Souvenir merupakan hadiah yang dibagikan kepada para tamu yang berkenan menghadiri undangan suatu acara spesial. Souvenir yang dibuat oleh perajin di daerahku adalah kenang-kenangan terbaik karena memiliki nilai kearifan lokal dan keunikan tersendiri. 

Dikutip dari Buku Panduan Membuat & Menghias Antaran Mahar & Souvenir Pernikahan, Audrey Chandra (2013:27), souvenir dapat menjadi bentuk apresiasi penyelenggara acara atas kehadiran tamu undangan.  

Indonesia sendiri mempunyai banyak daerah dengan kekayaan budaya yang beragam, salah satunya adalah kerajinan tangan para perajin lokal. Kerajinan ini dapat dijadikan sebagai souvenir untuk berbagai acara hajatan, termasuk pernikahan. 

Souvenir yang Dibuat oleh Perajin di Daerahku Adalah Kenang-kenangan Terbaik

Terdapat banyak pilihan souvenir unik yang dihasilkan oleh perajin. Souvenir yang dibuat oleh perajin di daerahku adalah pilihan yang tepat untuk dibagikan kepada tamu undangan. Berikut adalah beberapa rekomendasi souvenir yang dapat dipilih dari beberapa daerah di Indonesia: 

1. Ukiran Kayu – Jepara

Perajin kayu asal Jepara dapat membuat aneka ukiran kayu yang memiliki nilai seni tinggi. Ukiran kayu ini dapat berupa hiasan dinding, patung, dan aneka kerajinan kayu lainnya. Ukiran kayu bisa dipilih sebagai souvenir yang mempunyai pola dan desain unik untuk dibagikan kepada para tamu undangan.

2. Kerajinan Batik – Solo

Salah satu kekayaan budaya Indonesia yang diakui dunia adalah batik. Perajin batik membuat berbagai macam motif dan corak batik yang dikemas dalam berbagai macam kerjainan, seperti: tas, baju, topi, hingga busana. 

Souvenir batik dari Solo dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk kenang-kenangan pada acara hajatan. Selain itu, souvenir ini juga dapat menunjukkan kecintaan terhadap budaya Indonesia. 

3. Kerajinan Tenun – Palembang

Selain batik, terdapat pula kerajinan tenun yang dibuat secara tradisional. Perajin di Palembang mampu menciptakan aneka kerajinan kain tenun yang indah dan menghasilkan tas dan pakaian yang berkualitas.  

4. Kerajinan Anyaman – Sukabumi

Anyaman merupakan kerajinan tangan yang indah dengan tahapan pembuatan yang cukup rumit. Perajin yang ahli mampu membuat anyaman dari beragam bahan, seperti: daun pandan, bambu, dan rotan. Souvenir anyaman dari Sukabumi cocok untuk dijadikan sebagai souvenir dalam bentuk tas, topi, dan lain sebagainya.    

5. Kerajinan dari Kerang – NTB

Indonesia memiliki banyak pantai, sehingga tidak heran jika banyak ditemukan perajin yang membuat souvenir dari kerang. Souvenir dari kerang dapat berupa gantungan kunci, hiasan dinding, pigura, dan aneka kerajinan lainnya. 

Pilihan souvenir kerang ini cukup unik dan menarik karena memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi. Kerajinan kerang dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan souvenir hajatan sekaligus sebagai bentuk apresiasi terhadap kekayaan alam Indonesia. 

Deretan kerajinan di atas menunjukkan betapa beragamnya kekayaan sumber daya alam yang ada di Indonesia. Souvenir yang dibuat oleh perajin di daerahku adalah kenang-kenangan terbaik untuk tamu undangan sekaligus bentuk penghargaan terhadap kekayaan alam dan budaya Indonesia.  

SOUVIA