Apakah Anda pernah mengikuti acara seminar? Sebenarnya apa pengertian dari seminar dan manfaat mengikuti kegiatan seminar? Lalu apa yang cocok untuk dijadikan souvenir seminar kit? Jika ingin tahu jawabannya, mari simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui ide souvenir seminar yang dapat dipilih.

Pengertian Seminar Menurut Ahli

Pada dasarnya, seminar memiliki pengertian yang luas. Bahkan, para ahli atau tokoh terkemuka turut berperan dalam memberikan definisi terkait pemahaman dan pemaknaan seminar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian seminar berdasarkan pendapat para ahli.

Baca juga: 7 Tips Menyelenggarakan Seminar Menarik

Pengertian Seminar Menurut Webster’s Dictionary of Unabridged

Menurut Webster’s Dictionary of Unabridged, seminar merupakan sekelompok mahasiswa yang dibimbing guna melakukan suatu penelitian maupun pembelajaran secara mendalam.

Pengertian Seminar Menurut Oxford Advanced Dictionary

Menurut Oxford Advanced Dictionary, seminar memiliki arti sebagai suatu bentuk pembelajaran di sebuah sekolah atau universitas yang mana telah dilakukan dengan cara mengkaji sebuah permasalahan serta mendiskusikannya dengan seorang profesor atau orang yang ahli di bidang tertentu.

Pengertian Seminar Secara Terminology

Secara terminology, seminar merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh seorang ahli atau seorang peneliti. Hal tersebut dilakukan untuk menyampaikan atau mempresentasikan suatu karya ilmiah kepada para peserta. Dimana memiliki fungsi di dalam hal membantu mengambil sebuah keputusan.

Pengertian Seminar Menurut Rusland Ahmadi

Menurut Rusland Ahmadi, seminar diartikan sebagai bentuk kegiatan yang dilakukan sebagai proses untuk memecahkan suatu masalah. Atau, kegiatan yang dilakukan sebagai proses menemukan solusi yang biasanya diangkat dari hasil sebuah penelitian atau literatur.

Jenis – Jenis Kegiatan Seminar

Tentu Anda sudah pernah mengikuti kegiatan seminar, bukan? Entah pada saat di bangku kuliah maupun di tempat kerja. Untuk pegawai negeri bisa jadi sering mengikuti kegiatan seminar yang diadakan oleh instansi terkait.

Atau memilih mengikuti kegiatan seminar berbayar? Seperti seminar yang diadakan oleh para ahli dalam bidangnya, entah di bidang bisnis, marketing atau financial. Setidaknya Anda sudah pernah satu kali minimal mengikuti kegiatan seminar, ya?

Lalu apa saja jenis – jenis kegiatan seminar? Mari simak!

Seminar Motivasi

Pembicara akan memberikan materi seminar berupa dorongan, motivasi atau bahkan provokasi kepada audiens untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan topik seminar.

Contoh : Seminar – Cara Gila Menjadi Pengusaha. Peserta akan di dorong untuk segera bertindak untuk menjadi pengusaha.

Seminar Inspirasi

Pembicara akan memberikan inspirasi kepada audiens melalui kisah hidupnya atau kisah hidup orang lain sehingga audiens dapat mengambil sebuah pelajaran dari hal tersebut. 

Contoh : seminar Life without limit dari Nick Vujicic.

Seminar Edukasi

Seminar edukasi dibagi atas dua bagian :

  • Hard skill

Hard skill merupakan keterampilan teknis yang melekat atau dibutuhkan untuk profesi tertentu. Contohnya insinyur mekanik membutuhkan keterampilan bekerja dengan permesinan, programmer harus menguasai teknik pemrograman dengan bahasa tertentu, dan lain sebagainya.

Seminar edukasi dengan kategori hard skill lebih “serius” dibandingkan dengan seminar edukasi yang bersifat soft skill. Contoh seminar hard skill adalah seminar mengenai pajak.

