Teks MC pembukaan acara dibutuhkan sebagai pedoman saat akan memulai suatu acara. Hal ini bisa membantu MC (pembawa acara) untuk mengetahui siapa saja tamu undangan yang hadir dan memang harus diberikan penghormatan. 

Istilah pembawa acara merupakan terjemahan bebas dari istilah Master of Ceremony (MC), dikutip dari laman staffnew.uny.ac.id. MC merupakan pemandu yang memimpin dan mengondisikan acara secara menyeluruh. Maka dari itu, kemeriahan suatu acara memang sepenuhnya tergantung dari bagaimana MC membawakan acara tersebut.   

Acara sendiri juga terdiri 3 jenis, yakni: dari formal, semi formal, dan nonformal. Acara formal merupakan acara resmi dan biasanya memiliki kaidah khusus. Sementara acara semi formal bisa dibawakan secara resmi dengan unsur yang masih fleksibel. Terakhir, acara nonformal biasanya tidak memiliki kaidah khusus, sehingga sangat fleksibel.  

Teks MC Pembukaan Acara

Berikut adalah beberapa contoh teks MC pembukaan acara yang bisa dijadikan sebagai referensi. 

1. Teks MC Acara Pertemuan Rutin (Formal) 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi! Salam sejahtera bagi kita semua, Shalom, Oom Swastiastu, Namo Buddhaya, Wei De Dong Tian, Salam kebajikan. 

Yang kami hormati, Ketua DWP Provinsi Jawa Timur, pengurus DWP Provinsi Jawa Timur, dan anggota DWP Provinsi Jawa Timur yang berbahagia. 

Kami ucapkan selamat datang di acara pertemuan rutin DWP Provinsi Jawa Timur pada Ju’at, 15 April 2024 dengan tema tips puasa sehat ala Rasulullah. 

Perkenalkan saya, Ny. Rosi Priadi bertugas sebagai Master of Ceremony akan membacakan susunan acara pada pagi hari ini. 

1. Pembukaan

2. Pembacaan doa 

3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars DWP

4. Sambutan-sambutan

5. Seminar

6. Penyerahan souvenir dan foto bersama

7. Penutup

Baiklah, sebelum acara ini dimulai, marilah kita buka acara pagi hari ini dengan membaca basmallah bersama-sama. Bismillahirrahmanirrahim. Semoga acara hari ini dapat berlangsung sesuai yang kita harapkan. Aamiin aamiin Ya Rabbal Alamin. 

2. Teks MC Family Gathering (Semiformal) 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua. 

Kami ucapkan selamat datang di acara Family Gathering Komunitas Pencinta Buku dengan tema membaca merupakan harta berharga. 

Perkenalkan, saya Rina yang akan bertugas sebagai MC dan memandu acara pada pagi hari ini. Sebelumnya, izinkan saya untuk membacakan susunan acara pada siang hari ini. 

1. Pembukaan

2. Doa

3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya

4. Sambutan

5. Ice breaking

6. Sekilas tentang komunitas

7. Fun games

8. Ramah tamah

9. Penutup

Sebelum acara dimulai, marilah kita buka acara hari ini dengan cara Islam yakni membaca basmallah bersama-sama. Bismillahirrahmanirrahim.. Semoga acara yang kita nantikan ini bisa berlangsung sesuai yang diharapkan. Aamiin aamiin Ya Rabbal Alamin.   

3. Teks MC Pembukaan Acara Ultah (Nonformal) 

Assalamu’alaikum. Haloo! Selamat pagi semuanya! Selamat datang di acara sweet seventeen teman kita tercinta Celia Devina Atmaja. 

Pastinya di acara ini kita bakalan seru-seruan bareng sambil menikmati momen sweet seventeen Celia. 

Nah, tak kenal maka tak sayang, ya. Kenalin, nama kakak Hani. Hari ini Kak Hani bertugas sebagai MC yang bakalan ajak bareng temen-temen semua seru-seruan.  

Sebelum dimulai, Kak Hani bacain dulu ya susunan acara sweet seventeen Celia. 

1. Pembukaan 

2. Sambutan

3. Ice breaking

4. Pemotongan kue dan photo session

5. Fun game

7. Ramah tamah

8. Penutup

Sebelum kita mulai, ayo kita buka acara pada sore hari ini dengan bacaan basmallah bersama-sama. Bismillahirrahmanirrahim.. Semoga acara sweet Seventeen Celia bisa menjadi momen indah yang bakalan dikenang sampai dewasa nanti. Amin. 

Itulah tadi contoh teks MC pembukaan acara yang bisa dijadikan sebagai referensi. Pada dasarnya, pembukaan bergantung pada jenis acara yang akan berlangsung, apakah formal, semiformal atau nonformal. 

SOUVIA