Leadership adalah sikap yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Leadership atau kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang yang dibutuhkan pada suatu organisasi, perusahaan, maupun bisnis.

Kemampuan leadership dapat memengaruhi suatu perusahaan atau organisasi. Kesuksesan dari perusahaan atau organisasi bergantung pada kemampuan leadership yang dimiliki oleh pemimpinnya. Oleh karena itu, memiliki leadership yang baik menjadi hal yang penting bagi seorang pemimpin.

Leadership Adalah Kemampuan Penting

Agar bisa memiliki kemampuan leadership yang baik, maka penting untuk mengetahui pengertian dari leadership terlebih dahulu. Pengertian leadership adalah kemampuan seseorang dalam memimpin suatu organisasi, lembaga, atau perusahaan untuk memengaruhi dan mengarahkan orang dengan cara memberi teladan.

Selain itu, memiliki leadership yang baik juga berarti mampu memberikan contoh secara kepatuhan, kepercayaan, kehormatan, dan bekerja sama dengan semangat untuk bekerja dalam mencapai tujuan. Seorang pemimpin harus menjadi otoritas pembuat keputusan yang konsisten. 

Kemampuan leadership seorang pemimpin akan memberikan dampak penting dalam mengarahkan setiap orang yang ada pada sebuah organisasi, lembaga, maupun perusahaan. Hal ini sangat penting agar organisasi tersebut bisa mencapai tujuan yang telah direncanakan. 

Cara Membangun Leadership

Untuk bisa memiliki kemampuan leadership yang baik, maka ada beberapa sikap yang harus dibangun dan dikembangkan oleh setiap calon pemimpin. Sikap tersebut akan membuat kemampuan kepemimpinan seseorang menjadi lebih baik lagi. Berikut adalah cara membangun leadership dengan mengembangkan berbagai sikap penting.   

1. Memiliki Keterampilan Komunikasi yang Baik

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Kemampuan berkomunikasi ini menjadi sikap yang harus dimiliki untuk bisa memiliki leadership yang baik pula.

Komunikasi merupakan kunci utama dari keberhasilan leadership. Hal ini termasuk dengan menyampaikan ide atau gagasan hingga instruksi penting yang berhubungan dengan kerjasama tim. Selain itu, pemimpin juga harus menjadi pendengar yang baik dan memahami pemikiran orang lain.

2. Mampu Mengambil Keputusan dengan Bijaksana

Tidak hanya dapat berkomunikasi dengan baik, dapat mengambil keputusan dengan bijaksana juga termasuk ke dalam sikap yang harus dimiliki oleh pemimpin. Dalam situasi yang sulit, seorang pemimpin harus dapat membuat keputusan dengan tepat dan cepat.

Keputusan yang diambil juga bukan sembarang keputusan. Keputusan tersebut harus didasarkan pada informasi dan telah ditimbang dari setiap konsekuensi yang ada untuk kebaikan bersama. 

3. Mampu Beradaptasi

Leadership yang baik berarti juga membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dengan baik. Pemimpin harus bisa beradaptasi dengan orang-orang dengan berbagai jenis karakter. Selain adaptasi dengan rekan kerja, adaptasi dengan perubahan juga perlu dilakukan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap situasi dapat berubah sewaktu-waktu. Di saat seperti itulah kemampuan beradaptasi seorang pemimpin harus dapat diandalkan guna beradaptasi dengan perubahan tersebut. Dengan begitu, pemimpin bisa melakukan perubahan strategi jika diperlukan. 

4. Dapat Membangun dan Mendorong Tim

Pemimpin dengan leadership yang baik dibutuhkan oleh setiap tim atau kelompok. Jadi, pemimpin harus bisa memiliki kemampuan untuk membangun tim yang kuat. Pemimpin juga harus bisa memotivasi dan mendorong anggota tim untuk membangun kepercayaan satu sama lain. 

Sikap dapat memotivasi anggota ini diperlukan agar dapat mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan. Mengarahkan setiap anggota sesuai jalannya dengan benar menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pemimpin yang baik.

5. Mampu Menetapkan Tujuan 

Terakhir, seorang pemimpin harus mampu menetapkan tujuan atas kepentingan bersama. Tujuan yang akan dicapai ini membutuhkan rencana dan strategi yang matang. Oleh karena itu, pemimpin harus memiliki kemampuan menetapkan tujuan dan visi yang jelas.

Dengan memiliki kemampuan tersebut, maka pemimpin dapat memberikan arahan yang tepat kepada setiap anggota tim. Arahan yang tepat dari pemimpin akan memudahkan anggota untuk saling bekerja sama demi tercapainya tujuan.
Leadership adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap pemimpin untuk dapat mengarahkan anggota mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kemampuan kepemimpinan yang baik, setiap anggota dalam tim dapat bekerjasama dengan mudah.

SOUVIA