Souvenir biasa diberikan di akhir acara, baik itu pernikahan, ulang tahun, atau konferensi. Namun, belum banyak yang tahu souvenir itu apa dan perbedaannya dengan cendera mata. 

Meskipun tampak serupa, tetapi souvenir ternyata memiliki beberapa perbedaan dengan cendera mata. Mulai dari definisi, fungsi, hingga cara pembuatannya.  

Souvenir Itu Apa?  

Untuk mengetahui souvenir itu apa, mari intip definisinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Di dalam KBBI sendiri, souvenir sebenarnya merupakan kata tidak baku. Bentuk bakunya adalah suvenir dan definisinya adalah tanda mata atau kenang-kenangan.  

Sementara di dalam kamus The Collins Cobuild Dictionary (2009), souvenir merupakan benda yang relatif kecil dengan harga yang tidak mahal yang berfungsi sebagai hadiah, disimpan, atau dibeli sebagai kenang-kenangan dari suatu tempat yang dikunjungi, suatu kejadian tertentu, dan lain sebagainya. 

Perbedaan Souvenir dengan Cendera Mata 

Cukup banyak yang mengira bahwa souvenir dan cendera mata adalah sama. Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan makna.

1. Cendera Mata 

Meskipun kata cendera mata juga merupakan terjemahan dari kata souvenir dalam Bahasa Indonesia, tetapi cendera mata sebenarnya berbeda dengan suvenir. 

Definisi dari cendera mata adalah benda yang diberikan oleh suatu lembaga yang menyelenggarakan acara (seperti konferensi atau penghargaan) kepada para hadirin. Cendera mata merupakan bentuk apresiasi karena sudah menghadiri acara itu.  

Maka dari itu, cendera mata kental dengan sentuhan personal karena memiliki nilai emosional yang cukup tinggi. 

Tujuan pemberian cendera mata adalah sebagai kenang-kenangan untuk penerimanya. Pemberi cendera mata biasanya cukup berhati-hati dalam memilih cendera mata agar disukai penerimanya. 

Cendera mata juga tidak diproduksi secara masal, melainkan dibuat khusus oleh perajin yang berkompeten. Maka dari itu, benda yang dijadikan cendera mata biasanya bersifat estetik, seperti: miniatur, plakat, dan lain sebagainya. 

2. Souvenir

Sepintas souvenir memang mirip dengan cendera mata. Souvenir adalah benda yang biasanya dibeli atau diberikan sebagai kenang-kenangan dari acara tertentu. 

Definisi souvenir adalah barang yang dibawa pulang oleh wisatawan untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan usai mengunjungi suatu tempat wisata. Souvenir ini bisa diberikan kepada orang-orang terdekat atau disimpan untuk digunakan sendiri. 

Wisatawan yang berkunjung ke daerah tertentu, biasanya memberikan souvenir khas tempat tersebut untuk orang-orang terdekat, tanpa melihat hari atau peristiwa penting yang sedang terjadi. 

Souvenir dari kawasan wisata sering kali menampilkan ikon dari tempat tersebut. Contohnya, kaus Jakarta dengan gambar Monas, gantungan kunci Menara Eiffel dari Paris, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, selain sebagai kenang-kenangan, souvenir juga bertujuan untuk mempromosikan daerah wisata agar semakin banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. 

Selain di tempat wisata, souvenir juga sering diberikan pada akhir suatu acara, seperti pernikahan atau ulang tahun. Maka dari itu, souvenir sering diproduksi secara massal oleh pabrik. 

Kesimpulannya, cendera mata adalah kenang-kenangan yang bersifat istimewa dan personal, tidak diproduksi secara massal, dan diberikan oleh lembaga yang menyelenggarakan suatu acara. 

Lantas, souvenir itu apa? Souvenir adalah kenang-kenangan yang diproduksi secara massal dan diberikan antarindividu sebagai kenang-kenangan dari suatu tempat atau acara, seperti ulang tahun dan pernikahan.  

SOUVIA