Sering kita lihat dalam seminar banyak souvenir yang dibagikan kepada para peserta. Mengapa souvenir begitu penting? Apa tujuan dan pilihan souvenir untuk seminar yang tepat? Simak yuk!

Memiliki pengetahuan tak hanya bersumber dari pendidikan formal. Seminar dan workshop yang diadakan memberikan ilmu yang berguna dalam dunia kerja atau kehidupan. Seminar atau workshop merupakan salah satu jenis acara yang diadakan perusahaan, baik untuk kalangan internal maupun eksternal.

Salah satu yang kerap mencuri perhatian dalam seminar atau workshop ialah banyaknya perusahaan yang mempromosikan produk atau jasanya kepada para peserta. Ya, seminar atau workshop menjadi ajang perkenalan produk baru atau branding sebuah perusahaan kepada khalayak ramai.

Di acara ini, tak sedikit perusahaan diberikan kesempatan untuk memberikan product knowledge kepada para peserta atau pengunjung. Hal ini tentu menjadi jurus pemasaran yang jitu untuk branding sebuah produk atau jasa perusahaan.

Salah satu yang dapat membantu untuk memperkenalkan produk ialah dengan membagikan souvenir untuk seminar. Souvenir tidak bisa dipilih secara sembarangan. Hal ini tentu berkaitan dengan citra perusahaan. Souvenir harus bisa memberikan kesan positif perusahaan kepada penerima.

Souvenir untuk seminar dipilih berdasarkan anggaran, tema, dan juga fungsi dari souvenir itu sendiri. Souvenir menjadi perwakilan dari produk atau perusahaan yang membagikannya. Penting untuk mempertimbangkan kualitas dan fungsinya di masa yang akan datang.

Lalu, mengapa souvenir kerap dibagikan di acara seminar atau workshop? Apa manfaat yang didapat dari peserta, penyelenggara, dan juga perusahaan yang membagikannya? Berikut ulasannya.

1. Memudahkan Para Peserta

souvenir untuk seminar memudahkan peserta

Para peserta yang sudah hadir dalam acara seminar yang diadakan tentu tidak ingin Anda kecewakan. Beberapa peserta terkadang tidak siap karena membawa perlengkapan yang minim. Anda sebagai penyelenggara acara wajib memberikan kemudahan bagi peserta dengan memberikan souvenir untuk seminar yang sesuai dengan tema.

Anda bisa memberikan seminar kit berupa notes atau pulpen kepada mereka. Dengan memberikan alat tulis lengkap akan membantu peserta jika ada bahasan yang harus dicatat. Ini juga memberikan kenyamanan bagi peserta lainnya karena tidak akan diganggu oleh peserta untuk meminjam alat tulis selama acara.

2. Tanda Terima Kasih kepada Para Peserta

souvenir untuk seminar tanda terima kasih

Sebagai penyelenggara acara, akan sangat berbahagia jika banyak peserta yang mengikuti seminar atau workshop yang diadakan. Tema yang berhubungan erat dengan masyarakat luas, pembicara berkualitas yang dihadirkan, venue, dan pendukung acara yang menarik akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mengikuti seminar.

Sebagai tanda terima kasih kepada peserta yang telah meluangkan waktu, tenaga, pikiran, dan juga materi. Souvenir yang tepat akan menjadi perwujudan rasa penghargaan Anda kepada para peserta. Souvenir untuk seminar yang cocok dengan acara akan digunakan selama acara dan juga untuk kesempatan berikutnya.

Untuk peserta yang sangat Anda hargai, Anda bisa memberikan souvenir berupa gadget untuk seminar. Gawai yang bisa diberikan dapat berupa USB, speaker Bluetooth, atau pointer. Ketiganya fungsional dan dapat digunakan berulang-ulang. Saat menggunakan souvenir ini, mereka akan teringat seminar atau perusahaan yang memberikannya.

3. Menjadi Daya Tarik Peserta

souvenir untuk seminar daya tarik peserta

Tak dipungkiri setiap orang menyukai sesuatu yang gratis. Souvenir untuk seminar yang bisa diberikan tanpa harus bayar bisa menjadi strategi untuk menarik para peserta atau pengunjung untuk datang. Semakin banyak peminatnya jika souvenir berguna, dapat digunakan berkali-kali, dan berkualitas baik.

Salah satu souvenir yang akan menarik perhatian para peserta ialah tas. Setiap orang menggunakannya karena membantu membawa barang. Di sini banyak tipe tas yang bisa Anda pilih. Bahan yang digunakan pun beragam, tas kulit dan non kulit. Jenisnya pun bervariasi mulai dari tas selempang, laptop, dan backpack. Wah, jika souvenirnya tas seperti ini siap-siap peminat acara Anda akan membludak ya.

4. Sebagai Media Promosi yang Efektif

souvenir untuk seminar sebagai media promosi

Fungsi yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Memberikan souvenir untuk seminar bisa menjadi media promosi yang jitu. Di souvenir yang Anda bagikan, bisa dilampirkan nama, logo, atau brand perusahaan yang menyelanggarakan acara atau yang ikut terlibat.

Pastikan membagikan souvenir yang bermanfaat dan tahan lama. Hal ini dimaksudkan agar souvenir yang dibagikan digunakan oleh penerima dalam jangka waktu yang lama. Jika produk yang ingin diperkenalkan merupakan produk minuman, Anda dapat memberikan mug atau tumbler dan melengkapinya dengan produk yang ingin diperkenalkan. Sehingga, produk Anda akan mudah dikenali.

5. Menghemat Biaya Iklan

souvenir untuk seminar hemat biaya iklan

Souvenir untuk seminar yang diberikan mampu menjadi media promosi produk atau jasa perusahaan yang baik. Sama halnya dengan beriklan di media tv, radio, atau lainnya. Souvenir mampu menjabarkan detil produk yang diperkenalkan.

Salah satunya dengan memberikan paket kalender sebagai souvenir seminar kit. Paket ini terdiri dari notes, pulpen, goodiebag, dan kalender. Dengan kalender yang diberikan, Anda bisa memberikan informasi mengenai produk atau jasa perusahaan kepada penerima. Kalender yang akan digunakan selama setahun akan dilihat dan diamati oleh si penerima. Sehingga, produk perusahaan akan lebih dikenal.

Souvenir yang diberikan saat seminar atau workshop memberikan manfaat yang besar bagi penyelanggara dan juga perusahaan yang terlibat di dalamnya. Pembagian souvenir yang tepat diharapkan mampu menarik perhatian konsumen baru dan mempertahankan pelanggan setia. Sehingga, eksistensi perusahaan dan penjualan produk akan meningkat.

SOUVIA Group (paketseminar.com, tasgoodiebag.com, souvia.co.id) menyediakan serta menjual berbagai pilihan souvenir yang dapat menunjang keberlangsungan acara Anda. Temukan produk souvenir sesuai kebutuhan dengan kualitas terbaikdan pengerjaan tepat waktu di SOUVIA, #YourTrustedSouvenir

SOUVIA