  • Soft skill

Definisi umum soft skill merupakan pengembangan dari kecerdasan EQ yang dimiliki oleh tiap manusia dan juga perlu ditumbuhkan dalam diri kita masing-masing agar kita dapat memotivasi diri dan orang lain, bertanggung jawab, membangun relasi, berkomunikasi, negosiasi, beradaptasi dengan lingkungan, berkreasi, berinovasi dan berwirausaha, memimpin, membangun kerjasama, serta mengelola sumber daya.

Walaupun seminar motivasi dan inspirasi bisa juga dikategorikan soft skill akan tetapi seminar soft skill di sini memiliki muatan edukasi yang lebih banyak jadi tidak hanya memberikan why dan what akan tetapi how to juga dibahas. Contoh seminar soft skill adalah public speaking, communication mastery, dan sales mastery.

Tujuan Seminar

Tujuan dari kegiatan seminar yaitu untuk menyampaikan suatu pendapat atau hal baru kepada para peserta. Dengan demikian, para peserta yang datang ke seminar tersebut memperoleh informasi baru yang bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih luas kepada khalayak.

Baca juga: 5 Keuntungan Memilih Tas Goodiebag untuk Souvenir Acara

Ide Souvenir Seminar

Pada saat kegiatan seminar, tentu tidak lengkap jika tidak ada buah tangan. Biasanya akan ada sebuah cinderamata yang diberikan kepada para peserta. Berikut beberapa ide souvenir seminar kreatif yang cocok untuk kegiatan seminar Anda.

1. Tas Kulit

Ilustrasi tas selempang kulit asli dipakai oleh model
Produk tas selempang kulit Axcel salah satu produk sebagai pilihan ide souvenir seminar

Tas selempang Axcel dengan bahan kulit sintetis dengan 1 kompartemen utama resleting dengan ruang untuk laptop maksimal 12,5 inchi dan 2 kompartemen tambahan cocok diberikan untuk para peserta pegawai negeri atau pekerja kantoran.

Model tas ini akan sangat mereka butuhkan karena akan sangat bermanfaat dalam menyimpan keperluan kantor dimasa seperti sekarang contohnya untuk menyimpan face shield, starter pack new normal, serta kebutuhan lainnya.

2. Pulpen Tinta

Produk pulpen Boss cukup populer untuk dijadikan isi seminar kit

Pulpen promosi Souvia dapat dicustom branding logo. Material pulpen pun bervariasi seperti bermaterial plastik, besi, aluminimum, dan sejenisnya. Teknik branding dengan metode insert paper berbahan stiker biasa digunakan untuk beberapa jenis pulpen seperti pulpen Boss dan pulpen cetek Kakada.

Souvenir pulpen ini sangat cocok untuk segala macam jenis kegiatan seminar. Anda bisa kustomisasi dengan brand Anda dan bisa dibilang pulpen menjadi salah satu item wajib sebsagai souvenir pada isi seminar kit Anda.

3. Payung Lipat

Ilustrasi pemakaian payung terbalik dengan gagang C saat dipakai oleh orang

Payung besar seperti payung terbalik 2 lapis memudahkan penggunanya untuk memasuki mobil atau ruangan karena cara menutup yang terbalik. Bergagang menyerupai huruf “C” memudahkan untuk menggenggamnya.

Kalau souvenir yang satu ini terbilang unik, karena sedikit penyelenggara memberikan souvenir dalam kegiatan seminarnya berupa payung lipat terbalik. Souvenir payung lipat custom ini bisa jadi opsi untuk souvenir pada saat kegiatan seminar di musim penghujan. Payung ini pun cocok dijadikan payung mobil sama seperti payung golf.

4. T – shirt

Kaos reglan 3/4 untuk ide souvenir seminar

Item ini bisa menjadi salah satu opsi apabila kegiatan Anda merupakan jenis seminar yang berbayar seperti seminar mengenai soft skill. Jadi para peserta saat menghadiri kegiatan menggunakan kaos yang sama dengan custom nama sesuai kegiatan seminar Anda. Biasanya yang diberikan ada merchandise kaos katun combed 24s atau 30s.

