Seminar hasil adalah tahapan penting bagi mahasiswa semester akhir di mana mahasiswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. 

Sebelum melaksanakan seminar hasil, penting untuk memahami apa itu seminar hasil dan format penyusunan presentasinya. Hal itu akan mendukung kelancaran presentasi. 

Seminar Hasil Adalah Tahapan Penting  

Seminar hasil adalah seminar lanjutan di mana mahasiswa mempresentasikan hasil penelitiannya usai menuntaskan sebagian besar dari penelitiannya. 

Pada tahap ini, mahasiswa mempresentasikan hasil itu kepada dosen pembimbing dan penguji untuk mendapatkan umpan balik, sehingga bisa meningkatkan kualitas penelitiannya. 

Presentasi itu umumnya berupa salindia (slide) PowerPoint yang memaparkan hasil penelitian yang telah dicapai. Kemudian, mahasiswa juga akan menjawab pertanyaan dari para dosen. 

Usai seminar, para dosen akan memberikan umpan balik yang mencakup kelebihan dan kekurangan dari penelitian tersebut. Umpan balik itu dapat digunakan untuk memperbaiki penelitian sebelum sidang skripsi.    

Perbedaan Seminar Hasil dan Sidang Skripsi 

Tak sedikit yang menganggap bahwa seminar hasil sama dengan sidang skripsi. Padahal keduanya adalah tahapan yang berbeda. Berikut adalah sejumlah perbedaannya: 

  • Presentasi pada seminar hasil berfokus pada hasil penelitian yang telah dicapai dan umpan balik dari para dosen untuk meningkatkan kualitas penelitian. Sementara pada sidang skripsi, mahasiswa mempresentasikan landasan teori, hasil penelitian, metodologi, dan kesimpulan dari penelitian tersebut.  
  • Seminar hasil dilaksanakan usai mahasiswa menuntaskan sebagian besar penelitian dan memiliki hasil yang bisa dipresentasikan. Sementara sidang skripsi dilaksanakan usai penelitian selesai sepenuhnya.   
  • Seminar hasil adalah tahap awal penyelesaian skripsi, sehingga tidak memiliki bobot yang besar untuk menentukan nilai akhir. Sementara sidang skripsi adalah tahap akhirnya, sehingga memiliki bobot yang besar dalam menentukan nilai kelulusan.   

Format Presentasi Seminar Hasil  

Presentasi untuk seminar hasil harus disusun dengan benar. Berikut adalah berbagai hal yang harus ada di dalam presentasi tersebut.  

1. Pembukaan 

Bagian pembukaan meliputi judul skripsi, nama nama mahasiswa, dan nama dosen pembimbing.    

2. Pendahuluan

Cantumkan rangkuman singkat mengenai patar belakang penelitian dan kondisi di lapangan (tempat mahasiswa meneliti).  

3. Rumusan Masalah 

Cantumkan rumusan masalah dalam bentuk poin-poin singkat. Kemudian, berikan penjelasan rinci secara lisan.  

4. Variabel

Tuliskan variabel apa saja yang akan diuji secara singkat. Agar lebih menarik, gunakan bagan dan font yang jelas. 

5. Subjek 

Cantumkan metode penelitian, populasi, dan sampel (subjek) yang dianalisis. 

6. Hasil   

Tuliskan hasil penelitian dalam poin-poin singkat beserta data pendukung yang signifikan. Jelaskan secara rinci dan lisan. 

7. Penutup

Di bagian penutup, tulis kesimpulan dari hasil penelitian dan ucapan terima kasih. 

Kesimpulannya, seminar hasil adalah salah satu tahapan untuk meraih gelar akademii. Pelaksanaan seminar ini turut menentukan kelulusan mahasiswa. Maka dari itu, penting untuk menyiapkan diri semaksimal mungkin sebelum pelaksanaannya. 

SOUVIA