Pada saat pernikahan biasanya pengantin akan memberikan souvenir kepada para tamu undangan yang datang. Tentunya souvenir yang diberikan adalah souvenir yang bermanfaat agar memberikan kesan yang istimewa. 

Souvenir sendiri memiliki arti sebuah hadiah atau kenang-kenangan yang diberikan pada acara-acara spesial untuk mengenang momen tersebut. Ada berbagai jenis souvenir yang bisa ditemukan di pasaran dengan keunikan masing-masing

Souvenir yang Bermanfaat untuk Pernikahan 

Pada zaman yang sudah modern ini, banyak sekali inspirasi souvenir pernikahan yang dapat dipilih. Berikut adalah beberapa rekomendasi souvenir yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai bingkisan pernikahan.

  1. Succulent

Succulent adalah tumbuhan mini di dalam wadah kecil yang dapat dijadikan sebagai hiasan yang mempercantik ruangan. Perawatannya juga mudah, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai souvenir yang estetik. 

  1. Sajadah atau Mukena 

Sajadah atau mukena dapat dijadikan pilihan menarik untuk souvenir pernikahan karena sangat bermanfaat, simpel, dan terjangkau. 

  1. Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi dapat memberikan aroma yang nyaman dan ketenangan di dalam ruangan. Barang ini dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk souvenir pernikahan.

  1. Sandal Rumah 

Sandal rumah dapat menjadi ide menarik untuk dijadikan souvenir. Agar dapat mengingatkan para tamu kepada pengantin, sandal rumah bisa dikustomisasi dengan nama atau inisial kedua mempelai. 

  1. Sabun Rempah 

Sabun rempah yang dikustomisasi juga dapat menjadi ide souvenir pernikahan yang unik dan juga terjangkau. Sabun dapat dibungkus dengan desain nama dan karakter kedua mempelai. 

  1. Tasbih Mini

Tasbih mini dapat dijadikan sebagai pilihan untuk souvenir pernikahan yang Islami. Tentunya tasbih akan menjadi souvenir yang bermanfaat, karena digunakan untuk beribadah. 

  1. Magnet Kulkas

Magnet kulkas dapat menjadi alternatif souvenir dengan harga yang terjangkau. Terdapat berbagai macam desain yang menarik untuk dipilih. 

  1. Sendok Takar

Souvenir yang satu ini akan sangat berguna bagi para tamu undangan untuk mengisi dapur. Pilihlah satu set sendok takar dengan berbagai ukuran dan bentuk yang lucu.

  1. Seperangkat Alat Makan

Seperangkat alat makan yang terbuat dari bambu dapat menjadi ide yang menarik untuk souvenir pernikahan. Souvenir ini biasanya terdiri dari sendok, garpu, dan sumpit yang sangat estetik dan praktis untuk dibawa ke mana pun.  

  1.  Payung

Indonesia terkenal dengan dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Dengan demikian, payung anti UV merupakan pilihan souvenir yang tepat.  

  1.  Penutup Mata

Penutup mata menjadi barang yang berguna dan dapat digunakan siapa saja, sehingga untuk cocok dijadikan sebagai souvenir. Bagi yang kesulitan untuk tidur dengan paparan sinar lampu, memakai penutup mata dapat menjadi solusi untuk lekas tidur dan nyenyak. 

  1.  Tumbler  

Souvenir yang bermanfaat selanjutnya adalah tumbler. Tumbler ini bisa dikustomisasi dengan ilustrasi dan nama mempelai. Selain itu, tumbler tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik. 

  1.  Flashdisk Kayu

Flashdisk adalah barang yang dibutuhkan banyak orang dan dapat dijadikan souvenir untuk pernikahan. Hanya perlu sesuaikan ukuran memorinya dan tambahkan kustomisasi nama. 

  1.  Pembuka Botol

Pembuka botol sering dijadikan souvenir pernikahan karena sangat bermanfaat untuk membuka botol-botol di rumah, seperti botol saus, kecap, dan minuman. Harganya juga terjangkau dan bisa dikustomisasi. 

  1.  Pembatas Buku

Pembatas buku yang dihiasi nama kedua mempelai dapat menjadi ide souvenir pernikahan yang unik. Harganya juga sangat terjangkau dan tentunya bermanfaat bagi para pembaca buku.  

Itulah berbagai inspirasi souvenir yang bermanfaat untuk pernikahan. Sesuaikanlah dengan dana dan konsep pernikahan yang sudah disiapkan.     

SOUVIA