dengan momen pengiriman hampers. 

Bagi Anda yang ingin memberikan hampers menjelang Ramadan ini, tentunya jenis atau isi hampers Anda harus menyesuaikan dengan momen bulan Ramadan, bulan Puasa atau menjelang Lebaran.

Ide isi hampers ramadan juga dapat Anda temukan di link yang sudah di informasikan oleh tim Souvia di link ini.

2. Siapkan daftar atau list penerima hampers

lembaran kertas berisi kolom daftar atau list

Buatlah daftar nama siapa saja yang akan menerima Hampers Ramadan Anda. Sahabat dekat, Saudara atau Kerabat, Keluarga dan Orangtua atau Mertua, Rekan Kerja maupun Kolega Bisnis. Daftar ini tentu akan membantu untuk estimasi budget atau pengeluaran yang akan Anda habiskan. Daftar penerima juga akan membantu Anda untuk memprioritaskan pengiriman yang pertama dikirim hingga terakhir dikirim.

3. Tentukan budget per hampers

ilustrasi menggunakan kalkulator untuk menghitung budget pengeluaran. Contohnya pengeluaran untuk hampers Ramadan.

Setelah Anda membuat daftar penerima hampers yang Anda kirim, tentukanlah budget pengeluaran Anda untuk masing masing hampers. Menentukan budget menjadi sangat penting karena pertimbangan sisi ekonomis yakni dengan mempersiapkan Hampers Ramadan Anda sendiri, tidak membeli dari penjual tertentu. 

Menentukan budget akan memudahkan kita dalam perhitungan belanja isi hampers. Jangan belanja melebihi budget yang sudah ditentukan. Tentukan budget hampers Anda namun tak lupa hitung juga untuk biaya packing atau kemasan dan ongkos kirim.

Dengan perhitungan detail, pengeluaran pun akan sesuai dan Anda akan puas dalam menyiapkan Hampers Ramadan terbaik Anda.

4. Belanja isi hampers

ilustrasi keranjang belanja di tempat perbelanjaan.

Tujuan utama dari menyiapkan Hampers Ramadan Anda sendiri adalah untuk berhemat dan tentunya juga agar mendapatkan hampers dengan isi terbaik dan sesuai budget. Tempat belanja isi hampers Anda menjadi faktor penting dalam berhemat. Pilihlah tempat belanja yang menjual semua isi hampers Anda dalam satu lokasi. Selain akan memudahkan, pemilihan tempat belanja dalam satu lokasi akan lebih memudahkan pengiriman belanjaan dan lebih hemat ongkos.

5. Siapkan tempat atau wadah

kue kering di dalam kemasan warna-warni

Siapkan wadah atau tempat untuk hampers dengan ukuran yang sesuai dengan banyaknya isi hampers. Sebaiknya wadah yang digunakan tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Gunanya, agar hampers terlihat maksimal dalam ruang, tidak terlalu kelihatan ‘kosong’ atau malah tidak muat dan sulit untuk disusun. 

Wadah hampers bermacam macam bentuknya, bisa dengan bahan dari karton atau dus, dapat juga berupa anyaman rotan, ataunpun jenis box box lainya. 

Wadah yang sesuai akan membuat Hampers Ramadan Anda menjadi layak untuk dikirimkan.

6. Siapkan peralatan penunjang kreasi membentuk hampers

gambar gunting, benang, dan amplop untuk menambah pernak pernik bingkisan Ramadan

Anda gemar berprakarya? Pekerjaan menyusun dan membungkus hampers berarti merupakan salah satu kegiatan menarik nan menyenangkan bagi mereka yang gemar berkreasi. 

Sebelum memulai membungkus Hampers Ramadan kita, ada baiknya untuk mencari atau mendapatkan inspirasi bentuk hampers yang sesuai. Dengan mendapatkan inspirasi, tahap persiapan membuat hampers pun akan menjadi semakin details.

Perlengkapan bungkus kado kecil seperti gunting, lem, pita, double-tape, Isolasi, plastik atau wrap atau kain tule sebagai pembungkus hampers, serta berbagai pernak pernik lainnya sesuai selera Anda.

7. Siapkan Packaging terbaikmu

Hampers dengan kemasan yang cantik dan isi yang memukau tentu akan sangat berkesan bagi penerimanya. Susunlah isi hampers Anda pada wadah, lalu bungkus bingkisan Anda secara artistik. Rekatkan bagian yang belum menempel, lalu tempelkan hiasan-hiasan yang Anda sukai. Hampers pun siap untuk dikirim!

8. Berikan kartu ucapan terbaikmu

Jangan lupa berikan kartu ucapan sendiri untuk menyempurnakan Hampers Ramadan Anda. Selain hemat budget, membuat kartu ucapan Hampers Anda sendiri juga bisa memberikan kesan istimewa kepada penerimanya. Kita bisa menulis tangan agar menambah kesan lebih pribadi. Tuliskan kalimat tujuan yang akrab, ucapkan selamat atas momen saat pemberian Hampers, terakhir tambahkan nama pengirim. Kartu ucapan spesial kamu akan terasa spesial.

9. Hampers siap dikirim

ilustrasi paket hampers sampai di depan rumah diantar oleh kurir paket.

Lakukan hal yang sama untuk setiap hampers yang akan Anda kirim.  Susu nisi hampers dalam wadah, lalu bungkus dengan rapi. Atur rute  perjalanan jika Anda akan mengirimkannya sendiri. Atur pula waktu pengiriman untuk hampers. Semakin riskan isi hampers Anda dalam perjalanan yang lama maka waktu tempuh pengiriman harus semakin diperhatikan.

Bagaimana? Mudah bukan untuk menyiapkan Hampers Ramadan terbaik Anda? Tim Souvia, #YourTrustedSouvenir menyediakan berbagai souvenir yang dapat Anda gunakan sebagai isi hampers. Hampers yang berkesan bagi penerima adalah hampers yang dikirimkan dari hati serta di bungkus dengan cantik untuk diberikan di momen spesial.

Jika Anda membutuhkan souvenir dan merchandise untuk seminar seperti paket seminar, paket seminar kit, paket seminar kit ekslusif, paket sponsorship seminar, souvenir perusahaan, souvenir instansi, dan berbagai keperluan seminar lainnya, SOUVIA Group (paketseminar.com, tasgoodiebag.com, souvia.co.id) menyediakan serta menjual berbagai pilihan souvenir yang dapat menunjang keberlangsungan acara Anda. Temukan produk souvenir sesuai kebutuhan dengan kualitas terbaik dan pengerjaan tepat waktu.

Untuk Informasi, konsultasi dan pemesanan, Silahkan hubungi  sales kami di: