Kalender yang berfungsi sebagai penanda hari. Kini, berfungsi juga sebagai souvenir menarik yang tak membosankan. Bagaimana membuatnya?

Dalam keseharian, kalender merupakan salah satu barang yang vital. Fungsinya sebagai pengingat waktu digunakan dalam perencanaan kegiatan sederhana hingga penting.

Agar hari penting atau besar tak terlewatkan, Anda perlu memberi catatan khusus pada kalender. Selain fungsinya yang pokok, kalender juga digunakan sebagai media promosi suatu produk.

Kalender yang digunakan oleh hampir semua orang akan disimpan selama satu tahun. Tentu menjadi kesempatan besar bagi perusahaan untuk memberikan informasi produk kepada calon konsumen dan pelanggan setia.

Kalender harus dibuat unik supaya menjadi item favorit penerima. Karena digunakan setiap hari, tampilan kalender harus dibuat tak membosankan. Hal ini merupakan pekerjaan rumah bagi pembuat kalender. Souvia akan membagikan ide membuat souvenir kalender unik. Apa saja? Simak yuk!

1. Souvenir Kalender Abadi

ide souvenir kalender unik kalender abadi

Kalender tak hanya bisa digunakan dalam setahun. Anda bisa membuatnya abadi. Baru diganti setelah rusak. Biasanya kalender ini digunakan dalam souvenir pernikahan dengan inisial nama mempelai.

Kalender abadi yang paling banyak digunakan terbuat dari kayu yang berbentuk dadu. Dalam satu rangkaiannya, kalender abadi terdiri dari angka dan nama bulan. Untuk mengganti tanggal pada kalender dadu, Anda perlu membalik dadu agar angka pada permukaan dadu sesuai dengan tanggal yang berlaku.

Untuk jenis kalender abadi lainnya, lembaran angka terbuat dari logam atau plywood tipis. Logam atau plywood digabungkan mengggunakan cincin besar, lalu dibingkai menggunakan kayu. Untuk mengganti tanggalnya, lembaran angka cukup dibalik. Souvenir kalender unik ini bisa digunakan sebagai hiasan di meja atau lemari pajangan.

2. Kalender Duduk dengan Dudukan Kayu

ide souvenir kalender unik kalender dudukan kayu

Souvenir kalender yang dibagikan biasanya memiliki model yang sama. Untuk model ini kalender menggunakan dudukan atau penopang yang terbuat dari kertas dengan ketebalan 210 gsm. Lembaran bulan menggunakan jilid spiral agar bisa dibolak-balik.

Untuk tampilan yang lebih menawan dan estetik, Anda bisa mencoba membuat kalender duduk yang menggunakan penopang kayu. Kalender duduk dengan tatakan kayu akan membuatnya menjadi souvenir kalender unik.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan stand mini untuk memajang halaman kalender. Stand mini merupakan bentuk kecil dari stand yang biasanya digunakan untuk memajang lukisan atau foto.

3. Kalender dengan Ruang Catatan

Terkadang inspirasi atau membuat jadwal penting datang secara mendadak saat melihat kalender atau berdiskusi. Agar tak lupa, hasil diskusi atau inspirasi tersebut ditulis di kertas atau buku agenda. Anda bisa menyiasati hal ini dengan membuat kalender yang dilengkapi dengan ruang untuk menulis (ruang catatan).

Ruang catatan pada kalender mempermudah penerima kalender untuk membuat catatan khusus sesegera mungkin saat sedang melihat kalender. Selain itu, ruang catatan pada kalender membantu penerima untuk menyusun jadwal.

Membuat souvenir kalender unik dengan ruang catatan harus dipertimbangkan ukuran kalender dan juga porsi ruang untuk menulis. Selain itu, bahan kalender juga harus diperhatikan, biasanya permukaan halaman kalender licin. Sehingga lembaran kalender sulit untuk dicoret.

4. Kalender Meja dengan Tempat Pensil

Kalender meja memudahkan Anda untuk mengecek hari atau tanggal. Mencatat pertemuan penting dan deadline pekerjaan pun akan lebih mudah dengan keberadaan kalender meja di dekat Anda. Selain itu, dengan model yang makin kreatif dan unik, kalender meja turut mempercantik meja kerja dan belajar Anda.

Anda bisa membuat kalender meja lebih berfungsi lagi dengan menambahkan tempat pensil. Anda harus custom untuk membuat souvenir kalender unik ini. Dengan menambahkan tempat pensil, kalender meja akan terlihat unik dan menarik. Saat melihat kalendar untuk membuat jadwal, tak perlu lagi mencari pena atau pulpen karena sudah satu tempat dengan kalender. Semakin produktif ya.

5. Kalender Agenda

ide souvenir kalender unik kalender agenda

Souvenir kalender unik lainnya, Anda bisa membuat kalender agenda. Kalender ini mirip seperti buku agenda yang memiliki lembaran untuk ditulis. Kalender agenda memiliki lembaran menulis di setiap tanggalnya.

Kalender jenis ini memungkinkan penerima untuk membuat jurnal harian. Untuk membuatnya menarik, souvia memberikan penawaran cover untuk souvenir kalender unik kamu. Di sini tersedia cover dengan denim untuk kalender agenda kasual, kulit sintetis untuk tampilan kasual, dan juga kombinasi batik untuk kesan etnik. Kalender agenda bisa dibawa kemanapun Anda pergi. Sangat bisa digunakan saat meeting dengan karyawan atau relasi bisnis. 

Dengan lima ide di atas semoga bisa menginspirasi kamu untuk membuat souvenir kalender unik. Kalender konvensional seperti kalender dinding dan mejapun bisa dijadikan souvenir kalender unik dengan memberikan sentuhan grafis, gambar, ataupun foto pada kalender.

Agar kalender konvensional menjadi menarik, kamu bisa mencetak kalender custom agar kekinian dan menarik untuk dilihat setiap lembarnya. Diskusikan keinginanmu dengan seller souvia. Free desain untuk kamu yang ingin cetak kalender.

SOUVIA Group (paketseminar.com, tasgoodiebag.com, souvia.co.id) menyediakan serta menjual berbagai pilihan souvenir yang dapat menunjang keberlangsungan acara Anda. Temukan produk souvenir sesuai kebutuhan dengan kualitas terbaik dan pengerjaan tepat waktu di SOUVIA, #YourTrusted

SOUVIA