5. Tumbler Minum

Botol minum tumbler hitam salah satu pilihan souvenir terbaik

Tumbler stainless berbentuk bidak bowling bisa menyimpan air panas dan dingin. Produk ini bisa menjadi opsi karena merupakan produk yang sangat bermanfaat dibawa bepergian. Selain itu souvenir tumbler Sakura dan souvenir tumbler kaca juga sangat cocok untuk dipilih sebagai opsi.

6. Topi

bahan topi dari drill warna hitam
Merchandise topi dengan logo perusahaan dapat menambahkan eksposur branding

Topi dengan bahan drill tekstur serat bahan nya halus, dengan pengait tali di dagu merupakan jenis topi rimba. Untuk topi ini anda bisa custom logo atau nama kegiatan seminar Anda, dan ini lebih cocok digunakan untuk kegiatan yang setelah acara seminar akan diadakan kegiatan di luar seperti camping.

7. Pouch Kulit

tas pouch kulit sintetis dengan pilihan warna coklat dan hitam
Pouch bag kulit sintetis adalah tas dompet yang bisa dipakai diberbagai acara

Tas pouch kulit sangat elegan dan cocok untuk dijadikan sebagai souvenir kantor yang bersifat sangat formal, seperti seminar yang diadakan oleh instansi pemerintah hingga perusahaan BUMN. Memiliki desain yang trendi dan unisex, pouch bag dapat dipakai sebagai pouch bag pria dan wanita.

8. Seminar kit Paket Basic

Paket basic premium untuk hampers pemateri
Salah satu contoh paket Basic yang tergolong premium untuk acara seminar profesional

Souvenir seminar kit jenis paket basic cocok sekali buat kegiatan seminar yang diadakan di kampus, karena berisi blocknote atau buku agenda Souvia hingga sertifikat kegiatan seminar tersebut. Isi seminar kit paket basic juga bisa berisa tote bag, pulpen tinta, dan botol minum tumbler tergantung dari jenis paket yang dipilih.

9. Seminar Kit Paket Ethnic

Paket etnik berisi name tag motif batik, pouch batik, dan agenda aksen batik
Batik menjadi ciri khas Indonesia yang unik dan menarik untuk diaplikasikan pada produk

Untuk seminar kit paket ethnic ini cocok untuk kegiatan seminar perkantoran, seperti perusahaan BUMN dan lain sebagainnya terutama yang bertemakan budaya. Di dalamnya terdapat berbagai macam produk dengan aksen batik seperti name tag kulit batik dan tas pouch batik berukuran sedang yang menjadikannya souvenir unik.

10. Seminar Kit Paket Luxury

Paket luxury untuk souvenir perusahaan
Paket souvenir kantor premium dengan kulit asli memberikan daya tarik tersendiri

Seminar kit yang ini merupakan souvenir dengan kualitas premium karena terdapat tas backpack kulit dan berisi lengkap dengan buku agenda serta pulpen khusus. Tas souvenir kit ini cocok untuk kegiatan kedinasan atau seminar terbatas para petinggi perusahaan.

Lihat juga: Pentingnya Souvenir Seminar dalam Kegiatan Seminar

Itu tadi adalah ide souvenir seminar yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan seminar. Lalu dimana Anda bisa mendapatkan atau memesan produk souvenir seperti diatas? Tentunya di Souvia Indonesia!

Souvia adalah perusahaan penyedia souvenir promosi dan paket seminar kit yang telah dipercaya dari instansi pemerintahan hingga perusahaan Badan Usaha Milik Negara dan perseorangan.

Semua jenis merchandise dapat dibuat custom dan dikenakan aplikasi branding sesuai kebutuhan dan tema acara. Dapatkan promo free branding dan free desain untuk beberapa jenis merchandise pilihan Souvia.

Untuk kebutuhan souvenir dalam waktu singkat, laman ready stock Souvia bisa menjadi solusi. Di sini tersedia souvenir best seller yang dapat diproduksi dalam dua hingga tiga hari kerja. Untuk info lebih lengkap, silahkan hubungi sales eksekutif Souvia.

SOUVIA