Kata souvenir merujuk kepada objek atau barang yang dibeli untuk diberikan kepada orang terdekat sebagai kenang-kenangan. Souvenir digunakan untuk menyebutkan benda yang dibeli sebagai tanda ingatan dari suatu tempat ataupun peristiwa. Namun, sayangnya, ada berbagai perdebatan mengenai tulisan souvenir yang benar.

Sebenarnya kata souvenir berasal dari bahasa Prancis yang artinya ‘untuk mengenang’. Souvenir bisa berfungsi oleh-oleh dari suatu tempat wisata atau kenang-kenangan dari suatu acara.  

Makna dan Tulisan Souvenir yang Benar

Penyebutan souvenir sendiri sebenarnya bukan merupakan kata baku karena merupakan adaptasi dari bahasa asing. Menurut KBBI Daring, tulisan souvenir yang benar (baku) adalah suvenir. Selain penulisan yang benar, berikut adalah beberapa makna dari souvenir.

1. Alat Promosi

Souvenir bisa dijadikan sebagai alat promosi suatu tempat, perusahaan, atau lembaga. Dalam hal ini, souvenir digunakan untuk memperkenalkan objek khas dan unik dari suatu daerah maupun lembaga tertentu. Souvenir yang dipergunakan sebagai alat promosi umumnya diberikan hanya kepada orang tertentu, karena bersifat khusus. 

2. Tanda Mata

Souvenir juga sering diartikan sebagai tanda mata. Tanda mata sendiri merupakan barang yang dibeli dan diberikan sebagai penanda mata dari seseorang yang telah menghadiri suatu acara. 

3. Kenang-kenangan

Makna suvenir menurut KBBI adalah kenang-kenangan. Pengertian souvenir sebagai kenang-kenangan adalah barang pemberian atau benda yang sengaja dibeli untuk mengingat dan mengenang suatu momen maupun tempat tertentu.

4. Oleh-Oleh

KBBI memang tidak mencantumkan makna souvenir sebagai oleh-oleh. Namun, sebagian besar masyarakat di Indonesia mengartikan souvenir sebagai oleh-oleh. Barang yang diartikan sebagai oleh-oleh merupakan suatu benda yang dijadikan buah tangan sebagai tanda bahwa orang tersebut telah bepergian ke suatu tempat (luar kota atau luar negeri). 

5. Cindur Mata

Terakhir, souvenir juga bisa diartikan sebagai cindur mata. Cindur mata merupakan barang yang diberikan kepada orang lain sebagai tanda kasih yang akan disenangi dan disukai oleh orang tersebut. Cindur mata bisa diartikan sebagai objek spesial yang khusus diberikan kepada orang tertentu. 

Tips Memilih Souvenir 

Setelah memahami makna souvenir yang sangat penting, maka pemilihan souvenir harus dilakukan dengan cermat. Simak tips memilih souvenir berikut ini: 

  • Pilih barang yang sesuai kesukaan calon penerima souvenir. 
  • Jika dimaksudkan sebagai kenang-kenangan, disarankan untuk memberikan souvenir berupa barang yang tidak akan habis (bukan makanan).  
  • Apabila ingin membawa pulang oleh-oleh dari suatu tempat wisata, cobalah untuk membeli oleh-oleh yang tak biasa dan cobalah untuk menawar harganya (jika memungkinkan).  
  • Pilih yang terbuat dari bahan berkualitas. Lakukan riset sederhana sebelum membeli souvenir. 
  • Pastikan pengemasan oleh-oleh rapi, kuat, dan aman. 

Tulisan souvenir yang benar (baku) dalam KBBI adalah suvenir. Namun, kebanyakan orang menuliskan kata souvenir yang merupakan tulisan tidak baku dari suvenir. Penulisan tidak baku ini disebabkan karena kata souvenir sudah dikenal lebih dahulu dibanding kata suvenir. Beberapa makna souvenir terkadang tidak dituliskan secara resmi di KBBI, tetapi masyarakat Indonesia mengenal souvenir dengan berbagai makna di atas.  

SOUVIA