Acara lamaran sederhana di rumah saat ini sudah menjadi pilihan banyak pasangan. Selain menghemat biaya, lamaran ini juga menjadi momen kebersamaan yang lebih berkesan.  

Lamaran sederhana di rumah merupakan salah satu cara untuk menjadikan momen istimewa tetap spesial dan bermakna. Pelaksanaan lamaran sederhana harus disetujui kedua belah pihak agar acara yang dilaksanakan berlangsung khidmat. 

Susunan Acara Lamaran Sederhana di Rumah

Sebelum melaksanakan acara lamaran sederhana di rumah, sebaiknya susun acara terlebih dahulu agar momen penting ini bisa berjalan dengan lancar. Berikut adalah contoh susunan acara lamaran di rumah.   

  1. Sambutan Tuan Rumah 

Mulailah acara dengan sambutan dari tuan rumah atau pembawa acara. Ucapkan selamat datang kepada semua tamu yang hadir agar acara bisa dimulai dengan rasa kebersamaan.  

  1. Sambutan dari Keluarga Calon Pengantin laki-laki 

Calon pengantin laki-laki yang diwakilkan kerabat atau orang yang dipercayai memberikan ucapan singkat tentang arti pentingnya acara lamaran ini bagi mereka dan tujuan mereka datang ke rumah calon pengantin wanita. Setelah sambutan dari keluarga pengantin laki-laki, lanjutkan dengan kisah bertemunya kedua calon mempelai agar acara lamaran lebih berkesan.     

  1. Penyerahan Cincin dan Berfoto 

Proses penyerahan cincin merupakan momen puncak dalam acara lamaran. Calon pengantin pria bisa menyematkan cincin di jari manis (atau jari lainnya) calon pengantin wanita dengan kata-kata yang penuh cinta. Abadikan momen lamaran dengan berfoto agar bisa dikenang sepanjang masa.  

  1. Pembacaan Doa

Usai berfoto, panjatkan doa bersama untuk menambah rasa kehangatan dan keberkahan acara. Mintalah kerabat dekat atau keluarga memimpin doa bersama. Ajak semua tamu untuk berdoa bersama dan memberikan ucapan serta harapan untuk masa depan kedua calon pengantin. 

  1. Makan Bersama

Lanjutkan acara dengan makan bersama. Ini adalah momen yang tepat untuk berbincang-bincang dan berbagi cerita dengan keluarga dan teman-teman.  

  1. Pembagian Suvenir 

Sebagai tanda terima kasih, calon pengantin dapat membagikan suvenir kepada para tamu sebagai kenang-kenangan.  

Tips Melaksanakan Acara Lamaran Sederhana di Rumah

Ingin acara lamaran sederhana di rumah berjalan lancar dan berkesan? Ikuti tips berikut ini. 

  1. Mempersiapkan Acara dengan Matang 

Tentukan tanggal dan waktu yang tepat untuk acara lamaran. Pastikan bahwa kedua keluarga dapat hadir. Siapkan ruangan yang nyaman dan dekorasi indah. Gunakan hiasan sederhana, seperti: bunga, lampu hias, dan balon untuk menciptakan suasana yang romantis beserta hidangan yang nikmat. 

  1. Jadikan Acara Personal

Buat acara menjadi lebih personal dengan menambahkan sentuhan khas dari kedua calon pengantin. Sebagai contoh, apabila keduanya menyukai film-film Ghibli, maka buatlah dekorasi dengan nuansa Ghibli.  

  1. Jaga Kehangatan Acara

Pastikan semua tamu merasa nyaman dan dihargai selama acara berlangsung. Hal ini dapat dilakukan dengan penyambutan yang ramah, memastikan kebersihan lokasi lamaran, dan penyajian hidangan yang nikmat.     

Itulah susunan acara lamaran sederhana di rumah beserta tips untuk melaksanakannya. Ingatlah untuk menyesuaikan  dengan selera dan acara impian kedua calon pengantin. Siapkan acara dengan matang, karena persiapan adalah kunci kesuksesan acara.    

SOUVIA