Berbuka bersama alias bukber merupakan momen yang ditunggu banyak orang pada bulan Ramadan. Untuk membuat momen bumper lebih berkesan, dibutuhkan susunan acara bukber yang seru.  

Selain untuk berbuka, bukber juga menjadi momen yang tepat untuk menjaga tali silaturahmi dan memperluas relasi. Tak hanya itu, bukber juga memberi kesempatan untuk berbagi ilmu agama dan hidangan kepada sesama.   

Contoh Susunan Acara Bukber yang Seru  

Agar berjalan dengan lancar, perlu ada Master of Ceremony (MC) yang memandu acara bukber dari awal sampai selesai. Berikut adalah contoh susunan acara bukber yang seru sebagai inspirasi. 

1. Pembukaan

MC menyampaikan pembukaan yang disesuaikan dengan kondisi tamu dan lingkungan sekitar. Pembukaan ini mencakup pengucapan salam dan basmalah dan penyampaian susunan acara yang akan diikuti para tamu.    

2. Game Singkat

Untuk mencairkan suasana, MC bisa mengadakan game singkat, seperti tebak-tebakan atau sambung kata. 

3. Sambutan 

Sambutan disampaikan oleh ketua acara, pihak penyelenggara, atau tuan rumah jika acara bukber diadakan di rumah. 

Sambutan ini bisa disampaikan orang yang dianggap penting di tempat tersebut. Sebagai contoh, di dalam bukber perusahaan, sambutan bisa disampaikan oleh direktur. Sementara di dalam bukber kampus, sambutan bisa disampaikan oleh dosen atau dekan.  

4. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci bertema Ramadan dalam bentuk Murotal atau Qiroah.  

5. Tausiyah

Selain untuk mempererat tali silaturahmi, bukber juga bertujuan untuk memperdala keimanan. Jadi, dianjurkan untuk mengadakan tausiyah yang disampaikan oleh ulama atau ustaz yang ahli dalam bidangnya.   

6. Berbuka Puasa 

Berbuka puasa adalah acara yang paling ditunggu-tunggu. Pihak penyelenggara atau restoran (jika diadakan di restoran) menghidangkan menu berbuka puasa yang enak dan mengenyangkan.  

Demi kesehatan, disarankan untuk tidak menyediakan makanan berbuka dengan rasa pedas yang berlebih, karena bisa mengakibatkan masalah pada sistem pencernaan. 

7. Salat Berjemaah 

Salat merupakan kewajiban setiap umat Islam. Jadi, hal ini juga harus dilaksanakan saat berbuka bersama. MC bisa membimbing semua tamu untuk melakukan salat secara berjemaah. Setelah itu, dilanjutkan lagi dengan menyantap hidangan. 

8. Nonton Bersama 

Saat para tamu lanjut menyantap hidangan, pihak penyelenggara bisa memutar video yang berkesan. Video ini dapat berupa video singkat tentang ajaran Islam atau video kenang-kenangan jika para peserta bukber merupakan alumni suatu sekolah atau kampus.   

9. Penutupan 

Usai para tamu selesai menyantap hidangan, MC menutup acara dengan mengucapkan hamdalah dan doa akhir majlis. Selain itu, MC juga perlu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu bukber karena telah mengizinkannya untuk memandu acara tersebut.     

Silakan jadikan susunan acara bukber yang seru di atas sebagai inspirasi untuk menyusun acara bukber Anda. Ingatlah untuk memilih tempat bukber yang bersih dan strategis demi kenyamanan para tamu.

SOUVIA