Tak lama lagi, umat Kristiani akan merayakan Paskah. Aneka kegiatan Paskah yang menarik bisa diadakan guna merayakan Paskah bersama anak-anak. 

Paskah sendiri merupakan momen kebangkitan Yesus Kristus, yang pada tahun ini jatuh pada 31 Maret 2024. Perayaan Paskah identik dengan telur. Hal ini bukan tanpa alasan, tetapi memiliki makna yang mendalam. 

Telur melambangkan penggulingan batu di luar makam Yesus dan kosongnya makam itu karena Ia telah karena bangkit. Selain itu, telur juga bermakna sebagai hidup baru.

Melalui kebangkitan Yesus, barang siapa yang percaya kepada-Nya memperoleh kasih karunia berupa hidup yang baru di dalam-Nya. 

Kegiatan Paskah yang Menarik untuk Anak-Anak

Paskah bisa dirayakan bersama keluarga tercinta maupun orang lain, seperti anak-anak di Sekolah Minggu maupun anak-anak tetangga. Untuk merayakan Paskah bersama anak-anak, Anda dapat mengadakan berbagai kegiatan Paskah yang menarik.   

1. Menghias Telur Paskah 

Menghias telur Paskah bisa dilakukan menggunakan telur rebus maupun telur imitasi. Jika anak-anak masih berusia di bawah 6 tahun, disarankan untuk menggunakan telur imitasi agar tidak pecah. 

Sebaiknya gunakan pewarna makanan agar aman jika tak sengaja masuk ke mulut anak. Selain pewarna makanan, Anda juga bisa menambahkan berbagai hiasan yang bisa dimakan, seperti potongan rumput laut atau gula. 

2. Berburu Telur Paskah

Permainan ini hampir selalu ada di setiap perayaan Paskah anak, karena mencari telur memang menyenangkan untuk anak-anak. 

Letakkan telur di tempat yang cukup tersembunyi, tetapi tidak berbahaya. Lalu berikan hadiah untuk anak yang berhasil mengumpulkan paling banyak telur. Jika ada banyak anak, maka Anda bisa memberikan hadiah kepada 3 pemenang. 

3. Membuat Kartu Ucapan Paskah 

Paskah juga bisa dirayakan dengan membuat kartu ucapan yang menarik dengan berbagai warna, ucapan, dan gambar. Setelah membuatnya, anak-anak bisa memberikan kartu itu kepada teman-teman atau orang tua.         

4. Memainkan Drama Paskah 

Untuk memperdalam pemahaman anak-anak tentang paskah, anak-anak juga bisa diberi peran sebagai tokoh-tokoh Paskah di dalam Alkitab. 

Ayat yang berupa dialog akan dimainkan anak-anak. Lalu ayat yang bukan berupa dialog akan dibacakan narator. Usai mementaskan drama, anak-anak bisa diajak untuk merenungkan firman Tuhan. 

5. Lomba Balap Telur 

Lomba ini terinspirasi dari lomba balap kelereng yang sering diadakan pada 1u Agustus. Namun, dalam lomba balap telur, sendok makan untuk meletakkan telur tidak digigit, melainkan dipegang dengan satu tangan. 

Untuk menghindari risiko pecah yang tentunya mengotori lantai, maka dianjurkan untuk menggunakan telur imitasi.   

6. Menghias Kue Paskah 

Selain telur Paskah, anak-anak juga bisa menghias kue Paskah dengan pengawasan orang tua masing-masing. Kue ini dapat berupa kukis maupin kue tart

Hias kue dengan permen, cokelat cair, maupun whipped cream dalam berbagai warna. Usai menghias, kue itu bisa dinikmati bersama-sama.    

7. Menonton Film Paskah 

Menonton film Paskah juga merupakan kegiatan yang baik untuk menambah pemahaman anak-anak tentang Paskah. Pastikan untuk memilih film Paskah yang ramah anak dan minim adegan kekerasan. 

Itulah berbagai kegiatan Paskah yang menarik untuk dilakukan bersama anak-anak. Selamat merayakan Paskah!

SOUVIA